CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Beredar Video, Muslimah Singgung Hindu: Saya Bingung Kok Banyak Tuhan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6079920e90c52048b81cb8f5/beredar-video-muslimah-singgung-hindu-saya-bingung-kok-banyak-tuhan

Beredar Video, Muslimah Singgung Hindu: Saya Bingung Kok Banyak Tuhan

UPDATE 22.37 wib Berita Lama dipindah ke bawah.

Yaaah kicep dia minta maaf, mana minta diselesaikan secara kekeluargaan lagi diakhir permintaan maaf.



Ikutin kata2nya sharky deh kalau minta maaf berarti merasa salah, kalau salah artinya harus dihu...









Terkini.id, Jakarta – Sebuah potongan video yang memperlihatkan seorang muslimah menyinggung Trimurti ketuhanan agama Hindu saat berbicara di atas mimbar, beredar di media sosial.

Video muslimah singgung agama Hindu tersebut diunggah pengguna Twitter P3nj3l4j4h_id dan dibagikan Mantan Politisi Demokrat Ferdinand Hutahaean, seperti dilihat pada Kamis 15 April 2021.

Dalam narasi unggahan video itu, disebutkan muslimah tersebut menjelek-jelekkan agama sebelumnya yang ia anut yakni Hindu setelah dirinya pindah ke agama Islam.


‘Ini apalagi sich?? Kenapa setelah pindah agama malah menjelekan agama sebelumnya yang dianut, hargailah kepercayaan agama lain. Kalau begini terus kapan negara ini mau tenang,” cuit P3nj3l4j4h_id.

Ia pun menyertakan link video Youtube terkait pernyataan muslimah tersebut dan meminta netizen agar tidak emosi saat melihat video itu.

“Selengkapnya dsini ya
tapi jangan pada emosi ya,” tuturnya.

Akan tetapi, setelah dicek video tersebut telah dihapus. Adapun nama kanal Youtube yang tampak dalam cuplikan video itu yakni Istiqomah TV.



Dilihat dari video yang beredar, tampak muslimah yang mengenakan pakaian hitam dan jilbab berwarna pink itu awalnya berbicara soal Trimurti ketuhanan agama Hindu yakni Brahma, Wisnu, Siwa.

Ia pun mengaku bingung, mengapa dalam agama itu ada banyak Tuhan.

“Terus ada Trimurti Brahma, Wisnu, Siwa. Pencipta, Pelebur, Pemelihara. Jadi saya lebih bingung juga, kok ada banyak Tuhan gitu loh bapak ibu,” ujar muslimah tersebut.

Baca Juga: Haikal Hassan Bawa Rasulullah Bela HRS, Politikus PDIP: Cucu Palsu

Adapun nama sang muslimah yang berbicara di atas mimbar itu tertera Desak Made Darmawati yang diketahui merupakan Ketua Pusat Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa, Uhamka.

Selanjutnya, Desak Made Darmawati mengungkapkan alasan dirinya pindah ke agama Islam.

“Baik bapak ibu kenapa saya masuk Islam, saya mungkin dari 5 tahun umur saya dulu digendong bapak, diajak nonton bola ke alun-alunan di situ ada orang meninggal. Orang meninggal itu dibakar dan sebagainya, dan saya udah ketakutan duluan,” kata Desak Made Darmawati.

Oleh karena itu, setiap kali muslimah tersebut melihat orang meninggal dibakar yang diketahui merupakan tradisi agama Hindu dirinya merasa merinding.

“Kalau setiap saya melihat orang mati, saya merinding dan bisa sakit panas dingin begitu,” ujarnya.

Sumber : https://makassar.terkini.id/beredar-...-banyak-tuhan/

---------

udah mirip sama yahya walonjing versi betina ini mahluk. Makin meyakinkan standar SOP yg ganti sekte harus jelekin sekte sebelumnya. Emang bener2 maknyos sekte ini. Yuk ghibah dlu kan udh buka klean. Klean lupa sekte leluhur klean apa...

emoticon-Angkat Beer

Denger2 bocorannya ad Advokat udh mau nglaporin nih, hati2 aje bu... Hati2 keciduk...

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh longneversee
Gw sendiri agnostik.
Tapi kalau mau objektif, sebenarnya kisah2 kenabian dari agama samawi sendiri banyak yg berasal dari agama2 dgn konsep Tuhan lebih dari satu.
Bahasa kasarnya menjiplak tapi isinya sedikit dimodifikasi biar gak ketahuan.

Seperti kisah Nabi Nuh yg jauh lebih masuk akal di sumber aslinya yaitu di mitologi Utnapishtim/Ziusudra/Atrahasis nya Mesopotamia.
Ceritanya, Dewa Enlil pada saat itu sudah muak dgn manusia yg semakin berisik dan membuat kekacauan di bumi sehingga bersama Dewa2 lainnya berencana menurunkan banjir bandang.
Salah satu Dewa yaitu Enki (Ea) tidak setuju akan hal itu pun buru2 memberitahukan kepada Utnapishtim agar dirinya membangun kapal raksasa utk menyelamatkan umat manusia dan binatang2.

Sedangkan di kisah agama Samawi.

- Tuhan yg Maha Kuasa gagal menurunkan Nabi yg kompeten yg mampu membujuk hati manusia2 agar menyembah si Tuhan yg haus disembah.

