CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Colek Jokowi, Sandi Damkar 'Pembongkar Korupsi' Diminta Datang ke KSP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6075ccd59ecf7e26c56de909/colek-jokowi-sandi-damkar-pembongkar-korupsi-diminta-datang-ke-ksp

Colek Jokowi, Sandi Damkar 'Pembongkar Korupsi' Diminta Datang ke KSP

Jakarta - Petugas pemadam kebakaran (damkar) Kota Depok, Sandi, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan untuk menindak kasus dugaan korupsi di Damkar Depok. Sandi kini diminta datang ke Kantor Staf Presiden (KSP).

"Suruh dia untuk secepat mungkin siapkan data-data yang kuat, kemudian saya tunggu di kantor KSP, caranya seperti itu. Supaya nanti begini kan, apa pun alasannya, kalau dia benar-benar baik, dia benar-benar punya data yang kuat, dia benar-benar bisa menunjukkan fakta-fakta dengan dokumen-dokumen yang tidak diragukan tingkat kebenarannya, supaya nanti dia tidak usah takut. Saya akan backup dia, percaya itu," Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi, Selasa (13/4/2021).
Ngabalin meminta Sandi menyiapkan dokumen lengkap terkait dugaan korupsi di Damkar Depok. Ngabalin berharap bisa bertemu pada pekan ini.

"Pokoknya apa yang dia mau untuk mengungkapkan kebenaran dalam rangka penegakan kasus bersih-bersih instansi, suasana kerja setingkat apa pun saya minta resmi, suruh tolong ke KSP," ujar Ngabalin.

Ngabalin mengatakan perlu bertemu langsung agar mengetahui secara jelas duduk perkara dugaan tindak pidana korupsi itu. Jika memang benar, nantinya masalah itu akan disampaikan kepada pihak terkait.

"Dia harus bicara baik-baik, kemudian nanti apa dia mau, di mana dia dirugikan. Kalau sampai dia diminta dimundurkan, nanti kita proses, nanti kita bicarakan supaya Gubernur Jabar atau Mendagri atau, kalau di ASN, kita cari supaya dia tidak boleh kena dampak masalah dan yang akan dia sampaikan," ujar Ngabalin.

Sebelumnya, Sandi membongkar dugaan korupsi itu dengan melakukan aksi protes di Balai Kota Depok beberapa waktu lalu dan viral di media sosial. Dalam aksi itu, Sandi membawa poster bertulisan 'Bapak Kemendagri tolong, untuk tindak tegas pejabat di dinas pemadam kebakaran Depok. Kita dituntut kerja 100 persen, tapi peralatan di lapangan pembeliannya tidak 10 persen, banyak digelapkan!!!'.

Sandi juga membawa poster yang bertulisan 'Pak Presiden Jokowi tolong usut tindak pidana korupsi Dinas Pemadaman Kebakaran Depok #StopKorupsiDamkar'

Salah satu dugaan korupsi yang diungkap Sandi ialah pengadaan sepatu pada 2018. Menurut Sandi, sepatu yang diterima oleh dirinya dan rekan kerja ini tidak sesuai dengan spesifikasi.

Sandi juga mengungkap adanya pemotongan terkait insentif mitigasi dan penyemprotan disinfektan. Seharusnya, setiap petugas mendapatkan insentif Rp 1,7 juta, tapi yang diterima hanya Rp 850 ribu.

Sandi mengaku menerima ancaman berupa desakan untuk mengundurkan diri hingga diberi surat peringatan (SP) oleh atasannya usai aksinya itu. Pihak damkar telah menepis tudingan Sandi.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar Depok Gandara membantah dugaan tersebut. Dia menyatakan perlengkapan Damkar sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Tidak benar apa yang disampaikan. Perlengkapan sesuai dengan aturan," ujar Gandara saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (12/4).

