CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Mulut Tetap Segar Tanpa Bau Selama Berpuasa!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60753fe5c1045177eb1c1042/mulut-tetap-segar-tanpa-bau-selama-berpuasa

Mulut Tetap Segar Tanpa Bau Selama Berpuasa!



Selamat berpuasa untuk Agan dan Sista yang menjalankannya!

Tak terasa kita sudah memasuki Bulan Ramadhan, GanSis. Artinya, mulai hari ini, selama satu bulan ke depan, kita akan sama-sama melaksanakan ibadah puasa. Selama di bulan yang penuh berkah ini, segala amal ibadah yang kita lakukan mendapat pahala yang dilipatgandakan, mulai dari shalat wajib, shalat sunnah, tadarus, bersedekah, hingga melakukan hal-hal baik lainnya. Bahkan, tidur pun termasuk ibadah dan mendapatkan pahala loh. Tapi ada baiknya jangan tidur seharian ya, lebih baik perbanyak ibadah.

Yap! Segala hal baik yang kita lakukan di bulan Ramadhan akan mendapatkan berkah, sehingga kita merasa segalanya akan terasa menyenangkan. Tapi jangan salah, saat berpuasa juga ada masalah yang kerap ditemui loh. Permasalahan itu adalah aroma tidak sedap allias bau mulut dari mulut orang yang berpuasa.

Meskipun ada hadist yang mengatakan “Demi Zat yang berkuasa atas nyawaku, sungguh bau mulut orang puasa itu lebih wangi menurut Allah daripada bau misik.” Tapi bukan berarti kamu ga perlu membersihkan mulutmu dan membiarkannya megeluarkan aroma yang tidak sedap ya.

Nah, supaya mulutmu terasa lebih segar dan tidak berbau, yuk lakukan hal-hal berikut ini!



Menyikat Gigi



Hal utama yang harus kalian lakukan untuk menghindari aroma tidak sedap yang keluar dari mulutmu adalah dengan menyikat gigi. Jadi, setelah Agan dan Sista selesai melaksanakan sahur, kalian jangan langsung tidur lagi ya. Kalian harus langsung menyikat gigimu dengan bersih secara menyeluruh sampai ke sela-sela gigimu. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang ada pada mulutmu setelah kamu sahur, sehiingga tak ada sisa makanan yang tersisa yag menjadi tempat bakteri berkembang biak. Eitss, jangan hanya dilakukan setelah sahur saja ya, sebelum tidur di malam hari juga ada baiknya kamu menyikat gigimu.


Membersihkan Lidah



Membersihkan mulut bukan berarti hanya menyikat gigi saja ya. Ada baiknya kamu juga membersihkan lidahmu setelah menyikat gigi. Kenapa harus membersihkan lidah? Soalnya, lidah juga merupakan sarang bakteri yang bisa membuat aroma mulutmu menjadi tidak sedap.


Menggunakan Obat Kumur



Nah, supaya membersihkan mulutmu semakin sempurna, kalian juga bisa menggunakan obat kumur setelah selesai menyikat gigi dan membersihkan lidah. Yap! Sikat gigi dan membersihkan lidah saja tidak cukup GanSis, pasalnya ada area-area dalam mulut yang pasti belum terjangkau. Jadi, biar seluruh area mulutmu bersih samai ke sela-sela terkecil, kamu wajib banget menggunakan obat kumur. Untuk obat kumurnya kamu bisa memilih obat kumur yang menyegarkan napas ya. Tapi kamu ga wajib membeli obat kumur yang dijual di pasaran kok, kamu juga bisa menggunakan air garam, cuka apel, atau soda kue sebagai obat kumur, karena semuanya berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada di mulut.


Minum Air Putih yang Cukup



Yap! Minum air putih berfungsi untuk menjaga asupan mineral dan lembab sehingga terbebas dari aroma mulut yang bau dan tidak sedap. Tapi kondisi saat ini yang mengharuskan kita berpuasa tidak membolehkan kita untuk minum di siag hari. Nah, untuk megatasi asupan air biar tetap terjaga, kamu harus minum air puluh yang cukup selama waktu buka puasa hingga sahur. Hal ini membuat asupan mineralmu tetap terjaga sehingga dapat meningkatkan produksi air liurmu dan mencegah bakteri berkembang di dalam mulutmu.


Perhatikan Makanan yang Kamu Konsumsi



Kamu tau ga sih, ternyata makanan yang kamu makan saat sahur dan buka puasa juga berpengaruh terhadap aroma mulutmu. Oleh karena itu ada baiknya kamu meghindari makan makanan yag memiliki bau menyengat seperti jengkol, bawang putih dan bawang bombay. Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih karena nantinya sisa gula dalam mulutmu bisa mempercepat pertumbuhan bakteri dalam mulut yang membuat mulutmu menjadi bau. Nah, alangkah lebih baiknya kalau makan makanan sehat seperti buah dan juga sayuran yang mengandung banyak air.



Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat mulutmu tetap segar dan tidak berbau, GanSis!

Semoga puasanya lancar dan berkah ya!
#RamadhanBerkah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tantarareview dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
sikat gigi sama pake obat kumur udah paling mantep lah emoticon-Ngakak apalagi kalo mau keluar ketemu orang, wajib pake obat kumur. tp sekarang lagi wajib pake masker sih emoticon-Hammer2
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
profile picture
obat kumur yang bagus apa yaaa gaan
profile picture
dhinyzfrn
kaskus maniac
@citrachoirunisa ane pakai listerine yang ungu gan. itu gak begitu strong. atau yang ijo jg enak
profile picture
@dhinyzfrn iyaaa emang yang listerine tuh ga terlalu strong yaaa. ane coba pake betadine gan baru beli wkwkwkwk rasanya ah mantab wkwk. tiap2 kumur jadi enekkk sampe pengen muntah.. ga kuat lama ane kumur2nya
profile picture
dhinyzfrn
kaskus maniac
@citrachoirunisa wah ampe segitunya ya emoticon-Ngakak ane gapernah pake betadine sih. yang pepsodent aja ane gak doyan. enakan listerine ungu ijo
profile picture
@dhinyzfrn wkwkw iya emang listerine paling enak sihh menurut ane.. rasa mint nya yang enak ya
profile picture
dhinyzfrn
kaskus maniac
@citrachoirunisa betul. nggak se strong yang lain. kecuali listerine yang apatuh ya.. yang biru. strong bener
profile picture
@dhinyzfrn iyaaa gan. kalo ga salah ada yang siwak ya?
profile picture
dhinyzfrn
kaskus maniac
@citrachoirunisa ada juga yang siwak. ane pernah cobain tapi gak doyan wakaka aneh after tastenya
profile picture
@dhinyzfrn wkakakak ane blm pernah cobaaakkk
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 9 dari 9 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di