- Sehingga Tuhan yg juga bergelar Maha Mengetahui itupun ngamuk2 melihat manusia2 ciptaannya rupanya tidak tergerak hati mereka oleh ajakan utusannya. (padahal harusnya Tuhan sudah tau sebelum menurunkan Nuh kalau Nuh gak cukup kompeten mengajak manusia2 ciptaannya utk menyembah dirinya)

- Yang membuat Tuhan yg Maha Pengasih lagi Maha Penyayang itupun menimpakan banjir bandang utk menghabisi seluruh manusia di bumi kecuali yg berhasil naik ke kapal si Nuh.
Ntah gimana caranya orang2 Asia, Amerika, Eropa, dll yg jauh dari tempat tinggal Nuh bisa mendapat informasi tsb dan pada buru2 naik ke kapal Nuh, padahal zaman dulu belum ada internet, telepon, pesawat, mobil, dll.

  • Quran 71:26
    Nūḥ berkata, "Ya Tuhan-ku, janganlah Engkau biarkan seorang pun di antara orang-orang kafir itu tinggal di atas bumi.

  • Quran 11:43
    Anaknya menjawab, "Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!" Nūḥ berkata, "Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah, selain Allah (saja) Yang Maha Penyayang". Dan gelombang menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang-orang yang ditenggelamkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mosta2011 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anas7.
profile picture
.soroga.
kaskus addict
Dalam sejarah agama dunia, tidak ada pernah 1 agama di perkotaan mempengaruhi kebudayaan bangsa kecil lainnya yang berjauhan. Kecuali terjadi invasi.

Yang ada adalah kaum kecil memperkenaalkan budaya dan agamanya kepada kebudayaan lebih besar.

==========================

Maka dari itu, walaupun kita mengenal kebudayaan tua Mesopotamia, namun kebudayaan dan kisah Mesopotamia ini pastinya bukan berasal dari Mesopotamia itu sendiri. Pastinya berasal dari kebudayaan bangsa lain yang kemudian memperkenalkannya kepada bangsa Mesopotamia.

===========================

Maka dari itu, justru sangat besar kemungkinan bahwa kebudayaan Mesopotamia berakar dari budaya Yahudi saat itu.

Jadi walaupun Mesopotamia memiliki kisah-kisah serupa dalam Tanakh / Perjanjian Lama, tidak menjadikan bahwa kisah Mesopotamia adalah original. Justru kemungkinan besar kisah Yahudi yang dijiplak.

Contohnya saja kisah-kisah mereka (Yahudi) yang saat ini dijiplak suatu sekte yang mengaku agama samawi tapi sangat membenci Yahudi.
profile picture
karyanakbangs4
kaskus maniac
Dalam agama samawi, Allah punya kuasa atas segala sesuatu, dan punya hikmah dibalik semua peristiwa. Jadi gak logis kalau dikatakan Tuhan gagal mengutus nabi, Tuhan ngamuk karena manusia gak mau nyembah. Tuhan baper, Tuhan tersakiti krn seluruh dunia kafir, dan tuduhan2 lainnya.

Padahal Dia sendiri yg mentakdirkan hal tsb terjadi. Dia sudah tau sebelum penciptaan alam semesta, bahwa manusia nantinya akan ada yg durhaka, membangkang. Toh hal tsb Dia sendiri yang menghendaki ada manusia membangkang. Dan juga tidak ada satupun ciptaanNya dibiarkan lepas dari takdir, dengan ilmu dan hikmah Nya Dia Maha Mengatur segala sesuatu, gak ada yang dibiarkan lolos dari garis takdir yg Dia buat bahkan sebelum penciptaan.

Salah satu hikmahnya, Dia ciptakan malaikat dan iblis, kebaikan dan keburukan. Tidak bisa diketahui kebaikan jika tidak ada keburukan, harus ada makhluk lainnya yg berlawanan. Tidak bisa diketahui siang kalau malam tidak diciptakan.

Btw, Di jaman Nabi Nuh dikatakan sudah ada orang Asia, eropa, amerika, australia, ini info darimana atau skedar asumsi liar sampe bayangin internet sgala???

Yg jelas kalau dikatakan agama itu subjektif, fiktif, alias ngarang, dasarnya apa? Pakai standar pembuktian punya siapa? Ujung2nya juga subjektif dari akalnya sendiri.

Tapi munafik juga kalau ngotot bilang bahwa alam semesta tercipta secara kebetulan. Kebetulan itu sesuatu yg acak, tanpa pengaturan, tanpa pengawasan, tanpa kendali, tanpa keteraturan. Andai alam semesta ini dibangun atas dasar kebetulan, maka alam semesta ini kacau, hukum fisika, rumus matematika, ilmu sains gak akan pernah ada.
profile picture
Di Hindu juga ada cerita yg mirip spt Nabi Nuh...seorang Raja yg bernama Satyavrata...seorang raja yg saleh dan beliau membuat kapal besar dan menyelamatkan orang orang suci/rsi. Dan pd saat banjir besar beliau dibantu oleh Matsya Awatara (ikan besar). Hindu merupakan peradaban tertua di dunia,dan itu ribuan tahun yg lalu,kemungkinan juga daratan masih menyatu jadi cerita" itu akan tersebar..krn saking lamanya kejadian tsb yaa bisa saja berubah dan disesuaikan.
profile picture
@.soroga. Logical fallacy kuadrat.
Bikin klaim sendiri (yg salah) kalau dalam sejarah, kebudayaan bangsa besar gak pernah mempengaruhi bangsa kecil.

