CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Alasan Bank Ramai-ramai Cabut dari Aceh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/607d056eed146c01c000da41/alasan-bank-ramai-ramai-cabut-dari-aceh

Alasan Bank Ramai-ramai Cabut dari Aceh

RL telah disalin



Belakangan ini, beberapa bank konvensional kompak mengumumkan rencana tutup seluruh operasional di Provinsi Aceh. Awal April 2021 lalu, ada Bank Panin yang izin pamit. Lalu, per 14 April 2021 kemarin giliran PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) yang izin pamit.
Ada apa ya sebenarnya?


Biar nggak kudet (kurang update), simak rangkuman detikcom di bawah ini:

1. Ada Apa di Aceh?
Cabutnya kedua bank konvensional tadi karena di Aceh saat ini telah memberlakukan Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Ini artinya lembaga keuangan baik perbankan dan non-perbankan yang beroperasi harus sesuai dengan prinsip syariah.
Dikutip dalam Qanun Aceh pasal 5, Qanun ini bertujuan untuk mewujudkan perekonomian Aceh yang islami. Kemudian menjadi penggerak dan pendorong pertumbuhan ekonomi Aceh.

Hal ini membuat bank yang tidak memiliki unit usaha syariah harus pergi dari Aceh dan menutup kantor.

2. Sejak Kapan?

Qanun LKS disahkan sejak akhir November 2018 lalu. Sejak berlakunya aturan itu, beberapa bank konvensional yang beroperasional di Provinsi Aceh satu per satu mengalihkan asetnya menjadi unit usaha syariah (UUS) atau kepada anak usaha yang merupakan bank umum syariah (BUS).
Selain perbankan, aturan ini juga berdampak lembaga jasa keuangan lainnya seperti asuransi, pasar modal, lembaga pembiayaan (leasing) hingga koperasi yang masih memakai sistem konvensional


3. Nasib Bank Konvensional
Corporate Secretary Bank Panin, Jasman Ginting mengungkapkan perseroan akan menutup Kantor Cabang di Banda Aceh mulai Juni mendatang.



"Kami akan mengikuti ketentuan Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang berlaku di Aceh," kata dia saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (9/4/2021).

Jasman mengungkapkan Bank Panin hanya memiliki satu kantor Cabang Utama di daerah Jalan Muh Jam 1 G-H, Desa Baru, Kampung Baru Baiturrahman dan satu Kantor Kas di Hasan Dek, Kuta Alam, Banda Aceh.

Demikian pula dengan BRI. BRI akan menutup 11 Kantor Cabang dan Kantor Wilayahnya di Aceh.



Setelah itu, ungkap Pemimpin Wilayah BRI Provinsi Aceh, Wawan Ruswanto, seluruh layanan dan portofolio dialihkan ke BRISyariah yang kini sudah menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Akan tetapi, keputusan itu masih harus menunggu Izin Pelaksanaan Penutupan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Setelah mendapatkan Izin Pelaksanaan Penutupan, BRI diberikan waktu 30 hari kerja untuk melaksanakan penutupan operasional kantor," katanya.

Ia mengatakan proses pengalihan telah berlangsung sejak bulan Juli 2019 dan berakhir pada bulan Desember 2020. Wawan mengatakan hampir seluruh portofolio pinjaman dan simpanan telah dialihkan, di mana sekitar 92% portfolio pinjaman dan 85% portofolio simpanan telah di buku di Bank BRIsyariah.
Menurut dia masih terdapat portofolio pinjaman yang tidak dialihkan, antara lain non performing loan dan hapus buku dengan jumlahnya sekitar 8% dari total pinjaman.



https://finance.detik.com/moneter/d-5533420/alasan-bank-ramai-ramai-cabut-dari-aceh 

BERARTI SISTEM RENTENIR GA BOLEH MASUK KE ACEH

KRN JELAS HARAM, DAN BIAR HIDUP WARGA ACEH JUGA GA KELILIT HUTANG
.


