CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
KRI Nanggala Hilang di Utara Pulau Bali, Ada Masalah Serius dengan Alutsista TNI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/608163820a63714a6509df05/kri-nanggala-hilang-di-utara-pulau-bali-ada-masalah-serius-dengan-alutsista-tni

KRI Nanggala Hilang di Utara Pulau Bali, Ada Masalah Serius dengan Alutsista TNI

Kabar tidak menyenangkan kembali datang dari alutsista TNI, pada hari Rabu (21/4/2021). Dikutip dari Kompas.id, satu dari lima kapal selam yang dimiliki Indonesia, KRI Nanggala (402) dinyatakan hilang. Kapal selam buatan Jerman tahun 1979 tersebut dilaporkan tenggelam di sekitar Pulau Bali. Kabar tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Beliau mengatakan bahwa kapal selam diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau 95 kilometer dari utara Pulau Bali. Sekitar pukul 03.00 (Rabu pagi) kapal izin utuk menyelam setelah diberi clearance, kemudian pada pukul 03.46, KRI Nanggala mulai melakukan penyelaman. Pukul 04.00, kapal selam melaksanakan penggenangan peluncur terpedo, menurut laporan TNI AL komunikasi terakhir dengan KRI Nanggala pada pukul 04.25.

Rencananya KRI Nanggala (402) akan ikut dalam latihan penembakan rudal di laut Bali. Latihan tersebut rencananya akan dihadiri oleh Panglima TNI dan KSAL Laksamana Yudho Margono pada hari Kamis (22/4/2021). Dalam latihan tersebut, kapal selam membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata.




Foto: M. Risyal Hidayat/ANTARA



Pada pukul 07.00 WIB melalui pengamatan udara dengan helikopter, ditemukan tumpahan minyak di sekitar posisi awal menyelam, hal tersebut disampaikan oleh Biro Humas Kemhan, Rabu (21/4/2021) malam. Indonesia telah meminta bantuan Singapura dan Australia yang memiliki kapal penyelamat kapal selam untuk mencari Kapal Selam Nanggala. Selain itu pihak India juga siap untuk membantu pencarian tersebut.

Pihak TNI AL juga mengirimkan distres International Submarine Escape and Rescue Liaison Officer (ISMERLO) ke sejumlah negara sahabat. Hingga Rabu malam upaya pencarian masih dilakukan dengan mengirimkan KRI Rengat dari Satuan Ranjau untuk membantu pencarian dengan menggunakan side scan sonar. Selain itu TNI AL juga mengerahkan kapal survei hidrooseanografi, yakni KRI Spica dan KRI Rigel. Kapal survei tersebut memiliki kemampuan untuk misi pencarian bawah air.

Saat ikut melakukan pencarian, KRI RE Martadinata sempat melaporkan secara lisan bahwa mereka mendeteksi pergerakan di bawah air dengan kecepatan 2,5 knot. Namun, laporan tersebut belum bisa dijadikan kesimpulan bahwa yang dideteksi adalah kapal selam. Sebab, kontak tersebut kemudian hilang sehingga tidak cukup data untuk dilakukan identifikasi lebih lanjut.




Ilustrasi: nasional.okezone.com



Dari hasil pantauan laut dan udara juga sempat ditemukan tumpahan minyak, yang diduga dari kapal selam tersebut. Temuan tersebut terlihat secara visual oleh helikopter Panther 4211 posisi 7 derajat 49 menit 74 detik LS, 114 derajat 50 menit 78 detik BT dengan radius 150 meter. KAL Bawean juga menemukan tumpahan minyak, tapi lokasi tidak dilaporkan. KRI RE Martadinata juga melaporkan menemukan tumpahan minyak di posisi 7 derajat 51 menit 92 detik LS, kemudian 114 derajat 5 menit 77 detik BT dengan area 150 meter.

Saat ini upaya pencarian masih dilakukan, namun belum ada tanda-tanda dari kapal selam tersebut. Diperkirakan posisi KRI Nanggala berada di kedalaman 600-700 m. Dugaan sementara kapal mengalami blackout saat melakukan penyelaman statis. Hal itu mengakibatkan kapal tidak terkendali serta tidak dapat melaksanakan prosedur kedaruratan untuk kembali naik ke permukaan laut.