Terus dari klaim salah tsb bikin kesimpulan salah kalau Mesopotamia jiplak dari Yahudi. emoticon-Ngakak (S)

Dari logika dongengnya saja sudah jelas lebih logis dongeng Mesopotamia ketimbang Samawi.

Baca dulu ini gih kalau ngerti bhs Inggris

https://www.worldhistory.org/article...-the-iron-age/
https://www.haaretz.com/archaeology/...reat-1.5392677

Konsep adanya setan aja baru muncul di ajaran samawi semenjak mendapat pengaruh dari ajaran Zoroaster Persia sekitar abad 6 SM.
https://www.worldhistory.org/article...igin-of-satan/

Wong setan itu awalnya cuma berarti "musuh" dalam bahasa ibrani.
Bahkan Daud pun dideskripsikan sebagai Setan di 1 Samuel 29:4
profile picture
@karyanakbangs4
Quote:


Yap benar sekali, berarti bila ada yg mengaku2 sebagai Tuhan tapi punya sifat2 konyol diatas maka pasti Dia bukan Tuhan tapi bisa jadi makhluk ghaib jahat yg hanya ngaku2 saja sebagai Tuhan.

Quote:


Apakah anak yg dihamili oleh bapak kandungnya ini juga adalah takdir Tuhan?

Muhammad Hamili Anaknya Hingga Melahirkan, Ditangkap Saat Hendak Kabur ke Malaysia
https://www.tribunnews.com/regional/...ur-ke-malaysia

Apakah juga takdir Tuhan, anak2 dan perempuan2 kafir berikut diculik, dibagi2kan, serta diperjual belikan oleh Nabi Muhammad?

Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam - Hal. 524
https://books.google.com/books?id=sB...page&q&f=false


===========================

dan dijadikan pemuas hawa nafsu beliau dan sahabat2nya?

  • Sahih Muslim 1438 a
    https://sunnah.com/muslim:1438a

    وَحَدثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيوبَ، وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، وَعَلِي بْنُ حُجْرٍ، قَالُوا حَدثَنَا إِسْمَاعِيلُ، بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِي رَبِيعَةُ، عَنْ مُحَمدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبانَ، عَنِ ابْنِ مُحَيْرِيزٍ، أَنهُ قَالَ دَخَلْتُ أَنَا وَأَبُو صِرْمَةَ عَلَى أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِي فَسَأَلَهُ أَبُو صِرْمَةَ فَقَالَ يَا أَبَا سَعِيدٍ هَلْ سَمِعْتَ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَذْكُرُ الْعَزْلَ فَقَالَ نَعَمْ غَزَوْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم غَزْوَةَ بَلْمُصْطَلِقِ فَسَبَيْنَا كَرَائِمَ الْعَرَبِ فَطَالَتْ عَلَيْنَا الْعُزْبَةُ وَرَغِبْنَا فِي الْفِدَاءِ فَأَرَدْنَا أَنْ نَسْتَمْتِعَ وَنَعْزِلَ فَقُلْنَا نَفْعَلُ وَرَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم بَيْنَ أَظْهُرِنَا لاَ نَسْأَلُهُ ‏.‏ فَسَأَلْنَا رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ ‏ "‏ لاَ عَلَيْكُمْ أَنْ لاَ تَفْعَلُوا مَا كَتَبَ اللهُ خَلْقَ نَسَمَةٍ هِيَ كَائِنَةٌ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ إِلا سَتَكُونُ ‏"‏ ‏.
    "Abu Sirma berkata pada Abu Sa'id Al Khadri (Radiyallahu Anhu) : Wahai Abu Sa'id, pernahkah engkau mendengar sabda Rasulullah (ﷺ) mengenai al-'azl? Dirinya menjawab: Iya, dan menjelaskan: Kami pergi bersama Rasulullah (ﷺ) dalam ekspedisi ke Bi'l-Mustaliq dan menawan beberapa perempuan Arab cantik; dan kami bergairah terhadap mereka, karena kami menderita dari ketidakhadiran istri-istri kami, (tapi pada saat yang sama) kami juga menginginkan uang tebusan untuk mereka. Jadi kami berkeputusan untuk menyetubuhi mereka tapi dengan melakukan 'azl (mencabut penis dari vagina sebelum keluarnya air mani untuk mencegah kehamilan). Tapi kami berkata: Kita melakukan ini ketika Rasulullah bersama kita; mengapa tidak tanya beliau? Jadi kami bertanya kepada Rasulullah (ﷺ), dan beliau bersabda: Tidak apa-apa kalau kalian melakukan tidak melakukan ('azl), karena sampai Hari Kiamat setiap jiwa yang telah ditakdirkan untuk lahir tetap akan lahir.
profile picture
Btw, summon @dispenserr, ada yg mesti diajarin sejarah samawi nih.
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
.soroga.
kaskus addict
@anas7. Ya lu ngambil sumber dengan logical fallacy

Dan malah elu ngatain orang pakai logika sesat. Aneeh ...

HaSatan atau sang musuh memang ada di Tawarikh dan Ayub yang ditulis abad 5 dan 4 sebelum Masehi.

Tapi bukan berarti konsep setan dalam budaya Yahudi baru tercipta di abad tersebut. Logika konyol dan sesat itu namanya.

Karena pada dasarnya inti kitab Yahudi adalah TUHAN dalam sejarah Yahudi. Maka sudah jelas, yang dibahas adalah TUHAN... Bukan si setan.

