CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60978cb7ad6dd43f3844a665/babi-panggang-ambawang-menuai-polemik-semua-gara-gara-jokowi

Babi Panggang Ambawang Menuai Polemik, Semua Gara-Gara Jokowi






Quote:


Nampaknya Indonesia selalu geger dengan hal-hal yang sepele, apalagi mendengar kata "Babi Panggang" auto haram di telinga. Dan gara-gara Jokowi mengajak belanja kuliner salah satunya adalah Bipang Ambawang kepada mereka yang rindu kampung halaman, di masa menjelang lebaran hal ini tentu bikin polemik satu nusantara.

Walau kita tahu Indonesia terdiri dari multi kultur, multi ras, multi agama tetapi memang momentnya saja tidak tepat. Dan netizen yang mendengar pun, merasa janggal kok dalam suasana lebaran serta pelarangan mudik, namun ada salah satu kuliner yang dinilai haram untuk dimakan malah di sebut oleh Jokowi, bukannya opor ayam atau rendang kok malah Bipang Ambawang?



Dari pandangan orang yang selalu berpikiran positif, muslim yang lebih moderat, dan melihat pemerintah itu mengayomi semua agama, maka mereka melihat hal seperti itu tidak masalah karena tidak ada yang salah!! Apa yang harus disalahkan dengan Babi Panggang? Bisa dibilang Indonesia di zaman dahulu, kuliner olahan Babi ini sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan besar di nusantara.

Namun mengenai mudik dan yang rindu kampung halaman tentunya bukan hanya mereka yang beragama Islam, libur idul fitri yang panjang membuat mereka yang beragama lain pun ikut terkena dampaknya bahkan mereka juga ikut mudik. Apakah mereka tidak rindu dengan kampung halaman? Pastinya sama saja kan dengan masyarakat yang lain pada umumnya.



Namun bagi masyarakat lain dengan pemikiran yang lebih sempit, dan merasa permainan kata Jokowi itu seakan memberikan statement yang salah, karena persepsinya selalu saja negatif dengan pertanyaan yang selalu berimplikasi menyudutkan seperti kok, dimasa lebaran disuruh makan "Babi" ?

Tentu hal ini menimbulkan gejolak lalu digoreng habis oleh media dan netizen sebagai hakimnya dengan tersangka hingga dinyatakan sebagai yang bersalah jelas "Jokowi" maka tak heran para penasihat Istana turun gunung seperti Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman permainan kata yang dimaksud Jokowi bukan babi panggang (bipang), tapi yang dimaksud adalah bepang/jipang, itu adalah makanan ringan khas Kalimantan Selatan yang terdiri dari beras dan gula. Bahkan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pun meminta maaf atas ajakan Presiden membeli kuliner Bipang Ambawang.



Kenapa pihak istana takut dengan hal seperti itu? Gorengan di medsos dan media bisa memberikan konotasi negatif dan bisa saja ada gerakan 212 lanjutan, dengan targetnya sekarang Jokowi yang ingin di Ahok kan karena kepleset kata.

Apalagi kita tahu pembredelan ormas haluan agamis di masa Jokowi sangat masif, apalagi mereka masuk golongan fanatisme sempit. Lebih mendahulukan emosi dibandingkan akal, ini yang coba diantisipasi pemerintah.



Oke kita kembali ke ranah Babi Panggang, di dalam ranah agama Islam jelas babi diharamkan untuk dikonsumsi. Mau ada penjelasan ilmiah atau tidak statusnya memang jelas hal itu haram, namun untuk kepercayaan lain babi dianggap sah-sah saja untuk di konsumsi.

Seperti Bipang Ambawang yang diolah dengan olahan khas dari Kecamatan Ambawang, Pontianak, Kalimantan Barat. Biasanya babi yang digunakan adalah yang masih muda maka akan didapatlan tekstur yang empuk dan juicy, dan pemanggangan dilakukan selama 8 jam. Maka kuliner ini menjadi daya tarik khas bagi Pelancong yang datang ke Pontianak.



Tapi sekali lagi hal remeh temeh seperti ini bisa seru dan dapat menjatuhkan marwah seseorang, karena lebaran promo Bipang, sungguh hal yang diluar nalar. Mungkin terlalu lama wfh, terlalu lama tidak mudik hingga lupa kuliner khas lebaran ketupat dan opor ayam yang bisa dipesan online.

Dengan adanya polemik seperti ini, apa tanggapanmu juragan?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.



emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 45 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Padahal bisa diganti bahan utamanya yg udah halal



emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rozenhart dan 22 lainnya memberi reputasi
profile picture
epopolocroia
kaskus maniac
emoticon-Leh Uga pada kemana yah junker junker bermatabat di lounge ? emoticon-Bingung (S) emoticon-Embarrassment sepi rasanya emoticon-Frown macam ini satu emoticon-Ngakak (S)
profile picture
TS c4punk1950... 
KASKUS Plus
@epopolocroia lagi mudik 😂
profile picture
Cucigosok
kaskus maniac
Babinya udh di sunat emoticon-Leh Uga
profile picture
caseopia
kaskus maniac
Ada tulisan umat syurga

emoticon-Leh Uga
profile picture
reep1000
kaskus maniac
Bagi yang kagak bisa baca :

"Lahmu khinzir halal madzbuh 'ala thariqati al-islamiyah"

Artinya : Daging babi halal disajikan dengan cara islami

====

Ane kapir yang pernah kontrak kerja di negara petro dollar, ditekankan bisa bahasa arab
profile picture
agandamai
kaskus addict
@reep1000 emoticon-Leh Uga manteb bre

Biar kebuka aja wawasan para Qodrunisah

emoticon-Cool
profile picture
Vandisk.
kaskus maniac
@reep1000
انت كاذب emoticon-EEK!
profile picture
reep1000
kaskus maniac
@Vandisk. ane gak bohong gan

Bukan pakai "anta kaadzib" tapi yang benar cukup pake "kadzabta"

emoticon-Malu

Hengpon ane kagak bisa nulis arab emoticon-Hammer
profile picture
Vandisk.
kaskus maniac
@reep1000
انت كاذب
You're a liar
Gitu kamsute emoticon-Cool
profile picture
caseopia
kaskus maniac
Ya anggap aja itu

Hasil sotosop

Biar yg ngaku paling bener

Bahagia emoticon-Ngakak
profile picture
reep1000
kaskus maniac
@Vandisk.

انا لست كاذب

emoticon-Cool
profile picture
Bad edit, watermarknya ga diilangin.. ini model asli canned foodnya
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 13 dari 13 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di