Selain dugaan blackout, KRI Nanggala juga diduga mengalami kebocoran atau kerusakan di bagian tangki. Dugaan itu muncul saat pencarian lewat udara yang mendapati tumpahan minyak di lokasi awal kapal selam tersebut menyelam.

Bicara soal usia, kapal selam tersebut memang sudah berusia uzur. Kapal selam ini hadir saat masa Orde Baru, dan mulai masuk jajaran Satkalsel TNI AL pada tahun 1981. Selama hampir 40 tahun pengabdiannya, KRI Nanggala memang sudah melalui berbagai macam penugasan. Kapal selam itu juga beberapa kali mengalami overhaul, yang terakhir kapal selam tersebut baru saja selesai overhaul di Korea Selatan.




Foto: Guslan Gumilang/Jawa Pos



Tenggelamnya KRI Nanggala menambah daftar panjang alutsista TNI yang bernasib tragis, belum genap setahun, 3 matra TNI kehilangan masing-masing inventarisnya. Pada hari Sabtu (06/06/2020) helikopter Mil Mi-17 TNI AD jatuh di Kendal, Jawa Tengah. Dalam insiden itu menewaskan 4 orang personel. Sembilan hari kemudian giliran TNI AU yang kehilangan inventarisnya. Pesawat latih Hawk jatuh di Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Riau, Senin (15/6/2020).

Dalam kejadian di Riau tersebut pilot berhasil menyelamatkan diri, jatuhnya pesawat Hawk waktu itu menyebabkan kerusakan pada rumah warga. Kemudian kejadian terakhir menimpa kapal selam KRI Nanggala dengan nomor 204 pada hari Rabu (21/04/2021). Dan sampai saat ini kapal selam tersebut belum ditemukan, ironisnya ketiga inventaris TNI tersebut mengalami insiden saat sedang 'melakukan latihan'. Ada masalah besar dalam perawatan alutsista TNI, belum genap setahun ketiga matra TNI kehilangan inventarisnya.

Tentu kita sebagai WNI pasti bertanya-tanya, ada apa dengan alutsista TNI ? Apakah perawatannya sudah sesuai ? Apakah alutsista yang berusia uzur tersebut memang benar-benar layak pakai ? Ada banyak hal yang bisa ditanyakan, namun segala pertanyaan tersebut tidak akan pernah menemukan jawaban.

Meski beragam alutsista TNI masih layak dan dalam keadaan siap operasi, tentu alutsista yang sudah berusia puluhan tahun (uzur) tetap harus mendapat perhatian ekstra. Sebab, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kerugiannya menjadi lebih besar. Termasuk kehilangan personel. ”Itu merupakan kerugian paling besar".




Ada apa dengan Alutsista TNI ?