KAPAN DAERAH LAIN BISA PRAKTEKAN YG MODEL BEGINI?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Kalau ga ada sistem rentenir sama riba

ga akan ada yang mau minjemin duit ratusan juta ke warga lu emoticon-Ngakak



anti riba itu munafik tingkat tinggi

udah berkali kali gw tantangi para anti riba di Kaskus buat minjemin gw emas 1 kg dalam jangka waktu 10 tahun atau 100 gram dalam jangka waktu 3 tahun

dikembalikan tanpa bunga dan pas 1 kg atau 100 gran sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan


tapi ga ada yang berani

semua hanya omdo emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
benche87 dan 15 lainnya memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
Menurut ane bank syariahnya juga kaga peduli2 amat sama konsep anti riba bre, nah mereka juga intinya kan cari duit, sebisa mungkin smakin banyak orang yg pake jasa mereka semakin banyak cuan. karena jamannya banyak yg mabok agama ya di modif dah tu sistem sesuai dengan konsep yg dipercaya ama orng2 ntu. yg salah itu orang2 yg mau aja percaya sama konsep bgituan. masuk surga kaga masuk jebakan betmen iye....

sekali lagi jualan paling gampang itu ya jualan pake agama, kata seseorang.

profile picture
TS nevertalk
kaskus geek
@spideyboydatang Riba yg dilegalkan pemerintah... Makanya bencana datang silih berganti

Azab atas riba yang kita kerjakan, telah menanti suatu negeri yang di dalamnya banyak terjadi transaksi riba. Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا ظَهَرَ الزناَ وَالربَا فِي قَرْيَةٍ فَقَدْ أَحَلوْا بِأَنْفُسِهِمْ عَذَابَ اللهِ

“Apabila telah marak perzinaan dan praktek ribawi di suatu negeri, maka sungguh penduduk negeri tersebut telah menghalalkan diri mereka untuk diadzab oleh Allah.” (HR. Al-Hakim. Beliau mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Imam Adz-Dzahabi mengatakan, hadits ini shahih. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan lighoirihi sebagaimana disebut dalam Shahih At-Targhib wa Tarhib, no. 1859)

Berbahaya sekali jika kita termasuk golongan yang berdalih dan mencoba mencari-cari cara untuk menghalalkan yang telah Allah Haramkan. Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta sampai jika orang-orang yang kalian ikuti itu masuk ke lubang dhob (yang sempit sekalipun, -pen), pasti kalian pun akan mengikutinya.” Kami (para sahabat) berkata, “Wahai Rasulullah, apakah yang diikuti itu adalah Yahudi dan Nashrani?” Beliau menjawab, “Lantas siapa lagi?” (HR. Muslim, no. 2669).

Mari kita sebagai muslim yang taat agar menjauhkan diri dari riba (sehingga terhindar dari azab atas riba yang dikerjakan) dan melaksanakan yang diperbolehkan oleh Allah di dalam keseharian kita.
profile picture
@nevertalk bre kalo dengan logika bgtu berarti bisa disimpulkan negara2 maju di dunia pasti kena bencana alam mulu, bahkan tiap saat mungkin.
profile picture
Luthfins
kaskus geek
@nevertalk @spideyboydatang

ente kalau anti riba terima dulu tantangan anti riba gw

ga usah bacot anti riba kalau ga berani nerima anti riba challenge ini

lu harus tf emas sebesar 1 kg ke rekening emas gw nanti gw balikin 10 tahun lagi pas 1 kg emas.


gw buatin surat hutang juga

domisili gw Jababeka , yuk pm gw kalau berani

kalau lu berani berarti lu beneran pantas menyebar dakwah anti riba emoticon-Recommended Seller
profile picture
jintuang
kaskus addict
@nevertalk @spideyboydatang @Luthfins di islam sendiri contoh seperti agan diatas jelas gak bener. Justru pas balikin patokannya harga emas untuk kenaikannya. Karena 10 tahun jelas harga sudah inflasi lumayan gan. Mungkin kalau agan mau ngutang buat makan bisalah di trf sama teman teman. Karena asalnya khan memang kayak gitu bukan untuk konsumtif atau investasi. Sebenernya kalau memang orang bisa menghindari riba jelas beliau alim dan bagus sekali. Susah zaman sekarang menghindari. Tapi seenggaknya meminimalisir sudah lebih baik. Saya rasa islam enggak sekaku itu karena beda zaman jelas ada yang disesuaikan.

