CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60742379a449b37a883ae932/menyambut-bulan-suci-berikut-hal-hal-yang-biasa-dilakukan-menjelang-ramadhan

Menyambut Bulan Suci, Berikut Hal-hal yang Biasa Dilakukan Menjelang Ramadhan!



Tak terasa Bulan Suci Ramadhan sudah di depan mata, GanSis. Pasti Agan dan Sista semua udah pada ga sabar kan? Yap! Kemungkinan besar, malam ini, semua umat muslim akan ramai-ramai melaksanakan ibadah Shalat Tarawih dan akan mulai berpuasa keesokan harinya. Kita tunggu kepastiannya saja melalui sidang isbat sore nanti.

Nah, dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, banyak tradisi-tradisi yang dilakukan oleh masyarakat muslim. Biasanya tradisi tersebut dilakukan bukan karena adanya anjuran dalam agama, melainkan budaya yang sudah menjadi kebiasaan turun menurun masyarakat Indonesia.

Berikut ini beberapa hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Muslim di Indonesia menjelang Bulan Suci Ramadhan!



Ziarah Kubur



Salah satu tempat yang ramai pengunjung menjelang Bulan Suci Ramadhan adalah Tempat Pemakaman Umum. Yap! Biasanya, masyarakat muslim pasti akan meluangkan waktunya untuk melakukan ziarah kubur. Selain untuk mendoakan mereka yang sudah meninggal dan mengingatkan diri sendiri akan kematian yang kian mendekat, ziarah kubur sendiri bertujuan untuk merawat dan membersihkan makam. Makam yang dikunjungi saat ziarah kubur biasanya adalah makam keluarga, khususnya orangtua. Tapi ternyata ga hanya mengunjungi makam keluarga saja, banyak masyarakat Indonesia yang juga berziarah ke makam Wali dan juga pemuka agama Islam lainnya loh.


Silaturahmi ke Rumah Saudara



Tradisi berkunjung ke rumah saudara tak hanya dilakukan saat Hari Raya saja, GanSis. Sebelum masuk Bulan Ramadhan pun banyak orang yang menyempatkan diri untuk bersilaturahmi ke rumah saudara. Berbeda dengan Hari Raya Idul Fitri yang juga mengunjungi rumah saudara di kota-kota sebelah yang terbilang cukup jauh, silaturahmi saat menjelang Bulan Ramadhan biasanya hanya mengunjungi rumah saudara yang berada di kota yang sama dan memprioritaskan orang-orang yang lebih tua seperti kakek dan nenek.


Cucurak



Agan dan Sista tau ga apa itu cucurak? Cucurak biasa juga disebut curak curak, sebuah kata dari bahasa sunda yang memiliki arti senang-senang. Nah, biasanya sebelum sebulan penuh melaksanakan ibadah Puasa Ramadhan, cucurak menjadi salah satu kegiatan yang juga sering dilakukan. Biasanya sih orang-orang akan berkumpul bersama keluarga, teman atau sahabat untuk bersenang-senang dengan makan-makan bersama. Yap! Makan-makan bersama dengan oragn-orang terdekat dianggap menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum memasuki bulan puasa, soalnya kalau bulan puasa ga bisa makan siang-siang, ehehehe.


Belanja Stok Makanan


Kalian pernah ga sih belanja ke pasar atau supermarket di hari-hari menjelang Bulan Ramadhan? Pasti kalian merasa kalau belanja menjelang Bulan Ramadhan lebih ramai dari pada biasanya kan? Kalau menurut ane memang seperti itu, biasanya orang-orang akan berbelanja dengan jumlah yang lebih banyak. Nah, abis belanja, para ibu rumah tangga biasanya langsung akan menguasai dapur untuk masak besar buat stok sahur dan buka puasa. Tapi tak hanya belanja buat stok dapur aja kok, stok cemilan untuk menemani sahur dan buka puasa juga pasti menjadi incaran banyak orang menjelanng Bulan Puasa.


Berpuasa



Meskipun banyak orang yang akan pergi main dan puas-puasin makan bersama dengan orang-orang terdekat. Tapi banyak juga loh yang justru rajin banget puasa bahkan sebelum Bulan Ramadhan tiba. Nah, orang-orang yang rajin berpuasa ini biasanya adalah perempuan-perempuan yang masih punya utang puasa di tahun lalu. Yap! Sebelum hutang-hutang puasa menumpuk dengan hutang puasa yang akan datang, makanya banyak yang mengejar membayar puasa sebelum Ramadhan datang.


Semoga puasanya lancar dan berkah ya!
#RamadhanBerkah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
blunar dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rarirureror
Nah ini yg terjadi di supermarket tadi siang,saat ane belanja, woow pengunjung membludak tidak seperti biasanya..kebanyakan mereka belanja kebutuhan makanan untuk sahur dan berbuka puasa.
profile-picture
profile-picture
blunar dan fira262 memberi reputasi
profile picture
fira262
kaskus maniac
Iya kalo belanja di hari-hari mendekati puasa pasti pasar sama supermarket rame betul gan
profile picture
blunar
kaskus maniac
ditambah biasanya kalo hari hari besar gini suka ada promo gan itu makanya yang bikin supermarket rame
profile picture
since27
kaskus maniac


Biasanya sih sekalian beli roti kering dan sirup untuk dibagikan ke keluarga atau tetangga sebagai parcel
profile picture
fira262
kaskus maniac
@since27 rajin banget ya agan nih berarti suka nyiapin bingkisan sendiri? Soalnya jaman sekarang udah banyak yang jualan bingkisan perpaket gitu gan
profile picture
fira262
kaskus maniac
@blunar kalo promo mah pasti sama orang-orang dikerjar terus ya gan apalagi kalo belanjanya dalam jumlah besar biasanya lebih hemat
profile picture
blunar
kaskus maniac
@fira262 bener tuh gan, belanja dalam jumlah besar biasanya jadi lebih murah

makanya kalo belanja orang-orang suka pada di wholesale gitu, yang mau bikin bungkusan lebaran atau baksos juga pada beli di tempat begituan, atau di pasar induk
profile picture
fira262
kaskus maniac
@blunar iya kalo emang yang dibutuhkan dalam jumlah besar mendingan langsung beli ke supplier/wholesale gitu ya. Tapi kalo rumah tangga skala kecil yang orangnya dikit, atau penghasilannya dikit, yaa belanja di warung atau supermarket udah jadi pilihan sih. Apalagi sepengetahuan ane, kalo orang yang berpenghasilan rendah banyak yang beli barang dalam jumlah eceran, yang kalo diitung dibanding sama beli barang dalam jumlah besar (kayak di supplier atau wholesale) malahan jatohnya jadi lebih boros gan.
profile picture
blunar
kaskus maniac
@fira262 hoh gitu ya gan, baru paham ane tu yang masalah kalo ngecer malah jatohnya lebih mahal

kasian doang ya orang kecil yang mampunya beli eceran, mau irit malah ternyata jatohnya jadi lebih mahal emoticon-Big Grin
profile picture
fira262
kaskus maniac
@blunar iya ternyata emang kenyataannya begitu gan. Yaa mau gimana emang mungkin itu udah jadi perhitungan sendiri dari pabriknya.
profile picture
blunar
kaskus maniac
@fira262 iya ya kita soalnya ngomongin cuma dari sisi konsumen doang

ga tau daleman orang pabrik dan dari sisi bisnis mereka gimana wkwkwk
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 10 dari 10 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di