CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
AS Tolak Pernyataan DK PBB soal Israel-Palestina
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609d08805952c834016d3892/as-tolak-pernyataan-dk-pbb-soal-israel-palestina

AS Tolak Pernyataan DK PBB soal Israel-Palestina

Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Keamanan PBB kembali mengadakan pertemuan darurat pada Rabu (12/5) waktu setempat untuk membahas serangan antara Israel dan Palestina. Pertemuan tersebut kembali tak menghasilkan pernyataan bersama karena tentangan dari Amerika Serikat.
Menurut beberapa sumber, seperti dilansir AFP, 14 dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB setuju mengeluarkan deklarasi bersama supaya bisa mengurangi ketegangan.

Namun, AS melihat pertemuan yang dilakukan Dewan Keamanan PBB sebagai tanda keprihatinan. Sumber yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan pernyataan bersama tidak akan membantu meredakan tensi Israel dan Palestina.

"AS aktif terlibat dalam diplomasi di belakang layar dengan semua pihak dan seluruh kawasan untuk mencoba meredakan situasi. Pada tahap ini, pernyataan Dewan akan menjadi kontraproduktif," kata salah satu sumber.

Hal tersebut membuat beberapa negara anggota Dewan dari Eropa yakni Norwegia, Estonia, Prancis, dan Irlandia, mengeluarkan pernyataan resmi bersama pada Rabu (12/5) malam.

"Kami mengutuk penembakan roket dari Gaza terhadap penduduk sipil di Israel oleh Hamas dan kelompok militan lainnya yang sama sekali tidak dapat diterima dan harus segera dihentikan," bunyi pernyataan bersama tersebut.

"Jumlah besar korban sipil, termasuk anak-anak, dari serangan udara Israel di Gaza, dan kematian Israel akibat roket yang diluncurkan dari Gaza, mengkhawatirkan dan tidak dapat diterima. Kami menyerukan Israel untuk menghentikan aktivitas pembongkaran dan penggusuran, termasuk di Yerusalem Timur," tulis mereka.

Di sisi lain, Dewan Keamanan PBB disebut akan menggelar pertemuan baru dalam waktu dekat.

"Palestina telah meminta pertemuan publik," kata seorang diplomat.

Pertemuan baru itu sebagai upaya mencoba berkontribusi bagi perdamaian serta agar Dewan Keamanan dapat bersuara dan menyerukan gencatan senjata. Pertemuan itu diperkirakan bisa diselenggarakan paling cepat Jumat (14/5) oleh China yang saat ini menjadi ketua Dewan Keamanan PBB.

Duta Besar Palestina untuk PBB Riyad Mansour menuliskan sepucuk surat bagi petinggi organisasi tersebut pada Rabu (12/5). Ia memohon agar Dewan bisa segera bertindak dan meminta Israel menghentikan serangan terhadap penduduk sipil Palestina, termasuk di Gaza.

Lihat juga: Ledakan di Langit Gaza, Dering Sirene di Tel Aviv
Sebelumnya, Dewan Keamanan PBB telah menggelar pertemuan darurat pada Senin (10/5). Kala itu, AS juga menolak usulan Tunisia, Norwegia, dan China menerbitkan permintaan semua pihak menahan diri dari provokasi.

Tembakan roket dan kerusuhan di kota-kota campuran Yahudi-Arab telah memicu kekhawatiran kekerasan mematikan antara Israel dan Palestina dapat berubah menjadi perang skala penuh. Serangan dan kekerasan tersebut telah menewaskan sedikitnya 65 orang di Gaza, termasuk 16 anak-anak, dan tujuh di Israel, termasuk seorang tentara dan satu warga negara India.