Referensi: 1.2.3
Ilustrasi Gambar: ANTARA, Jawa Pos dan berbagai sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
teyaling dan 55 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Anggaran kementrian pertahanan = 136,99 T
Sedangkan kemenag = 67 T
Bisa enggak itu anggaran kemenag dipangkas dan dialihkan untuk pertahanan.
Secara maintenis alat pertahanan kita itu membutuhkan biaya banyak emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 10 lainnya memberi reputasi
profile picture
hhendryz
kaskus freak
yang lain juga ngantri bre buat naikin anggaran kayak kemenristek kalao boleh bubarin kemenag, kementerian paling ga guna emoticon-Ngakak
profile picture
gonugraha76
kaskus addict
Setuju gan, efisiensi anggaran. Gak perlu kementerian agama karena Indonesia mengakui semua agama dan kepercayaan sekalian kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak karena semua WNI mempunyai kesetaraan dalam hak dan kewajiban serta dilindungi secara hukum oleh UU. Anggaran 2 kementerian itu bisa dipakai buat borong alutsista modern lengkap dengan recovery nya.
profile picture
skiesman
kaskus addict
iyahh.. "kementrian agama islam" .. gak ada dia bantu agama lain. bubarin aja. hanya jd sarang koruptor
profile picture
adhiantowahyu
kaskus maniac
@hhendryz setuju bubarkan saja Kemenag ... jadikan level Dirjen saja di Depdagri ... fungsinya apa sih ( jujur nanya ) Kemenag? Negara lain apa punya juga?
profile picture
xcheon
kaskus addict
Jangan salah gan, kemenag itu banyak fungsinya, salah satunya adalah menghabiskan anggaran..
profile picture
mayavin
kaskus maniac
Fungsi kemenag yg paling berfungsi kyknya ngurusin haji sama umroh doang. Mending ganti dh jadi kementrian haji dan umroh emoticon-Leh Uga
profile picture
gonugraha76
kaskus addict
Kalau cuma urus haji umroh mendingan diurus menteri luar negeri aja bisa atau sekelas lembaga negara khusus haji n umroh.
profile picture
kurapbadak
kaskus addict
Kementrian agama kegedean dananya
Hahaha
profile picture
hhendryz
kaskus freak
@adhiantowahyu setau gw fungsi utama kemenang itu ngurus soal haji sih selain celoteh soal himbauan2 ajaran mayoritas...alias bisnis travel plus bimbel emoticon-Leh Uga
profile picture
adhiantowahyu
kaskus maniac
@hhendryz setauku sih cuma ngurusin haji, tentukan hilal , ngurusin zakat , ngurusin orang kimpoi ... ada ribut masalah pendirian rumah ibadah cuma mingkem doang ... dah layak dibubarkan, ganti jadi Dirjen di kementrian dalam negeri ... gue mah muslim nggak setuju kok Kemenag dipertahankan, urusan ibadah ya urusan pribadi gue, urusan hubungan dengan umat lain gue juga nggak diatur atur sama orang tua prinsip mah simpel , perbanyak teman tanpa pandang latar belakangnya .., lah ini Kemenag apa fungsinya???? ... bisalah itu dijadikan Dirjen kemasyarakatan, level bawah ya dijadiin satu sama lembaga pemerintahan ( kelurahan, kecamatan dll )
profile picture
drainama
kaskus holic
Jobdesc kemenag kan ngurusin semua hal yg berkaitan sama kegiatan agama masing2, ky ibadah ke luar negeri, ibadah di dalam negeri..

Akta nikah kan yg urus kemenag bkn? Kl kristen dpt sertifikat nikah dr gereja tetep dibawah kemenag kan?

Aneh kl dihandle sm kementrian luar negeri atau dalam negeri secara kita negara yg beragama kok.

Jgn menyimpang ah bahas kapal selam ujung2nya ke kemenag

Kaskus oh kaskus
profile picture
bapakbaonk
kaskus addict
setuju aku kemenag ilang... banyak untung nya kalau bubar... karena indonesia negeri damai dan saling hormat antara beda beda..
profile picture
hhendryz
kaskus freak
@adhiantowahyu iye ruang lingkup kerjanya terbatas tapi minta kekuasaan dan wewenang yang berlebihan...toh sampai sekarang sumbangsih kemenag ke negara apa sih berbanding dengan anggaran segede itu? klo ngirim banyak orang ke surga itu ga bisa dihitung soalnya emoticon-Leh Uga
profile picture
jasakurirjkt
aktivis kaskus
@drainama beda konsekuensi hukum nya gan. Nikah islam dicatat di KUA = dicatat negara. Kalau Kristen akta dari gereja doang gak bisa gan. Urus akta anak pakai akta nikah gereja aja nama bapaknya gk bisa muncul karena dianggap tidak mencatatkan perkimpoian kepada negara.
Tetep harus ke Dukcapil kalau mau sah secara negara dengan bawa akta nikah gereja (dobel kerja kan?) Makanya fungsi kemenag bagi Non Muslim gak begitu nyata. Padahal kalau mau fair ya Nikah di KUA dan nikah gereja itu sama dong kekuatan hukum nya dimata negara, toh sama2 dari kemenag jg aktanya tapi nyatanya apaaaan?????
profile picture
mdfck
kaskus addict
@adhiantowahyu


fungsinya cuma nyari hilal 1 ramadhan sama 1 syawal
profile picture
xonet
kaskus addict
Ntr di demo kadrun2 berjilid2 agendamya jadi jatuhin jokowi.
Pdhl mslhnya uud.

Demonya pasti gini :
Masuk neraka kl bujet kemenag di potong

Penjual ayat mayat + tukang demo bergabung cari orderan demo.
Mumpung ada isu panas. Aplg udh dekat 2024
Ada gubernur yg nafsu kd presiden
Skg lg numpuk duit buat modal kampanye


emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile picture
Penasaran dah ah kalo beneran klen jadi menteri apa bisa merealisasikan bacotan klen? emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 17 dari 17 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di