Hanya karena nama Soekarno baru ditulis pada tahun 1920 an misalnya, bukan berarti Soekarno tidak ada di Indonesia pada tahun 1919.

Di kitab kejadian ada penyebutan ular yang merujuk kepada iblis. Sementara kejadian saja teks tertua yang teridentifikasi adalah 10SM. Jauh lebih tua dari pada interaksi pembuangan nabi Ezra yang menjadi penulis Tawarikh.

Ya silahkan dicari di mana ada ceritanya kota besar di zaman dahulu agamanya bisa mempengaruhi agama di kebudayaan minor yang minoritas penduduk minor tersebut tidak di kota besar tersebut.

Yahudi sebagai minoritas di Babel pada zaman pembuangan. Andaikan pun para minoritas di pembuangan mendapat pengaruh keagamaan, akan sangat sulit mempengaruhi mayoritas Yahudi di kampung halaman.

Yang ada justru minoritas Yahudi entah sebagai musafir atau pedagang, menceritakan agamanya kepada penduduk di Mesopotamia. Menjadi inspirasi terbentuknya kisah kisah baru dalam tatanan Mesopotamia. Karena Mesopotamia adalah pusat dunia saat itu. Orang dari berbagai daerah bisa mampir ke sana.

Contoh Simple ya di Indonesia
Mayoritas nya adalah orang dengan agama tradisionalnya.

Lalu datang pendatang dari Hindu, jadilah terpengaruh Hindu. Bukan pendatang Hindu yang terpengaruh budaya tradisional Indonesia lalu menyebarkannya ke India

Begitu juga kemudian agama Buddha datang, lalu Islam datang ...

Aku ambil contoh lagi
Ada orang Yahudi yang mengadopsi budaya orang Babel , Kanaan, Filistin, ataupun Amon

Apakah mempengaruhi kitab keagamaan Yahudi? Justru pemurnian dalam Yahudi itu kuat. Jika ada hal baru yang bertentangan atau tidak ada dasarnya dari kitab sebelumnya maka akan ditolak dan pemilik kebudayaan bertentangan tersebut akan diperangi

Maka dari itu, Yahudi dimusuhi Ama tetangga sekitarnya karena bersifat ekslusif dan tidak kompromi.
profile picture
@anas7. @.soroga. Yaelah bales panjang2 tapi jaka sembung bawa golok.

Kata setan udah sejak lama ada dalam bahasa ibrani tapi maknanya adalah musuh.

Baru berubah menjadi makhluk ghaib jahat seperti yg dikenal sekarang ini perlahan2 semenjak samawi meresap teologinya zoroastrianisme.

Pada awalnya samawi menganggap segala hal yg jahat, buruk dan baik adalah berasal dari Tuhan.

Tapi kemudian muncul pertanyaan2 kenapa Tuhan yg maha pengasih dan penyayang membiarkan adanya kesengsaraan dan penderitaan di bumi?

Mengapa Tuhan membiarkan bangsa lain menjajah kami? mengapa Tuhan membiarkan harta kami dijarah? Mengapat Tuhan membiarkan saudara kami dibunuh? Mengapa Tuhan membiarkan ketidak adilan terus terjadi?

Semua itu mereka dapatkan jawabannya setelah mereka mempelajari kepercayaan Zoroastrianisme, ketika Persia mengusai Israel.
Dimana dalam kepercayaan tsb segala yg jahat atau buruk tidak berasal dari Tuhan yg baik (Ahura Masda) tapi melainkan dari sosok jahat yg bernama Ahriman atau dikenal juga sbg Angra Mainya.

Barulah sejak saat ini perlahan2 setan maknanya menjadi seperti sekarang.

Kenapa pada teks perjanjian lama yg menghasut Adam utk makan buah terlarang adalah ular.

Lalu belakangan berubah jadi setan?

Ya kurang lebih karena ini.
profile picture
@anas7. @.soroga. @anas7.. positif ada karena adanya negatif
Semua ciptaan Tuhan
Semua harus ada karena Tuhan berkehendak
Yang pasti gw kagak percaya klw kehidupan ada tanpa ada pencipta
Dan kita harus ikhlas (ikhlas kagak ikhlas harus ikhlas😄😂😭) dengan takdir
profile picture
.soroga.
kaskus addict
@anas7. Hasatan maknanya adalah musuh... Itu makna awal.

Ketika berubah menjadi artinya setan, ya bukan berarti sebelumnya tidak ada konsep mengenal setan di Yahudi. Kamu pakai logical fallacy namanya.

Aku kasih contoh...
Pertama
Penggunaan kata setan dalam Alkitab adalah dengan menggunakan kata roh jahat.

Ada di Samuel 16:16
Samuel ditulis jauh lebih tua daripada Tawarikh dan Ayub.

Kedua
Penggunaan kata Diabolos yang arti awalnya adalah penyesat dan pemfitnah sebagai padanan kata setan dalam literatur Kristen.

Bukan berarti ketika diabolos masih dipakai dengan arti penyesat maka tidak ada konsep setan dalam budaya Kekristenan.

Lu kelewatan sih kalau gak paham juga kalau sebenarnya lu yang pakai logical fallacy

. ...

Perjanjian Lama pakai ular karena saat itu setan hadir dalam rupa ular.

Silahkan dibuka lagi literatur kuno yang tidak masuk dalam tanakh.

Di sana banyak bercerita tentang makhluk2 jahat dan ghaib.