Terpisah, Kepala Diplomat Antony Blinken mengatakan utusan AS akan terbang ke Timur Tengah untuk meredakan ketegangan antara Israel dan Palestina.

https://www.cnnindonesia.com/interna...rael-palestina

Hmmm....emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
JualanAgama dan 33 lainnya memberi reputasi
kalo emank serius sih imo hamas musti tanggung jawab lagi kalo bikin masalah
sudah berkali2 hamas sengaja luncurin roket dari permukiman di gaza
kalo emank mo berantem beneran ajak perang ama israel di tempat terbuka
jgn ngumpet di belakang sipil mulu

ato tiap kali hamas bikin ulah bisa dianggap sebagai pernyataan perang dari palestina
jadi israel berhak ganyang abis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbahramil dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ikyu828
profile picture
chigo.ji3
kaskus maniac
Emang dikonflik barusan ini siapa yg duluan nyerang?
profile picture
ikyu828
kaskus addict
@chigo.ji3 yg ngeroket duluan kan hamas
profile picture
chigo.ji3
kaskus maniac
Yg nyerang duluan, bukan yg ngeroket duluan.
profile picture
ikyu828
kaskus addict
@chigo.ji3 emank nyerang apanya
bentrok polisi n demonstrator palestina kaga pake lethal weapon
demonstrator palestina ngelemaprin batu ya dibales pake peluru karet
profile picture
chigo.ji3
kaskus maniac
Ok. Udah taukan siapa yg bikin konflik duluan.
profile picture
ikyu828
kaskus addict
@chigo.ji3 emank ente liat duluan yg ngajakin bentrok duluan siapa?
profile picture
chigo.ji3
kaskus maniac
Kan banyak tu video dari organisasi nirlaba indonesia disono, serangannya udah lumayan lama sepanjang bulan ramadhan ini,
profile picture
chigo.ji3
kaskus maniac
Lagi pula pola bentrokan disono pasti dari tahun ketahun bertepatan ama bulan ramadhan
profile picture
ikyu828
kaskus addict
@chigo.ji3 n ada juga sumber laen yg menyatakan demonstrator palestina yg mulai bikin rusuh duluan

ane ama ente juga kaga di sana langsung liat dari awal
profile picture
chigo.ji3
kaskus maniac
Ya terserah elu, ane mah lebih percaya video asli dari sono.
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
@chigo.ji3 paling organisasi bias pro teroris hamas berkedok nirlaba
profile picture
mudokons
kaskus maniac
si israel juga bikin perkara bikin pemukiman ilegal, ngegusur warga palestina
profile picture
7270727
kaskus addict
@mudokons ini sih akar masalahnya kelompok radikal palestina yg selalu cari ribut di perbatasan, akhirnya polisi israel makin maju ke depan dan ujung2nya bikin pemukiman baru buat warga yahudi.
profile picture
mudokons
kaskus maniac
@7270727 ini sih akar masalahnya orang israel radikal, orang kaga salah apa apa digusur dan di usir dari rumah buat bikin pemukiman ilegal yahudi

maju ke depan palalu peang
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@mudokons akar salahnya adalah orang2 palestina Yg emang gak mau ada perdamaian akhirnya memberontak dan pemerintah palestina gak bisa menjaga komitmennya menjaga perdamaian dari para pemberontak itu.
profile picture
mudokons
kaskus maniac
@jhonlenon60

gak mau perdamaian palalu

si israel juga gak mau perdamaian, buktinya bikin pemukiman ilegal, gusurin rumah orang

komitmen pemberontak palalu
profile picture
jhonlenon60
kaskus geek
@mudokons lu tau isi perjanjian damai Oslo gak ?

Lu tau gak klw intifada juga disebut "Oslo War" dimana faksi2 radikal palestine gak setuju akan hasil perjanjian damai yg dibuat itu ?

Yg gak mau damai itu ya palestina, buat israel mah "lu jual gw beli"
profile picture
@mudokons @jhonlenon60 Orang begitu mah mana mau baca baca begituan
profile picture
mudokons
kaskus maniac
@jhonlenon60 apa isinya? jelasin coba
profile picture
mudokons
kaskus maniac
@jhonlenon60 @do43pw orang kaya elu mana tau international law

orang kaya elu mana mau lu baca begituan
mana tau pemukiman ilegal israel ngelanggar hukum international
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 24 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di