CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kematian Raditya Oloan; Bakteri Acinetobacter Baumannii Kebal Antibiotik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6094ceacaebbcc66c558354a/kematian-raditya-oloan-bakteri-acinetobacter-baumannii-kebal-antibiotik

Kematian Raditya Oloan; Bakteri Acinetobacter Baumannii Kebal Antibiotik



Suara.com - Salah seorang sahabat Raditya Oloan sekaligus personel grup Project Pop Yosi mengungkapkan bahwa istri Joanna Alexandra tersebut meninggal akibat infeksi bakteri, bukan karena infeksi virus corona Covid-19.

Menurut Yosi, kondisi Raditya Oloan sudah membaik setelah dinyatakan negatif Covid-19. Namun, ayah dari empat anak tersebut kembali kritis akibat infeksi bakteri Acinetobacter baumannii.

"Waktu dia kena covid kami cukup kaget ya, tapi kan sempat membaik sudah negatif. Jadi dia ini (meninggal) bukan Covid, tapi karena ada bakteri. Nama bakterinya adalah Acinetobacter baumannii," ujar Yosi, ditemui di Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (6/5/2021) malam.

Berdasarkan laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), bakteri Acinetobacter baumannii merupakan penyebab paling umum dari infeksi kelompok bakteri Acinetobacter.

Acinetobacter baumannii dapat menyebabkan infeksi pada darah, saluran kemih, dan paru-paru (pneumonia), atau pada luka di bagian tubuh lain.

Bakteri ini juga dapat menjajah atau hidup dalam tubuh pasien tanpa menyebabkan infeksi atau gejala, terutama saat berada di sekret (dahak) atau luka terbuka.

Hebatnya, bakteri jenis ini terus menemukan cara baru untuk menghindari antibiotik. Artinya Acinetobacter baumannii merupakan bakteri yang dapat resisten atau kebal terhadap antibiotik.

Saat bakteri ini menjadi kebal terhadap banyak kelompok antibiotik, berarti Acinetobacter baumannii resisten dengan berbagai obat.

Siapa yang berisiko mengalami infeksi Acinetobacter baumannii?

Infeksi Acinetobacter umumnya terjadi pada orang-orang di lingkungan perawatan kesehatan, termasuk pasien di rumah sakit yang:

Mendapat bantuan mesin pernapasan atau ventilator.

Memakai perangkat seperti kateter.
Mempunyai luka terbuka akibat opoerasi.

Berada di unit perawatan internsif (ICU).
Telah lama dirawat di rumah sakit.

Selain itu, orang yang memiliki sistem kekebalan lemah, menderita penyakit paru-paru kornis, atau diabetes, dinilai lebih rentan terhadap infeksi bakteri Acinetobacter.

https://www.suara.com/health/2021/05...ibiotik?page=2

RIP tuk suami joanaemoticon-Turut Berduka


Buset ini bakteri apalagiemoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 37 lainnya memberi reputasi
bakteri kembali jadi bahaya
pdahal sudah ada antibiotik, ini malah kebal

blm lagi ngadepin virus

buset
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
profile picture
eviruss
kaskuser
gak semua bakteri bisa mati ama antibiotik gan, makanya kalau di pelajaran biologi monera dibagi jadi 2, salah satu pembedanya mempan atau tidaknya antibiotik
profile picture
kosenvii
kaskus addict
Baru tau gan
profile picture
basssso
kaskus addict
Ane pernah nonton videonya di youtube jadi sebenarnya antibiotik yang ngga dikontrol itu bisa mengakibatkan kiamat buat manusia gan. Soalnya semakin kuat antibiotik yg kita kasih, nanti bakteri selanjutnya bakalan resisten. Gitu aja terus sampai infinity
profile picture
agh05t
kaskus maniac
@basssso
betuuul,....
utk jangka pendek emang bagus buat mempercepat proses penyembuhan, tp efek jangka panjangnya cukup ngeri,...
imun jd lemah krn terbiasa dibantu antibiotik & bakteri makin resisten,...
profile picture
Ilucinasih
kaskus addict
@basssso Bener nih. Bakteri bisa resistan sama antibiotik kalau terus terusan di gunakan. Atau karena penggunaan antibiotik yang ga sesuai aturan.
profile picture
roger_more2
kaskus maniac
bau mani..bagaimana itu virus ceritanya ditemukan...
profile picture
galbadia
kaskus maniac
kalo kerja di icu pasti lebih kaget lu, begitu banyak kuman yg udah kebal bahkan dengan antibiotik golongan tertinggi yg bumi ini punya skrg ini


