CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kronologi Hasyim Asy'ari Tak Ada di Kamus Sejarah Kemendikbud
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607f3b74f40e49609013e2b2/kronologi-hasyim-asyari-tak-ada-di-kamus-sejarah-kemendikbud

Kronologi Hasyim Asy'ari Tak Ada di Kamus Sejarah Kemendikbud



Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid menjelaskan nama tokoh pendiri NU Hasyim Asy'ari tak masuk dalam jajaran tokoh dalam Kamus Sejarah Indonesia Jilid I.
Hilmar membantah sengaja tak memasukkan tokoh penting bagi kalangan nahdliyin dalam buku yang terlanjur terbit untuk mengejar tenggat laporan pada 2017. Saat itu kamus tersebut juga belum selesai disusun.

Lihat juga: PKS-PAN Minta Kamus Hilangkan Nama Hasyim Asy'ari Ditarik

"Pekerjaan itu memang pada 2017, boleh dibilang belum selesai. Tapi karena ada masa tahun anggaran harus berakhir, maka tentu juga harus dilaporkan yang tidak selesai itu sampai mana," ujar Hilmar dalam jumpa pers daring, Selasa (20/4).

Hilman menyebut naskah yang belum rampung itu kemudian masuk ke proses tata letak atau desain, hingga terbit dalam bentuk pdf dan cetak. Kamus Sejarah Indonesia Jilid I dicetak terbatas sebanyak 20 eksemplar.

Pada 2019, lanjut Hilmar, buku tersebut kemudian diminta oleh Direktorat Sejarah untuk diunggah di situs Rumah Belajar Kemendikbud. Dia mengaku telah menyelidiki kekeliruan dalam buku tersebut ke staf yang terlibat langsung dalam penyusunan.

"Naskah yang sebenarnya belum siap, ikut masuk dalam proses penyertaan pemuatan buku tersebut di website," ujarnya.

Lihat juga: Nadiem Makarim Bertemu Megawati di Tengah Isu Reshuffle

Hilmar membantah pihaknya ingin menghapus Hasyim Asy'ari dari pendidikan sejarah. Buktinya, kata dia, sejarah Hasyim Asy'ari masih ada di entri atau kata lain dari beberapa bagian kamus.

Bahkan di tahun yang sama saat kamus itu terbit, Kemendikbud juga menerbitkan buku tentang riwayat Hasyim Asy'ari yang diulas dan ditulis oleh sejumlah intelektual NU, seperti Agus Sunyoto hingga Ahmad Baso.

"Jadi narasi upaya untuk menghilangkan tokoh sejarah itu tidak benar," katanya.

Hilmar menyampaikan permintaan maaf atas kekeliruan tersebut. Dia mengaku telah menarik buku tersebut dari peredaran, termasuk yang telah diunggah di situs resmi Rumah Belajar Kemendikbud.

Buntut kekeliruan tersebut, Hilmar mengaku bakal mengkaji ulang buku sejarah modern milik Kemendikbud. Ia tak ingin kekeliruan tersebut kembali terjadi.

"Dan untuk memastikan ini tidak kemudian jadi berlarut ya kami sudah menurunkan jadi sudah tidak ada lagi di website rumah belajar. Dan saya juga minta tadi untuk menurunkan semua buku terkait sejarah modern sampai ada review," katanya.

Zonder nama Hasyim Asy'ari di Kamus Sejarah Indonesia Jilid I menuai polemik. Kritik antara lain dilayangkan Ketua Umum NU Circle Gatot Prio Utomo. Dia mengaku tersinggung dan kecewa dengan keputusan Kemendikbud menghapus tokoh penting NU tersebut.

Mengutip situs Pustaka Budaya milik Kemendikbud, buku dengan nama Kamus Sejarah Indonesia Jilid I terdaftar dengan keterangan penerbit oleh Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan. Buku itu pun bisa dipinjam dengan kode 959.8 DIA k.

Ponpes Tebuireng Buka Suara
Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang Jawa Timur, angkat bicara terkait polemik tak ada tokoh pendiri NU Hasyim Asy'ari dalam Kamus Sejarah Indonesia Jilid I. Mereka meminta Kemendikbud segera merevisi kamus tersebut.

"Pesantren Tebuireng menuntut Kemendikbud untuk menarik kembali naskah tersebut dan meminta maaf kepada seluruh Bangsa Indonesia atas kecerobohan dan kelalaian dalam penulisan kamus sejarah tersebut," kata Humas Pesantren Tebuireng, Nur Hidayat, Selasa (20/4).

Hidayat menyebut kamus tersebut tak layak menjadi rujukan para praktisi pendidikan dan pelajar Indonesia. Di luar itu, banyak kelemahan substansial dan redaksional yang harus dikoreksi dari konten Kamus Sejarah Indonesia tersebut.

"Sejarah sebuah bangsa sangat penting untuk membangun peradaban di masa yang akan datang. Tidak ada satu bangsa yang menjadi besar tanpa memahami dan mempelajari sejarah leluhurnya," ujarnya.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ah-kemendikbud

Kok bisa bisanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 17 lainnya memberi reputasi
alasan kelupaan okelah mungkin bisa diterima


tapi nyantumin baasyir mantan teroris itu emoticon-Big Grin

udah banyak penyusup di kemendikbud


profile-picture
profile-picture
profile-picture
mecannotread dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
greynimation
kaskus maniac
Yang bahkan gak mengakui Indonesia sebagai negaranya emoticon-Big Grin
profile picture
rp.1000000
kaskus geek


Kamus sejarah maksudnya apaan sih?
Biografi tokoh2 indonesia gitu?

Lalu tentang baasyir, emang isinya gimana?
Kalau tentang tindakan terorismenya, ya harusnya gak ada masalah, suka gak suka, baasyir emang akan tercatat di sejarah indonesia sebagai salah satu teroris.

Kalau isinya tentang puja puji baasyir, baru layak diprotes.













































emoticon-raining
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di