CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Elon Musk Sebut Tesla Tak Lagi Terima Bitcoin, Aset Kripto Itu Langsung Jeblok
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/609d16add2a74b2fd2576801/elon-musk-sebut-tesla-tak-lagi-terima-bitcoin-aset-kripto-itu-langsung-jeblok

Elon Musk Sebut Tesla Tak Lagi Terima Bitcoin, Aset Kripto Itu Langsung Jeblok





TEMPO.CO, Jakarta - CEO Tesla Inc. Elon Musk pada hari Kamis waktu setempat, 13 Mei 2021, menyatakan pihaknya tak akan lagi menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran mobil listriknya. Pasalnya, ia khawatir dampak lingkungan yang timbul akibat penambangan Bitcoin, khususnya batu bara.

"Cryptocurrency adalah ide yang bagus untuk tiap tingkatannya, dan kami yakin akan masa depannya yang menjanjikan. Tapi ini tidak dapat merugikan lingkungan," kata Musk seperti dikutip dari akun Twitter @elonmusk.

Oleh karena itu, kata Musk, Tesla tidak akan menjual Bitcoin apapun, dan kami berniat untuk menggunakannya dalam transaksi segera setelah ada transisi pertambangan ke energi yang berkelanjutan.

"Kami juga tengah mencari cryptocurrency yang menggunakan kurang dari 1 persen dari energi atau transaksi Bitcoin."

Cuitan Elon Musk tersebut langsung berdampak pada harga Bitcoin. Tak lama usai pernyataan Musk, Bitcoin jeblok hingga lebih dari 10 persen.

Kini harga Bitcoin berada di level US$ 50.966 atau sekitar Rp 725,7 juta (asumsi kurs Rp 14.239 per dolar AS). Harga aset kripto lainnya, termasuk Ethereum, juga anjlok di perdagangan Asia.



Penggunaan Bitcoin untuk membeli mobil listrik sebetulnya menunjukkan dikotomi reputasi Musk sebagai pegiat lingkungan dan menggunakan popularitasnya, sekaligus menunjukkan salah satu orang terkaya yang mendukung cryptocurrency.

Sejumlah investor Tesla bersama para aktivis lingkungan sebelumnya mengkritik soal meningkatnya pertambangan Bitcoin. Musk pun meresponsnya dengan cuitan "Terutama batu bara, yang dampak emisinya paling buruk ketimbang bahan bakar lain."

Analis pasar senior Edward Moya menyatakan dampak lingkungan dari pertambangan Bitcoin adalah satu dari risiko terbesar dari seluruh pasar kripto.

Padahal sehari sebelumnya, Musk mengadakan polling apakah Tesla dapat menerima Dogecoin sebagai alat pembayaran. Sedangkan pada Ahad pekan lalu, ia menyebutkan SpaceX akan menerima Dogecoin sebagai alat pembayaran tahun depan.

Adapun dominasi penambang BItcoin di Cina dan kurangnya motivasi untuk mengalihkan bahan bakar fosil ke komoditas yang dapat diperbaharui sebetulnya bisa jadi jalan keluar untuk menyelesaikan masalah emisi cryptocurrency.

Data University of Cambridge's Centre for Alternative Finance menyebutkan saat ini sebesar 70 persen produksi Bitcoin dihasilkan oleh pertambangan Cina. Mereka menggunakan energi terbarukan, tapi tetap bahan bakar fosil terutama batu bara yang paling banyak digunakan sepanjang tahun.

link



Kini harga Bitcoin berada di level US$ 50.966 atau sekitar Rp 725,7 juta (asumsi kurs Rp 14.239 per dolar AS). Harga aset kripto lainnya, termasuk Ethereum, juga anjlok di perdagangan Asia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyuDan2255 dan 23 lainnya memberi reputasi
Waktu dia beli, nge-tweet, waktu jual diem2, baru ketauan jual saat tsLa publish laporan keuangan, emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cahmeneng dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
tapi bagus juga ada dia, dari kemarin mau beli btc buat nabung, tapi harganya gak cocok
profile picture
Japhe Methe
kaskus addict
@kinggidorah666 yoii...gw malah berharap bisa sooorrr nembus support bawah ampe 200-300 an lah. wkwkwkwk... serook...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di