bakteri yg tersebut ini cuma salah satu bakteri nosokomial di rs terutama di icu
profile picture
Baca ginian makin bikin takut😢
profile picture
shoyusushi
kaskus maniac
@basssso wiihhh baru tau niii sifatnya antibiotik tu beginiiii...... berarti semacam buah simalakama gk siiyyy gaaan karena bisa nyembuhin tapi bisa bikin makin parah jugaakk
profile picture
shoyusushi
kaskus maniac
@embuhbanget makanya kita kayaknya kalok dikasih resep antibiotik harus diminum sesuai sama resepnya deeehh gaaann kalok gk ntar badan kita bisa resisten sama antibiotik
profile picture
@shoyusushi gw ga pernah abs coba gan klo dikasih resep antobiotik😢udh sembuh antibiotik msh banyak,jadi jatohnya males😢
profile picture
ayraanag
aktivis kaskus
@basssso berarti kalau kita kena bakteri baiknya gak usah minum antibiotik ya? Maksud ane kita cukup makan sehat dan istirahat yg cukup biar tubuh kita self healing atau gimana?
profile picture
eviruss
kaskuser
@ayraanag ikut saran dokter gan, kalau dokter bilang cukup istirahat ya istirahat, kalau butuh antibiotik ya antibiotik sesuai resep
profile picture
Bakteriofag - virus yang membunuh bakteri yang kebal terhadap antibiotik 💉🧫🌡️🔬


====================================
Pernah dengar bakteriofag / phage agan / sista?

Sederhananya itu adalah virus yang membunuh bakteri

ada beberapa link video edukasi gan / sista
==================================================
+tambahan,

rumah sakit jarang ada yang melakukan terapi bacteriophage/phage untuk mengatasi infeksi, karena umumnya menggunakan antibiotik yang untuk kebanyakan kasus selalu bisa diandalkan

ane pernah denger di Ted-Ed ada orang yang terinfeksi kakinya oleh bakteri kebal antibiotik hampir diamputasi karena daging kakinya selalu busuk dan infeksi berlanjut gak berhenti-henti sampe di terapi pake bacteriophage/phage
==================================================


Video Edukasi

=========================
1. Bakteriofag - Kurzgesagt
https://m.youtube.com/watch?v=YI3tsmFsrOg



2. Bacteriophage T4. Menyerang E. Coli

https://m.youtube.com/watch?v=V73nEGXUeBY


3. Perkembangan riset virus bakteriofag, pembunuh bakteri - Motherboard - bakteri yang kebal antibiotik

https://www.youtube.com/watch?v=aVTOr7Nq2SM


TedX Ted Talk - antibiotic resistance
https://www.youtube.com/playlist?lis...hs_m1UY0VwHUAO

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Terapi_fag


https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bacteriophage

Koktail bakteriofag juga bisa dibeli secara online di toko "apotek" online atau toko online lainnya (ane perlah lihat di Walmart seinget ane)

asalkan cocok dengan bakterinya, harus cocok ya (harganya bisa mahal lho, impor dari luar soalnya) dan nyarinya agak susah di google

https://www.google.com/search?q=walm...0bacteriophage

https://www.walmart.com/ip/Intesti-B...0-ml/143504605

contoh:
https://2019.igem.org/wiki/images/0/...grated-20.jpeg

(sayangnya hasil pencarian google saya tidak menemukan phage cocktail untuk Acenobacter Baumannii)

mungkin bisa dicoba di mesin pencari yahoo/bing/ lainnya

===========================

+++Tambahan:
Pasien covid 19 bisa memiliki kemungkinan infeksi bakteri setelah infeksi Covid 19, karena sistem imun sedang masa pemulihan dari infeksi covid 19

https://m.youtube.com/watch?v=BtN-goy9VOY


===========================
Lebih banyak Tautan untuk penelitian online lebih lanjut:

https://www.bbc.co.uk/news/health-48199915.amp

https://m.liputan6.com/health/read/4...-ancam-manusia

https://m.liputan6.com/health/read/4...g-terkontaminasi

https://academicjournals.org/journal/AJMR/article-full-text/E85859A55948

https://www.fda.gov/media/108025/download

https://www.healthline.com/health/phage-therapy

https://www.bbc.com/news/stories-50221375

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Phage_therapy

https://www.hilarispublisher.com/open-access/isolation-of-bacteriophage-against-currently-circulating-strains-of-acinetobacter-baumannii-2161-0703.1000109.pdf

