CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Merasa Tulisanku Payah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607da8ed82dd4643e017aa57/merasa-tulisanku-payah

Merasa Tulisanku Payah

Mengapa sih banyak orang yang tulisannya bagus, sementara aku?

pict


Rasanya aku begitu payah. Membaca tulisan sendiri merasa mual. Kenapa tulisanku begini? Apa aku tidak bisa nulis lebih baik dari ini? Kenapa aku merasa sepayah ini?



Kadang aku lelah dan ingin pergi dari dunia tulis menulis ini. Tapi aku tahu, aku payah, bahkan mungkin aku tidak punya skill lain. Ah, apakah aku punya skill nulis juga? Aku seharusnya bersyukur, bisa menulis dan berkali-kali mendapatkan fee dari nulis. Ya, meskipun tulisanku juga payah!



Aku tidak pernah tahu tulisan mana yang akan digandrungi pembaca. Andai aku bisa berpikir realistis, tidak mudah baper, dan lebih semangat lagi dan lagi. Lebih tidak mudah menyerah. Lebih mau belajar lagi. Terkadang aku merasa waktu itu benar-benar cepat sekali berlalu. Aku bahkan merasa payah, karena tidak berkarya apa-apa.



Ingin aku bisa menjenjali otakku dengan optimisme-optimisme paling nyentrik. Tapi kapan? Tapi kapan aku bisa? Apa aku yang bodoh ini akan bisa demikian. Mampu menghasilkan tulisan bagus, menginspirasi, dan membuatku bersemangat saat merasakan getaran akibat aura tulisanku yang dibaca banyak orang.



Terkadang aku berpikir cara paling ajaib untuk tetap produktif–menulis dan menulis saban waktu misalnya. Tidak menoleh kanan dan kiri. Sistematik menikmati alur dunia menulis, tanpa peduli cemoohan orang tentang kualitas tulisan yang justru membuat diri down dan putus asa atau jatuh pada lubang yang lebar dan dalam.



Andai dunia ini penuh dengan ide dan aku diberikan Tuhan kemampuan untuk bisa menjadi salah satu penulis yang bisa ....


Nyatanya aku masih di sini. Merasa payah yang tidak permisif pada situasi jiwaku yang muram. Seakan alur hidupku telah dipenuhi kemuraman dan kemuraman. Ingin aku menangis dan menangis. Tapi aku bisa apa?



Aku sadar waktu terlalu cepat berlalu. Hingga dia pun bisa menyebut kematian adalah batas tiap orang untuk berkarya. Sudikah waktu berbaik hati padaku, memberiku kesempatan untuk merasakannya, menjadi penulis yang menghasilkan.



Kobaran itu seharusnya masih ada. Meski kobarannya tak lagi sama. Atau bahkan tak sebenderang dahulu. Kala bayangan tangan dirinya masih mampu kuingati. Namun aku merasa kosong sekarang. Dan mungkin saja kobaran itu beralih menjadi hanya semacam pijar yang tak tahu kemana arah angin akan membantunya tetap ada atau bahkan mati dan padam.



Pada paragraf demi paragraf ini aku menangisi. Kemurungan demi kemurungan yang kuhujamkan pada jiwaku sendiri. Aku ingin tetap berusaha agar pijar ini tak padam dihantam ruang hampa.


Sulit, aku pernah berkata untuk siap berdarah-darah. Namun sepertinya ada masa aku ingin menyerah dan mungkin malah membuatku tersenyum depresi. Tidak menjadi apa-apa dan tidak perlu berjuang untuk apa-apa. Tapi apakah diriku dan seluruh hatiku akan terima? Apa aku tidak akan lebih depresi lagi karena memilih untuk menyerah?



pict




Ngawi, 19 April 2021 M/ 7 Ramadan 1442 H
Temaram jiwa,


Warna Senja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indri507 dan 18 lainnya memberi reputasi
Ane kadang juga merasa begitu. Tapi buat ane, menulis adalah sebuah hoby. Terlepas dari apakah hasil tulisan ane bagus atau enggak, yang penting segala unek unek di dalam hati bisa tersalurkan. Itu sudah memberi rasa kepuasan tersendiri buat ane.