Dan sama sekali gak ada hubungannya antara mulai pakai hasatan untuk menyebut iblis dengan Yahudi terinspirasi dari budaya lain.

Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
NfLNfLNfL
kaskus addict
jiaahh dikira pake TOA kali nabi nuh manggil org2.. jelas2 awal mula eropa, asia dll itu dr anak2nya setelah selesai banjir bandang.. disuruh pergi ke arah timur, utara, selatan dan barat... bru tuh jd suku2 ky skrng...bijimane sihhh
profile picture
durexz
Made In Kaskus


Kok tau kalo menjiplak? Kok yakin kalo itu sumber asli? Bukan sebaliknya? Ente agnostik harus meragukan segalanya
profile picture
dispenserr 
kaskus maniac
@.soroga. minoritas yahudi ngajarin agama ke mesopotamia?emoticon-Leh Uga

bangsa yahudi bahkan belum ada disaat org mesopotamia menulis mitologi mereka di lempengan tanah liat dan batuemoticon-Leh Uga

era abraham dan luth bukan era yahudi dan saat itu alkitab belum menyinggung yahudi sm sekali.. dan entitas bangsa "yahudi" dimulai di alkitab dari kisah mereka diperbudak di mesir. abraham adalah "bapak segala bangsa" dan bahkan saat itu mesopotamia sdh mengindikasikan mereka pny mitologi yg menjadi dasar mitologi abraham yahudi dan argonauts yunaniemoticon-Leh Uga
profile picture
dispenserr 
kaskus maniac
[QUOTE=beritapalestina;5a58211f60e24b5e038b4570]legenda,mitologi dan kepercayaan timur tengah jauh dan hubungannya dengan alkitab

"dan aku mengangkat kedua tanganku kepada Tuhan di [surga],dan Tuhan di surga menjawab,memberiku penglihatan dan [berkata kepadaku] ,janganlah takut !,akulah yg membuatmu raja,dan aku akan..."


sepenggalan kalimat diatas apabila disodorkan kepada umat yahudi-kristen dan disuruh menebak dari mana asalnya,maka sebagian besar pasti dengan yakin akan menjawab : dari alkitab perjanjian lama !(tanakh),sepertinya dr kitab raja-raja krn menceritakan tentang raja israel ! bisa dimaklumi krn gaya literatur nya,dan jg konsep nya(tuhan di surga,Tuhan yg memberi penglihatan,Tuhan yg menguatkan sang raja dengan berkata "jangan takut !,akulah...") sangatlah akrab bagi yahudi dan kristen, konsep tersebut adalah formula yg sering digunakan perjanjian lama.Namun... sebenarnya tulisan tersebut bukanlah dr perjanjian lama,bahkan tidak ada kaitan dengan agama yahudi atau kristen,tp penggalan kalimat tersebut berasal dr inskripsi raja Zakar,raja dr Hamat,sekitar wilayah utara asyria, dari 758 sebelum masehi,dan Tuhannya zakar bukanlah yhwh,jehovah atau Allah,tapi dewa baal dan beberapa dewa pagan lainnya.konsep konsep ketuhanan alkitab ,seperti kejayaan/kejatuhan raja yg ditentukan oleh iman nya kepada Tuhan,juga klaim "Tuhan saya lbh kuat dr Tuhanmu" tidak hny ekslusif menjadi ide perjanjian lama alkitab,tapi dipakai luas di penulisan inskripsi kisah raja raja timur tengah.

pada kisah alkitab terkenal tentang nabi elia misalnya,yg menantang kesaktian pendeta pendeta baal(raja -raja 18),kisah tersebut berakhir dengan cerita elia mengalahkan pendeta baal ,kemudian elia menantang raja ahab,raja nya sendiri yg pro baal untuk adu cepat berlari sampai tujuan(sementara ahab naik kereta kuda) yg dimenangkan elia(atas bantuan Tuhan).kenapa lomba lari?apa hubungannya dengan pembuktian "tuhan siapa yg plg benar"? tradisi timur tengah kuno percaya pembuktian raja apakah raja diberkati/tidak oleh Tuhan adalah dengan cara adu cepat berlari atau melempar tombak.Tuhan boleh beda,tp ritual,budaya,tradisi,literatur,dan konsep keTuhanan,bahkan hukum dalam alkitab seringkali mengikuti lingkungan timur tengah sekitarnya,mengenai hukum,ambil contoh hukum alkitab : deutronomy 22:25 ,apabila perempuan diluar kota/pedesaan diperkosa maka ia tidak akan dihukum krn dianggap akan kesulitan minta tolong,tp apabila didalam kota diperkosa/zina ia akan ikut dihukum bersama si laki laki pemerkosa/pezina,hukum ini sama dengan salah satu hukum hittite di timur tengah.

alkitab yg lahir di timur tengah dalam segala hal byk memiliki kemiripan dengan agama timur tengah kuno lainnya,seringkali literatur kuno "pagan" dengan dewa dewa pagan tersebut justru membantu mengkoreksi kosakata dan tafsir makna alkitab/tanakh,inilah mengapa dunia timur tengah kuno begitu penting bagi teolog yahudi dan kristen utk memahami kitab suci nya sendiri.sudah sewajarnya memang,krn alkitab ditulis disana,dengan setting panggung disana,waktu saat itu,budaya,hukum,kehidupan sosial saat itu,dan jg bersinggungan dengan agama dan bangsa disekitarnya saat itu,yg memang ditulis utk dipahami pembaca saat itu.

