CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mengenal Mitsubishi FE 84G BC, Sasis Bus Medium Terlaris Yang Ada Bunyi Turbonya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6072e62e780b742cd96aa5b0/mengenal-mitsubishi-fe-84g-bc-sasis-bus-medium-terlaris-yang-ada-bunyi-turbonya

Mengenal Mitsubishi FE 84G BC, Sasis Bus Medium Terlaris Yang Ada Bunyi Turbonya!

Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Mitsubishi Canter FE 84G BC, yang menjadi sasis bus medium terlaris dengan suara turbo "ngir-ngir" yang khas.


Sebuah bus medium, ketika lewat ada bunyi "ngir-ngir" dari turbo, dan berlogo Mitsubishi? Itu pasti adalah Mitsubishi Canter FE 84G BC. Canter FE 84G BC memang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat, busmania dan pengusaha bus, karena sudah sangat sering dipakai oleh bus-bus medium yang melayani trayek AKDP.

Sebenarnya, Mitsubishi Canter FE 84G BC yang sudah diluncurkan sejak 8-12 tahun lalu ini merupakan sasis bus berbasis sasis truk. Canter FE 84G BC berbasis sasis truk Mitsubishi Canter HD+L 136PS, dengan beberapa ubahan.


Tentu, sebagai sasis bus berbasis sasis truk, Mitsubishi Canter FE 84G BC memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan versi truk dari sasis bus ini, yaitu Mitsubishi Canter HD+L 136PS. Spesifikasi dari Mitsubishi Canter FE 84G BC adalah:

- Mesin 4D34-2AT7 Euro 2 Diesel 4 silinder inline 3.908cc turbo intercooler dengan tenaga maksimal 136PS dan torsi maksimal 382nm, posisi ada di depan.
- Dimensi panjang 6,98 meter, lebar 2,035 meter (akan lebih lebar nantinya jika ditambah body), wheelbase 3,85 meter dengan power steering.
- Transmisi manual 5 percepatan M035S5 dengan 1 gigi mundur, final gear ratio 5,714.
- Suspensi leaf spring dengan stabilizer dan shock absorber, G.V.W 8 ton.
- Tangki solar 100 liter.
- Ban 7.50 16-14PR 16 inci.
- Kapasitas maksimal 31 penumpang.
- Jenis sasis ladder frame standar.


Sebagai sasis bus medium dengan jenis sasis ladder frame dan bersuspensi leaf spring, Mitsubishi Canter FE 84G BC ini bisa dipasangkan ke body bus medium saja. Misalnya Tourista dari karoseri Laksana, Jetbus dari karoseri Adiputro, Tourismo dari karoseri Morodadi Prima, dan lain-lain.

Standar emisi dari Mitsubishi Canter FE 84G BC ini adalah Euro 2. Sayangnya belum Euro 3 seperti kompetitornya. Tetapi, standar emisi tersebut memiliki keunggulan, dimana FE 84G BC masih sangat cocok dengan solar bersubsidi di negara kita yang memang berkualitas kurang, walau memang tak sehijau kompetitornya.


Untuk teknologi dari FE 84G BC ini, sebenarnya standar saja. Tak ada yang terlalu mencolok dari FE 84G BC, sementara setir dan speedometer serta transmisi masih sama seperti Mitsubishi Canter.

Mesin dari FE 84G BC ini tak mengadopsi teknologi commonrail dan teknologi canggih lainnya, hanya saja mesinnya dilengkapi turbo dan fleksibel di knalpotnya, layaknya truk-truk Mitsubishi Colt Diesel Canter generasi terbaru. Fleksibel di knalpot akan menimbulkan suara turbo yang nyaring dan merdu ketika digas, berbunyi "ngir-ngir-ngir" (yg udah pernah papasan sama canter tau lah yaemoticon-Ngakak (S)). 


Perawatan dari FE 84G BC sebenarnya mudah. Sebab, populasinya bersama versi truk Colt Diesel-nya sudah mencapai lebih dari 1 juta unit. Belum lagi populasi diler-diler Mitsubishi yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Sparepart gampang, baik sparepart KW atau asli semua bisa ditemui di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi, mestinya perawatannya sangat mudah.

Sementara, untuk kenyamanan suspensi, ane kurang tahu. Tetapi, suspensi dari truk Canter memang terkenal nyaman, pastinya suspensi dari FE 84G BC ini nyaman pula. Tetapi, tentu tak senyaman airsus dan masih ada bunyi-bunyi "kriyet-kriyet" ketika melewati jalanan yang bergelombang atau rusak.


Sayang sekali, tangki solar dari Mitsubishi FE 84G BC ini kecil untuk ukuran medium bus. Hanya 100 liter saja, jadi jika konsumsi BBM dari Mitsubishi FE 84G BC adalah 1:6, maka bus medium ini bisa berjalan sejauh 600 kilometer tanpa harus mampir-mampir lagi ke SPBU.

Harga dari sasis Mitsubishi Canter FE 84G BC ini adalah 331 juta rupiah on the road. Tetapi, ingat, angka 331 juta rupiah tersebut belum termasuk body ya. Jadi, hanya sasis, stir, mesin, speedometer, transmisi, dan belum termasuk body, jok dan AC. Sementara, jika ditotal dengan body Tourista dari karoseri Laksana misalnya, jok, dan AC, harga dari Mitsubishi FE 84G BC ini akan menyentuh angka di kisaran 600-750 juta rupiah Gansis.


Saat ini, Mitsubishi Canter FE 84G BC sudah digunakan secara luas Gansis. Mulai dari bus kota seperti Minitrans dan Trans Bandar Lampung, bus-bus AKDP, bus-bus pariwisata, bus AKAP, dan lain-lain. Sasis bus ini (termasuk versi sebelumnya yakni Ragasa dan Umplung) paling sering terlihat seliweran di jalanan jika dibandingkan dengan sasis-sasis bus medium lainnya.

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Mitsubishi Canter FE 84G BC ini? Berminat untuk menaiki atau bahkan meminangnya? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber: 123
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ulungrinjani
Suspensi keras menurutku
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di