Gandara mengklarifikasi soal pemotongan insentif yang juga disoal oleh Sandi. Menurutnya, insentif dipotong untuk BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

"Penjelasan dari bidang yang menangani, sebetulnya potongan itu buat BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan yang menjadi kewajiban anggota dan potongan tidak sebesar itu. Teknisnya bisa tanya ke bidang," imbuhnya.
https://news.detik.com/berita/d-5530...m_content=news


jadi panjang urusannya....emoticon-Ngakak

Tuk bung gandara....sediakan parasetamol karna bakal panas dingin tubuh enteemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gabener.edan
Quote:

Kok malah minta data2nya ke belio? emoticon-Mad

Kalian yang seharusnya ngumpulin data2nya, belio itu pekerja lapangan, mana punya data2 sama dokumen2? emoticon-Mad























































emoticon-Mad (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bastian.dade07 dan 34 lainnya memberi reputasi
profile picture
Ane juga berpikir seperti ini. Ygdibawah mau lapor pake data apaan kalo kerjaannya dilapangan
profile picture
bang.rojack
kaskus maniac


Di negara ini ente kalau ngomong korupsi harus ada data, jgn asal jeplak.
profile picture
localsecurity
kaskus addict
Dokumen yg dimaksud cuma sebatas foto sama hitung hitungan kebutuhan sepatu dll, ga mungkin lah petugas lapangan diminta dokumen pengadaan
Orang ksp juga pake logika kok
profile picture
zimbenk
kaskus addict
setuju, mending langsung audit lapangan saja. Tinggal cek/bandingkan peralatan yg ada dgn daftar standar minimal keselamatan. Kalau tiba2 ada peralatan baru yg nongol juga perlu dicurigai emoticon-Big Grin
profile picture
lunar1980
kaskus maniac
Kalau tidak salah, pengadaan beginian ada semacam dirjen pengawas nya kan?
profile picture
SuniC
kaskus maniac
Paling ga data sederhana aja, dia tau ada korupsi darimana, info dari WAG? atau dia tau peralatan yang masuk ga 100% liat dari surat jalan?
data sederhana dari situ aja cukup koq, kalau tanpa data jutaan orang di sosmed teriak korupsi tanpa kejelasan apa yang dikorupsi siapa yang korup
profile picture
jfun790
kaskus maniac
sbenarnya 2 alat bukti udah cukup untuk pelaporan, tinggal nanti dari pihak berwenang yang kembangin,
2 alat bukti adalah
1. harga yang tampil di pengadaan
2. uji materil sepatu yang tidak sesuai misal foto alas sepatu tanpa besi..

si ali tolol juga sih, kebiasaan bacot gede jadi gak bisa nyesuain keadaan..
profile picture
dimasew
kaskus addict
@SuniC yoi gan, cukup itu.
Klo dh bs bawa dokumen macem2 mah beda kewenangan, pelapor ga akan bs mencapai titik itu, hanya petugas berwenang saja yg bisa
profile picture
deravengers
kaskus addict
Pertanyaanya kemana KPK? si Sandi tau g pilih lapor ke KPK karena KPK isinya kadrun semua ya bakal bela PKsHit
profile picture
Kenapa gak KSP langsung melakukan audit menyeluruh aja ke damkar terkait? data2 semua hrsnya lengkap
profile picture
rp.1000000
kaskus geek
@SuniC
Udah dijelasin apa aja yang diduga dikorupsi, seperti pemotongan insentif sama pengadaan sepatu.

Kalau niat berantas korupsi, tinggal instruksikan ke polri atau ke kpk sekalian untuk dilakukan penyelidikan, bukannya malah disuruh "menunjukkan fakta-fakta dengan dokumen-dokumen yang tidak diragukan tingkat kebenarannya" emoticon-Nohope

Kalau ketemu indikasi kuat, saksi harus segera dilindungi, bukannya disuruh ngumpulin ini itu yang gak masuk akal emoticon-Nohope































































emoticon-Cape d...
profile picture
GehuRisol
kaskus addict
mental pejabat kolot ya gitu, dapat gaji dari rakyat tapi kerjaannya minta dilayani. Punya kekuasaan tapi minta pegawai itu sendiri yg kumpulin data, padahal bisa mencocokan jumlah anggaran dan barang yg sudah dibeli sesuai atau tidak.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 12 dari 12 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di