however,fokus ts di thread ini bukanlah membahas budaya,hukum,sosial atau kesenian literatur ANE(ancient near east),tapi fokus ts kepada motif mitologi mitologi "pagan" tersebut yg "mempercerah" /menambah alternatif pemahaman cerita cerita alkitab perjanjian lama yg kadangkala rumit dan membingungkan(to be fair,sampai detik ini msh byk bagian alkitab yg dihindari pembahasannya oleh ahli agama kristen dan yahudi seperti kitab pengkotbah,daniel,ezekiel, atau revelation/wahyu,dll krn multitafsir dan belum ada kata sepakat diantara teolog sendiri),seperti makna simbol,kosakata,metafora,dan makna cerita yg muncul dalam alkitab perjanjian lama yg membingungkan/multitafsir dan justru bisa dijelaskan oleh mitologi ancient near east,sekaligus sebagai informasi krn byk yg penasaran"dimana sih kemiripannya" antara agama pagan timur tengah dengan alkitab.membaca kisah mitologi timur tengah jauh,terutama mesopotamia,seperti membaca seluruh kisah alkitab perjanjian lama dalam versi polytheis.mengapa hal ini bisa terjadi? krn agama israel kuno bukanlah sistem keagamaan yg konsisten dan beku,justru sebaliknya iman dan dogma nya berkembang setelah melalui pergumulan tantangan dan masalah dalam sejarah bangsa mereka.kita patut mengingat bahwa bangsa israel adalah bangsa muda dibanding tetangga2 mereka.mesir,babylonia(babel),finisia,kanaan,semua lbh tua setidaknya 1000 tahun dibanding israel.bahkan israel termasuk suku suku bangsa terakhir yg keluar dari gurun sinai-arabia.ketika nenek moyang israel masih semi nomaden,dinasty ke-18 sedang berdaulat di mesir,sedangkan kebudayaan babel sedang maju pesat2nya ,bahkan kebudayaan israel pun tertinggal dari kanaan,yg msh termasuk bangsa yg relatif muda.fakta fakta bahwa kebudayaan(termasuk agama adalah bagian dari budaya) dari bangsa yg lbh tinggi ditiru oleh bangsa yg kebudayaannya lbh rendah adalah hal yg tidak perlu diperdebatkan lagi,ada byk bukti mengenai hal ini,bagaimana yunani membentuk mitologi versinya sendiri dari mitologi mesopotamia,bagimana org org armenia meminjam mitologi zoroaster dan mesopotamia utk membentuk mitologinya sendiri seperti yg terlihat di teks ugarit kanaan dan al-armana mesir.bagaimana kisah2 keagamaan tersebut sebenarnya adalah kisah dengan kerangka cerita dan elemen yg serupa-tak sama memiliki berbagai versi,disesuaikan dengan kebutuhan bangsa masing masing.bagaimana dewa zeus yunanisebenarnya tersebar luas ,tersamarkan dan disembah di dunia timur tengah,tidak hny sebatas yunani,begitu jg dewi ishtar mesopotamia yg menyebar sampai ke yunani menjadi aprhodite,ke kanaan menjadi astharte & asherah,baal hadad di kanaan dengan adad di mesopotamia,ketika islam mengenal nabi idris,begitu jg org org sabean telah mengenalnya jauh sebelum nabi muhammad lahir kedunia,dimana di yunani dikenal sebagai dewa hermes, dan seterusnya.bagimana El/yhwh/god? tidak ada bedanya dengan kasus diatas..alkitab pun sdh menulis pada kitab kejadian 14:18-19 :


Melkisedek, raja Salem, membawa roti dan anggur; ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.Lalu ia memberkati Abram(abraham), katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi, Pencipta langit dan bumi


abraham yg baru keluar dari ur (mesopotamia) yg sedang dilanda kekacauan.bahwa disaat bangsa israel belum ada,disaat abraham baru dijanjikan akan tanah perjanjian dan keturunannya yg akan memenuhi isi bumi,ternyata melkisedek dan rakyatnya dari salim(kota jerusalem) telah menyembah el-elyion(allah).tp el yg seperti apa? yhwh yg monotheis ? atau el yg saat itu disembah scr polytheis sebagai ayah dari 70 dewa? prof.christine hayes dari yale university menguraikan sebagian kisah alkitab ,dalam topik ini "kitab kejadian 1-11 dan epos babylonia"

[youtube]2241&v=ANUD8IK12ms[/youtube]

tidak hny terbatas pada genesis/kejadian 1-11 sebenarnya,TS jg menemukan dan merangkum persamaan lain antara alkitab=epic mesopotamia sebagai berikut :

mitologi mesopotamia :sumeria,akkadia,babylonia,dan asyria





*family tree dewa mesopotamia diatas tidak mengikat krn berubah seiring periode waktu,baik keturunan dewa dan kota patron deity nya




