CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kematian Raditya Oloan; Bakteri Acinetobacter Baumannii Kebal Antibiotik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6094ceacaebbcc66c558354a/kematian-raditya-oloan-bakteri-acinetobacter-baumannii-kebal-antibiotik

Kematian Raditya Oloan; Bakteri Acinetobacter Baumannii Kebal Antibiotik



Suara.com - Salah seorang sahabat Raditya Oloan sekaligus personel grup Project Pop Yosi mengungkapkan bahwa istri Joanna Alexandra tersebut meninggal akibat infeksi bakteri, bukan karena infeksi virus corona Covid-19.

Menurut Yosi, kondisi Raditya Oloan sudah membaik setelah dinyatakan negatif Covid-19. Namun, ayah dari empat anak tersebut kembali kritis akibat infeksi bakteri Acinetobacter baumannii.

"Waktu dia kena covid kami cukup kaget ya, tapi kan sempat membaik sudah negatif. Jadi dia ini (meninggal) bukan Covid, tapi karena ada bakteri. Nama bakterinya adalah Acinetobacter baumannii," ujar Yosi, ditemui di Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (6/5/2021) malam.

Berdasarkan laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), bakteri Acinetobacter baumannii merupakan penyebab paling umum dari infeksi kelompok bakteri Acinetobacter.

Acinetobacter baumannii dapat menyebabkan infeksi pada darah, saluran kemih, dan paru-paru (pneumonia), atau pada luka di bagian tubuh lain.

Bakteri ini juga dapat menjajah atau hidup dalam tubuh pasien tanpa menyebabkan infeksi atau gejala, terutama saat berada di sekret (dahak) atau luka terbuka.

Hebatnya, bakteri jenis ini terus menemukan cara baru untuk menghindari antibiotik. Artinya Acinetobacter baumannii merupakan bakteri yang dapat resisten atau kebal terhadap antibiotik.

Saat bakteri ini menjadi kebal terhadap banyak kelompok antibiotik, berarti Acinetobacter baumannii resisten dengan berbagai obat.

Siapa yang berisiko mengalami infeksi Acinetobacter baumannii?

Infeksi Acinetobacter umumnya terjadi pada orang-orang di lingkungan perawatan kesehatan, termasuk pasien di rumah sakit yang:

Mendapat bantuan mesin pernapasan atau ventilator.

Memakai perangkat seperti kateter.
Mempunyai luka terbuka akibat opoerasi.

Berada di unit perawatan internsif (ICU).
Telah lama dirawat di rumah sakit.

Selain itu, orang yang memiliki sistem kekebalan lemah, menderita penyakit paru-paru kornis, atau diabetes, dinilai lebih rentan terhadap infeksi bakteri Acinetobacter.

https://www.suara.com/health/2021/05...ibiotik?page=2

RIP tuk suami joanaemoticon-Turut Berduka


Buset ini bakteri apalagiemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 37 lainnya memberi reputasi
malah jadi pertanyaan lain.. harusnya pihak RS buka suara..

kena pas pake ventilator ...? RS gak steril ?
skrg pasien2 lain yg pake ventilator aman gak ?

kalo dipaksa dirawat di rumah malah survive ?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwikusumad dan 5 lainnya memberi reputasi
profile picture
galbadia
kaskus maniac
rs gak steryl? baca baca lagi deh... icu itu gudangnya kuman, apalagi kalo udah sempat intubasi pasang venti
profile picture
jbusana
kaskuser
Mksud treadnya org yg beresiko tertular itu org2 yg ada di rs. Baik nakesnya apalagi pasiennya yg sedang dirawat menggunakan alat2 bantu pernafasa.. begitu.. y sangatsangatsangatsangatsangat wajar emang rs gudangnya penyakit y jelas lh jdi tempat penularan penyakit... Mslh steril2an... Udah hal wajib. Udah sop wajib lah.....
Jdi almarhum ini blm diketahui tertular dmn... Krna memang kondisi kesehatannya yg udah komplikasi. Jdi sangat wajar jg pasien mudah terinfeksi...
profile picture
n.y.a
kaskus addict
Kl yg gw pelajarin sih emang RS sebagai tmpt paling rawan buat tertular karena berbagai macam penyakit kan ada disitu makanya balik lgi ke imunitas diri sendiri kl abs dr RS sma slalu jaga kebersihan diri ..
profile picture
lumb3rjack
kaskus addict
Ironis ye ke RS..biar sembuh.. salah2 malah nambah resiko
profile picture
chang.nana
kaskus addict
tante gue dokter gan...setau gue rumkit itu selalu di sterilisasi bahkan tukang bersihinnya aja di sterilisasi dulu cuma namanya bakteri virus dan penyakit ga ada yg tau karna bakteri kan kecil banget ga tau nemplok di mana dan pas lagi sial imun tubuh jelek ya udah kena deh..makanya tante gue bilang kalo mau ke rumkit dek kamu berdoa dulu supaya dijagain Tuhan dan selalu positif thinking
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 5 dari 5 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di