https://www.mdpi.com/2079-6382/10/3/281/pdf

==========================

Video Tentang Bacteriophage

https://health.ucsd.edu/news/topics/phage-therapy/pages/default.aspx

https://health.ucsd.edu/news/features/Pages/2020-12-02-one-for-the-phages.aspx

https://www.theverge.com/2019/7/5/20682988/phages-antiobiotic-resistance-bacteria-virus-research-health

https://health.ucsd.edu/news/releases/Pages/2018-10-18-18-epidemiologist-strathdee-named-to-time-magazine-most-influential-in-health.aspx

https://www.purdue.edu/newsroom/releases/2014/Q2/phage-cocktail-wipes-out-99-percent-of-e.-coli-in-meat,-spinach.html

https://www.sciencemuseum.org.uk/objects-and-stories/alternatives-antibiotics

https://navymedicine.navylive.dodlive.mil/archives/912

https://phagehuntnz.wordpress.com/page/4/

https://ugq.upd858parlors.pw/bacteriophage-therapy.html

http://cyberspaceandtime.com/0vbIpPCdk3c.video+related

https://m.youtube.com/watch?v=raUzPnrr9NI

https://suc.kyotocathiview.pw/viral-diseases-in-humans.html


https://www.researchgate.net/figure/The-final-product-a-defined-bacteriophage-cocktail-doi101371-journalpone0004944g002_fig2_24214261

https://www.youtube.com/watch?v=joSQdMwnsx4

https://www.bbc.com/future/article/20210115-the-viruses-that-prey-on-human-diseases

https://www.nature.com/articles/d41586-020-02109-7

https://www1.racgp.org.au/newsgp/clinical/how-an-all-but-forgotten-use-of-tiny-biological-pr

https://www.google.com/search?q=buy+phage+cocktail

https://2019.igem.org/Team:Stockholm/Human_Practices


https://www.evergreen.edu/magazine/bacteriophage-good-guys-virus-world



https://europepmc.org/article/med/31461990

http://europhages.com/en/notices-phagiques/

https://multiplesclerosisnewstoday.com/columns/2020/10/21/bacteriophages-phage-urinary-tract-infection-uti/


https://bitesizebio.com/27026/phagebiotics-part-1/
profile picture
agh05t
kaskus maniac
@ptrd41
efek negatif perkembangan & kemajuan jaman & tekhnologi trutama di kota besar & kota industri,...
dr waktu ke waktu lingkungan jd semakin polutif yg mengakibatkan virus & bakteri berevolusi & semakin resisten,...
krn manusia pd umumnya tergantung pd hal² yg instan trutama di segi medis/pengobatan membuat sistem perkembangan imun tubuh tdk bisa menyamai evolusi virus & bakteri,...
dan secara logika, ancaman kiamat oleh serangan virus & bakteri itu sangat mungkin terjadi suatu hari nanti,...

emoticon-Turut Berduka
profile picture
shoyusushi
kaskus maniac
@embuhbanget jiaaakhhh sayang amaattt kenapa gk diabisiinnn pas sakiittt.... emang musti telaten gaann..... biasanya kalok kayak agan gitu ntar pas ke dokter selanjutnya dikasih obat antibiotik yang dosisnya naaiikk
profile picture
@shoyusushi itulah ya gan,kalo dah berasa badan enakan bawaannya males ngabisin obat😔btw gw sis,biasanya yg males2 gini emg sis yakan😅
profile picture
shoyusushi
kaskus maniac
@embuhbanget hoohh iyah sisss heheh sorry sorryyy..... iyasiiiiyy emang maleesss minum obat kalok badan udah berasa enakan.... dulu ane jugak kayak sista sukak gk abiisss kadang abisss.... kalok dipantau ibu ane pasti abisss..... sekarang pas udah paham jadinya yhaaa ane usahain untuk abisiinnn
profile picture
@shoyusushi wkwkwk gpp gan,disini bnyk yg manggil gw gan emg gegara nickname gw ga jelas😆 salken ya gan
profile picture
shoyusushi
kaskus maniac
@embuhbanget wkwkw yoiihhh salam kenal sistaaa..... semoga sering ketemu di thread thread lainnya emoticon-Shakehand2
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 20 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di