Ancient Near East texts/ANE sebagai pembantu memahami perjanjian lama/torah

dua versi terjemahan : pseudoscience dan ilmiah

pan-babylonism

ringkasan enuma elish

kosmologi alkitab dan timur tengah jauh

antara dewa petir, monster laut,dan penciptaan dunia

seven heavens : surga versi sumeria

mitos adapa/adapa dan makanan kehidupan > komparasi dengan adam yg kehilangan keabadian

epic of gilgamesh > komparasi dengan banjir nuh

nasihat siduri + beberapa bait puisi epic of gilgamesh lainnya >ecclesiastes

sumerian seven : tujuh dewa utama sumeria

mitologi enki dan ninhursagh > komparasi dengan taman eden dan buah terlarang

innana memilih petani > kisah kain dan habel versi mesopotamia

pohon huluppu > komparasi dengan lilith dalam mitologi yahudi

ramalan marduk dan cyrus cylinder

bahrain > dilmun

epos erra/ erra dan ishum > komparasi dengan ramalan ezekiel

cuthean legend of naram-sin > gog dan magog(ezekiel 38-40)

gudea cylinder(dream of gudea) > komparasi dengan mimpi ezekiel utk membangun kuil(ezekiel 40)

asherah istri yhwh

lament utk ur> penglihatan ezekiel


innana turun ke dunia akhirat > yesus


enmerkar dan raja aratta > menara babel

ninurta+enmerkar > nimrod

list raja sumeria > generasi adam sampai nuh

lagu/puisi cinta innana-dumuzid > song of songs(lagu solomo)

instruksi shuruppak > 10 perintah allah

himne utk enlil > psalms,isaiah,jeremiah,yohanes

lamasu > cherubim dan tetramoph

jimat innana > hamsa


Resh Shattim > rosh hashanah


shapattu > hari sabat

apkallu > nephilim

burung anzu > ziz zaday

Dialogue of Pessimism > job + ecclesiastes

sargon dan motif bayi dikeranjang lainnya > bayi musa + Yusuf

eksodus musa


antara ludlul ben nemeqi,urad gula,job dan daniel

mitologi kota ikan dan manusia ikan syria > Yunus

samson : "apa yg lbh manis dari madu? dan apa yg lbh kuat dari singa?"

Enmeduranna/enmerduranki > enoch

Kejatuhan manusia,ular dan perempuan

pengadilan salomo

Rahasia dewa untuk manusia

tujuh,delapan,sepuluh, dan banjir

enuma elish sebagai awal dan akhir

domba yg tersangkut disemak semak > abraham mengorbankan ishak

Gilgamesh and Ecclesiastes(2)

anraham part-1

abraham part-2

abraham part-3









mitologi ugarit :



*mitologi ugarit berbeda dibanding mitologi mesopotamia baik dr sisi cerita maupun tokoh tokohnya,meski kadang ada mengadopsi sebagian dewa dewi mesopotamia,pada mitologi ugarit tokoh utamanya adalah dewa el,yhwh,dan baal,sementara mitologi mesopotamia menempatkan asherah,enki,dan enlil sebagai tokoh utamanya

ugarit sendiri tidak sepenting mesopotamia dari sisi politik dan ekonomi,namun menjadi jalur penghubung penting antara mesir-hittite-mesopotamia,sayangnya hanya sangat sedikit mitologi ugarit yg berhasil ditemukan,hny ada 5 mitologi ugarit yg berhasil ditemukan di bekas reruntuhan ras shamra,4 diantaranya memiliki pattern yg menyerupai cerita alkitab



ugarit culture and bible

legenda keret/epos keret > job + joshua

shachar dan salim > genesis 6

siklus baal > psalm

epos aqhat > nyanyian deborah(hakim-hakim 4-5)




dunia mesir kuno:




instruksi amenemope > book of proverbs

tale of two brothers > joseph ( genesis )

legenda sinuhe > musa kabur ke midian

himne utk aten > psalms 104

papyrus ipuwer > 10 hukuman tuhan kepada mesir

mitologi matahari dan malam > samson dan delilah



here we go... kalau kalian jeli dan raji mau cek satu persatu sdh jelas bahwa mitologi pagan(yg jd pembanding kisah alkitab) ditulis jauh lbh tua dr pd alkitab itu sendiri(500 an SM keatas menurut akademisi alkitab) meski alkitab mengklaim "konon ribuan tahun lalu" tp angka tahunnya pun ternyata dicocok2in sm setting waktu mitologi pagan. jd posisi mn yg lbh kuat senagai pengklaim pengarang mitologinya? tentu saja pagan kanaan,mesir dan mesopotamia..krn mereka duluan yg nulis saat itu.sementara yahudi bru nulis ribuan tahun blkg an.

yahudi kenal mitologi2 tersebut saat mereka dibuang di babylonia..dan kemudian mereka mengkomplikasikan tanakh disana
profile picture
karyanakbangs4
kaskus maniac
@anas7.. kalau urusan tafsir, ilmu hadits, ataupun sejarah nabi saya kurang paham, saya bukan ahlinya. akan tetapi kalau memilih agnostik hanya gara gara merasa semua Tuhan gak adil, Tuhan baper, Tuhan kejam, Tuhan jumlahnya banyak, Tuhan ini dan itu. Justru alasan itu yang gak logis.

tentang mengambil sumber ilmu dari internet, apakah anda lupa bahwa informasi di internet tidak sepenuhnya layak dijadikan sumber. sedangkan anda pun tidak memiliki filter untuk memilah milah mana yang sumber yang benar dan mana sumber yang salah. anda juga tidak punya ilmu alat untuk mempelajari ilmu ilmu yang lebih dalam. ibaratnya tidak paham matematika tapi ngotot belajar fisika, ya pasti banyak salah pahamnya.