So, tetep semangat sist. Toh sambil terus berkarya kita juga bisa sambil belajar. Semua butuh proses kok.
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan Cahayahalimah memberi reputasi
profile picture


Ternyata banyak yg nulis spt ngg pede juga ya gan, kalau baca tulisan orang dg penuh filosofi dan pembahasan detail disaat itulah saya merasa payah, jauh dari kata bagusemoticon-Tepar
profile picture
indrag057 
KASKUS Plus
@Cahayahalimah iya sist, jadi ngerasa gimanaaaa gitu ya
profile picture
@indrag057 huum ganin rasa percaya diri, jadi minder sendiri
profile picture


Menulis buat kenangan
profile picture
Aku orangnya cuek aja biar tulisan gak bagus yang penting nulis, dulu aja tulusan acakkadul tak kirimkan majalah, kali aja ada editor yang kesian, Alhamdulillah ada yang kesian juga ... akhire dimuat karena menulis juga butuh perjuangan
profile picture
indrag057 
KASKUS Plus
@Cahayahalimah betul sist. Kalau udah ga percaya diri, ambyar dah hasilnya. Asal pede dan mood juga bagus, hasilnya juga lumayan kok
profile picture
indrag057 
KASKUS Plus
@trifatoyah wah, pernah juga ya kirim naskah ke majalah. Ane dulu juga tuh, tapi sekali aja, trus ditunggu tunggu ga ada kabar. Mana dulu perjuangannya embuh banget lagi. Teknologi belum secanggih sekarang. Mau ngetiknya aja harus ke rental komputer, satu naskah cerpen entah berapa lembar waktu itu, trus dikirim via pos
profile picture
@indrag057 pernah beberapa kali dimuat di majalah. Mayan buat ntaktir temen-temen dulu waktu SMA, Yang Double QQ, My Sister itu Awalnya Cerpen, pernah di muat di Cahaya Nabawy dulu.
profile picture
@indrag057 setiap tulisan pasti akan menemukan pembacanya sendiri
profile picture
indrag057 
KASKUS Plus
@trifatoyah Nah, iya tuh, kalau dimuat honornya habis buat nraktiremoticon-Ngakak

Tapi seneng sih, berasa jadi ada yang bisa dibanggakan gitu
profile picture
@indrag057 @trifatoyah kalian ternyata orang2 hebat, sy berpenghasilan menulis cuma dari kaskus😓
profile picture
indrag057 
KASKUS Plus
@Cahayahalimah @trifatoyah haha, hebat apanya sist, bunda Oya tuh yang hebat. Kalau ane samalah, cuma di kaskus aja rutin nulis
profile picture
@indrag057 @Cahayahalimah hebat apanya, enggak lah itu cuma kebetulan aja pas dimuat, mungkin editor nya ya itu tadi kesian🤭
profile picture
@indrag057 @Cahayahalimah pengalaman lucu dulu waktu dimuat di cahaya nabawy mau nulis no rek. Yang ketulis no KTP, alhasil gak dapet honor, tapi dapet CD kaset Nasyid dulu
profile picture
indrag057 
KASKUS Plus
@trifatoyah @Cahayahalimah wah, bener bener lucu tuh pengalamannya sist, kok bisa no rekening bisa ketuker ama no KTPemoticon-Ngakak

Trus honornya lari kemana tuh?
profile picture
@indrag057 @Cahayahalimah nggak tahu, nggak tak urus kembali kok
profile picture
TS qoni77 
KASKUS Plus
@indrag057 @Cahayahalimah asal pd dan mood bagus



Noted Maturnwun ya Gan
profile picture
TS qoni77 
KASKUS Plus
@trifatoyah @indrag057 @Cahayahalimah Nasyidnya siapa Bunda?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 21 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di