Soal azab itu jelas rahasia. Enggak ada yang tahu. Tapi tanda tandanya jelas. Temen ane yang lagi naik karir di bank berbeda tiba tiba kepikiran soal riba. Kebetulan ada 2 teman. Waktu itu ane cuma saranin buat cari kerja lain dulu sebelum keluar karena sudah berumah tangga kecuali punya simpenan modal besar buat usaha. Yang satu akhirnya gak jadi keluar sampai sekarang karena waktu itu jadi pegawai tetap. Yang satu ancur ancuran tapi dasarnya dia keluar juga kuat. Dulu bokapnya kaya raya karena karyawan di bank pusat. Perlahan ludes harta bendanya sampai buat makan aja gak bisa. Temen ane yang ancur ini pontang panting lari lari karena selain kasih nafkah keluarga kecilnya juga bantu ortunya. untungnya doi orangnya gak patah semangat. Sampai sekarang masih pontang panting tapi gak separah dulu.
profile picture
Luthfins
kaskus geek
@jintuang @nevertalk @spideyboydatang

loh kan nge pas 1 kg dibalikin 1 kg kalau lebih ya riba toh emoticon-Mad (S) ?

ini emas loh, bukan mata uang buatan kapir, kalau gw tantangin pakai mata uang buatan kapir, baru lu ngebacot inflasi

lah ini kan emas, 1 kg ya 1 kg, 100 gram ya 100 gram emoticon-Ngakak

buktinya lu cuma bisa bacot doang tanpa berani nerima tantanganya emoticon-Leh Uga

Lah itu Ed Woodward bankir masih tajir melintir ngurus munyuk, personal manajemen keuangan yang buruk kok malah nyalahin azab emoticon-Leh Uga


ingat ini tuh kerja di bank bukan jadi relawan di lembaga amal.

mentang mentang gaji gede, konsumtif dinaikin, cicilan banyak, kagak investasi kagak ada alternative income, yang di salahin malah bank

giliran suruh ngebuktiin berani ga minjemin orang asing tanpa bunga malah ga berani


anti riba itu khusus buat lingkungan personal lu aja, atau hutang yang bersifat kemanusiaan

lu berani ngutangin orang buat bisnis atau konsumtif tanpa riba?

sini ke domisili gw buruan emoticon-Ngakak

atau online aja nanti lu tf duit senilai harga emas 1 kg sesuai hari ini nanti gw langsung beliin emas 1 kg

terus gw buatin surat hutang anti ribanya

berani?
profile picture
@jintuang @nevertalk @Luthfins wkwkwkwkwkwkkkk.... karena biasanya berteori itu lebih gampang daripada praktek gan. banyakan kita ga ngerti konsep uang, cara kerja dan manajemennya. giliran terlilit utang nyalahin bank karena ngasi bunga kredit yg tinggi. trus ngomong kita ga perlu pake bank karena riba adalah dosa, ya gpp menghindari dosa ya tapi bayar dulu utangnya dan ga perlu salahin sistem yg sudah ada hanya karena pengetahuan kita yg minim.

sorry nih, faktanya hampir semua orang juga butuh uangnya bertambah karena kebutuhan biasanya juga ikut bertambah. masa iya duit yg harusnya bisa ente jadiin buat bikin usaha berkembang trus di pinjemin ke orang laen tanpa ada pertambahan nilai sama sekali. Ente ga bisa ngembangin usaha trus duit ente baliknya utuh, itu juga kalo baliknya cepet sebelum ente pake. ya ke depan kaga bakal ada praktek bgtuan lagi.

ga usah jauh2la ente aja kalo mau jualan pasti pengennya orang beli di atas harga modal bukan? ente mau dia beli sesuai modal yg ente keluarin?
profile picture
jintuang
kaskus addict
@spideyboydatang @Luthfins
Itu ane balesin yang diatas gan karena pemisalannya 100 balik 100. Brarti duit. Klo emas ya uwdah bener.