lalu kenapa gw pilih Islam sebagai agama gw sampai sekarang?
pertama, karena gw gak merasa sotoy untuk murtad, sebelum mempelajarinya lebih dalam. banyak hal yang belum diketahui, bahkan ilmu ilmu bahasa arab, kaidah tafsir, kaidah fikh masih miskin saja kok bisa bisanya sotoy terlalu cepat menarik kesimpulan untuk murtad, hanya gara2 artikel artikel yg gak jelas bertebaran di internet.
kedua, karena di dalam Islam, mulai menemukan banyak keajaiban yang mustahil jika Nabi Muhammad itu pengarang ajaran Islam. Dia seorang yang gak bisa baca, gak bisa tulis, gak paham ilmu fisika, kedokteran, dan ilmu2 dunia lainnya, tapi muncul ayat ayat tentang fenomena alam semesta, hadist tentang pola hidup. Kabar2 tentang masa depan yang sebagian betul2 terjadi.
ketiga, katakanlah agama samawi itu hoax sebagaimana mitologi yunani, namun kenapa agama samawi bisa tersebar dan menjadi keyakinan terbanyak penduduk dunia hingga sekarang?
profile picture
@NfLNfLNfL Kapan itu semua terjadi dan mana buktinya kalau pernah terjadi banjir bandang yg menimpa seluruh bumi?

Kalaupun memang pernah ada, tetap saja mitologi Mesopotamia jauh lebih masuk logikanya ketimbang versi kisah Nuh, kalau mau nyocok2in peristiwa tsb dengan cerita2 ghaib.
profile picture
@durexz Gw agnostik mengenai keberadaan Tuhan, ada berapa dia, dan siapa dia, bagaimana dia menciptkan alam semesta, dll.
Karena gw belum pernah ngelihat itu semua.
Begitupula ente.

Bukan agnostik mengenai cara masak telor ceplok atau agnostik mengenai cara ngerebus air, dll.

Btw coba ente baca penjelasan agan Dispenserr diatas.
profile picture
@pilotugal2an541 Tolong dijawab

Apakah anak yg dihamili oleh bapak kandungnya ini juga adalah takdir Tuhan?

Muhammad Hamili Anaknya Hingga Melahirkan, Ditangkap Saat Hendak Kabur ke Malaysia
https://www.tribunnews.com/regional/...ur-ke-malaysia

Apakah juga takdir Tuhan, anak2 dan perempuan2 kafir berikut diculik, dibagi2kan, serta diperjual belikan oleh Nabi Muhammad?

Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam - Hal. 524
https://books.google.com/books?id=sB...page&q&f=false


===========================

dan dijadikan pemuas hawa nafsu beliau dan sahabat2nya?

  • Sahih Muslim 1438 a
    https://sunnah.com/muslim:1438a

    وَحَدثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيوبَ، وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، وَعَلِي بْنُ حُجْرٍ، قَالُوا حَدثَنَا إِسْمَاعِيلُ، بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِي رَبِيعَةُ، عَنْ مُحَمدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبانَ، عَنِ ابْنِ مُحَيْرِيزٍ، أَنهُ قَالَ دَخَلْتُ أَنَا وَأَبُو صِرْمَةَ عَلَى أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِي فَسَأَلَهُ أَبُو صِرْمَةَ فَقَالَ يَا أَبَا سَعِيدٍ هَلْ سَمِعْتَ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَذْكُرُ الْعَزْلَ فَقَالَ نَعَمْ غَزَوْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه وسلم غَزْوَةَ بَلْمُصْطَلِقِ فَسَبَيْنَا كَرَائِمَ الْعَرَبِ فَطَالَتْ عَلَيْنَا الْعُزْبَةُ وَرَغِبْنَا فِي الْفِدَاءِ فَأَرَدْنَا أَنْ نَسْتَمْتِعَ وَنَعْزِلَ فَقُلْنَا نَفْعَلُ وَرَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم بَيْنَ أَظْهُرِنَا لاَ نَسْأَلُهُ ‏.‏ فَسَأَلْنَا رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ ‏ "‏ لاَ عَلَيْكُمْ أَنْ لاَ تَفْعَلُوا مَا كَتَبَ اللهُ خَلْقَ نَسَمَةٍ هِيَ كَائِنَةٌ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ إِلا سَتَكُونُ ‏"‏ ‏.
    "Abu Sirma berkata pada Abu Sa'id Al Khadri (Radiyallahu Anhu) : Wahai Abu Sa'id, pernahkah engkau mendengar sabda Rasulullah (ﷺ) mengenai al-'azl? Dirinya menjawab: Iya, dan menjelaskan: Kami pergi bersama Rasulullah (ﷺ) dalam ekspedisi ke Bi'l-Mustaliq dan menawan beberapa perempuan Arab cantik; dan kami bergairah terhadap mereka, karena kami menderita dari ketidakhadiran istri-istri kami, (tapi pada saat yang sama) kami juga menginginkan uang tebusan untuk mereka. Jadi kami berkeputusan untuk menyetubuhi mereka tapi dengan melakukan 'azl (mencabut penis dari vagina sebelum keluarnya air mani untuk mencegah kehamilan). Tapi kami berkata: Kita melakukan ini ketika Rasulullah bersama kita; mengapa tidak tanya beliau? Jadi kami bertanya kepada Rasulullah (ﷺ), dan beliau bersabda: Tidak apa-apa kalau kalian melakukan tidak melakukan ('azl), karena sampai Hari Kiamat setiap jiwa yang telah ditakdirkan untuk lahir tetap akan lahir.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 48 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di