CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Ngantuk Setelah Sahur? Eitss, Jangan Tidur Ya! Bahaya Loh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6077c1141a200732a8039a0b/ngantuk-setelah-sahur-eitss-jangan-tidur-ya-bahaya-loh

Ngantuk Setelah Sahur? Eitss, Jangan Tidur Ya! Bahaya Loh!



Agan Sista! Kalian tipe orang yang pasti bangun sahur untuk berpuasa atau tipe orang yang tidak bangun sahur karena sudah makan di malam hari?

Selama Bulan Ramadhan ini, sebagian besar Agan dan Sista pasti akan bangun saat dini hari untuk melaksanakan sahur kan? Meskipun puasa tanpa sahur hukumnya sah-sah saja karena tidak ada dalil yang mewajibkan untuk sahur, tapi ada baiknya kamu tetap bangun untuk melaksanakan sahur ya. Bahkan, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air," (HR Ibnu Hibban).

Jujur deh, bangun dini hari untuk melaksanakan sahur pasti sedikit sulit kan? Rasanya pasti berat dan ngantuk banget, apalagi untuk kalian yang tidurnya di atas jam 12. Tapi demi puasa yang kuat dan lancar, orang-orang pun rela bangun dini hari untuk melaksanakan sahur. Tentunya sebagian besar orang akan langsung tidur kembali setelah sahur dan shalat subuh karena rasa kantuknya.

Tapi kalian tau ga sih, ternyata tidur setelah makan sahur justru berbahaya untuk kesehatanmu loh!



Asam Lambung



Kalian tau ga sih, ternyata tidur setelah sahur bisa meningkatkan asam lambung loh. Makanan yang masuk ke tubuh kita memang akan membuat asam lambung meningkat, tapi jika makanan terproses sempurna maka tak akan ada masalah. Nah, kalau kamu tidur setelah sahur, maka akan membuat makanan tidak terproses dan tergiling secara sempurna, sehingga asam lambung bisa mengiritasi dinding lambungmu dan menyebabkan timbulnya rasa sakit di sekitar ulu hati atau perut kiri bagian atas dan sensasi panas di dada.


GERD



Penderita GERD memang dianjurkan untuk berpuasa, tapi kalau abis sahur langsung tidur justru bisa meningkatkan resiko terkena GERD. Pasalnya, tidur setelah sahur akan membuat isi lambungmu mengalami refluks / naik ke esofagus. Posisi tidur lah yang membuat makanan yang belum tercerna dengan sempurna tersebut naik kembali ke kerongkongan. Hal ini terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak tertutup sempurna. Nah, jika kamu tetap bandel tidur setelah sahur, jangan heran kalau kamu merasa tenggorokan mengganjal, mual, dan heartburn (nyeri dada seperti terbakar).


Sembelit



Kondisi perut yang kenyang jika dibiarkan langsung tidur bisa mengganggu sistem pencernaanmu loh. Yap! Hal ini membuat perutmu yang seharusnya membutuhkan waktu 2 jam untuk melakukan pengosongan lambung menjadi terhambat, sehingga memicu dirimu mengalami sembelit.


Serangan Jantung



Tak hanya mengganggu sistem pencernaan saja, ternyata tidur setelah sahur juga bisa meningkatkan kamu mengalami serangan jantung loh. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang tidur setelah makan akan mengalami peningkatan tekanan darah yang beresiko membuat kamu terkena serangan jantung.


Stroke



Saat kita sedang tidur, aliran darah ke otak harus terjaga sesuai kebutuhannya, GanSis. Nah, kalau kamu tidur setelah sahur, maka lambung yang bekerja saat tidur. Hal ini akan membuat suplai aliran darah menjadi terbagi dan kalau aliran darah ke otak mengalami kekurangan, otak kamu bisa kekurangan oksigen sehingga memicu stroke.



Jadi, itu dia beberapa alasan bahaya tidur setelah sahur. Nah, dari pada langsung tidur mending isi waktumu dengan perbanyak ibadah seperti tadarusan, biar Ramadhanmu semain berkah!

#RamadhanBerkah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 35 lainnya memberi reputasi
Nice info
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di