Lagian challange ente gak masuk akal minta emas 1KG. Khan memang soal riba ini ada karena orang yang pinjam buat makan doank malah di cekek sama bunga. Soal usaha mah urusan ente. Cari aja sono mau kiamat juga diketawain doank emoticon-Ngakak

Kalau yang pinjem duit balikinnya ya patokannya harga emas gan. Beda klo emas balik emas. Dagang ya cari untunglah khan lucu klo cari rugi emoticon-Ngakak
profile picture
@Luthfins @jintuang ntu die gan, konsepnya aja masih belom bener. kalo emg balikin duitnya jg sesuain harga emas pas saat uang dikembalikan kan dalam hal ini brarti mengakui adanya inflasi juga. itu kan tidak termasuk ke dalam modal pinjaman brarti ada penambahan nilai dari yg dipinjamkan sebelumnnya. ini kan yg biasa di gembor2kan harusnya saat balikin utang nilainya sama dengan saat minjam. lah dia kaga itung biaya inflasi, kaga itu biaya manajemen blablabla... kan itu namanya pengen untung sendiri. sekalian aja balik ke barter kalo bgtu namanya.

mangkenye harusnya yg diajarin duluan itu konsep uang baru setelah paham bener diajarin konsep riba, baru bener alurnya. kan kalo ngerti konsep uang pasti mikir 1000 kali buat utang konsumtif. utang di pake buat yg hal yg ga produktif sama aja nyari masalah.
profile picture
jintuang
kaskus addict
@spideyboydatang

Sebenernya anti riba itu niatnya bagus. Agar orang gak maksa buat hutang. Kalau pengen sesuatu ya nabung dulu. Lama??? Ya jelas siy lama tapi enggak ada dicekek bunga dikemudian hari.
Tapi penyampaiannya kasar dan arogan. Frontal banget waktu itu gan. Sedangkan masyarakat sendiri sudah sangat biasa dengan bank baik untuk pinjam duit atau hanya sekedar alat buat transaksi. Padahal haji se indo dari dulu ya duitnya masuk ke bank. Mana ada yang lewat kyai atau arab sono. Ya semua masuk ke bank dulu.
Ane takut salah ngomong gan kalau diskusi ini. Sensitif soalnya yang beneran anti.
Bener bener pure anti riba kalau buat modal usaha ya banyak ancurnya gan. Enggak bisa memang. Makanya asal muasalnya khan bukan buat konsumtif. Tapi era sekarang beli baju aja ngutang.
profile picture
Luthfins
kaskus geek
@jintuang @spideyboydatang

gw pernah nantangin pakai duit soalnya gan terus doi ga mau karena duit inflasi katanya emoticon-Leh Uga
ya udah gw ganti ke emas emoticon-Leh Uga
tapi masih aja omdo emoticon-Leh Uga
profile picture
jintuang
kaskus addict
@spideyboydatang @Luthfins memang gan orang mah ngomong gampang praktek susah wkkwkwwk.

Pemikiran agan khan gini... Kalau bank dilarang karena riba ya jangan cuma ngelarang tapi sediain alternaif buat tempat minjam gitu khan. Sama gan semua juga mikir gitu wkkwkwwkwk

Anak SD juga bisa ngelarang tanpa solusi. emoticon-Ngakak

Cuma ya itu tadi orang jaman sekarang pinjem duit buat beli HP, motor, mobil sampai biaya nikah. Kalau riba ini khan asalnya dari kebutuhan paling pokok yaitu makan.
profile picture
@Luthfins @jintuang nah ntu kemaren di Depok pake Dinar gan, padahal mah sami mawon orang dia jual Dinarnya nilainya lebih dari saat dia beli. wkwkwkwkwkkkkkk..

mungkin ini salah satu sebab kenapa pendidikan tentang uang ga pernah diajarin di sekolah supaya "orang" yg udah ngerti bisa dapet untung terus dari orng2 yg punya keterbatasan pengetahuan yak.
profile picture
Luthfins
kaskus geek
@jintuang @spideyboydatang

Ya begitulah di sini selalu teriak khilafah selalu larang ini itu tanpa memberi solusi

Aceh perda syariah hasilnya jadi provinsi termiskin di Sumatra dan jadi provinsi munafik.

jaman sudah berubah dan Islam itu sebenarnya mengikuti perkembangan jaman

contoh simpel kenapa najis besar dibasuh pakai pasir? karena di jaman tsb belum ada sabun

di sini ketipu yang syariah syariah gampang


kalau gw ga ada malu, gw viralin dah tantangan ini di sosmed emoticon-Leh Uga
profile picture
hard_gay
kaskus maniac
Bukannya ga ada yg mau minjemin, tapi ga ada yg punya
profile picture
Luthfins
kaskus geek
[MENTION]hard_gay[/MENTION] kalau nantangin ke ustad ustad bayaran kayak abdul somad kira kira berani kaga ya dia emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 21 - 36 dari 36 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di