CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Benarkah Buang Air Kecil Malam Hari Mengakibatkan Penuaan Jantung? Cek Faktanya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60714c0f7804a27a543608c1/benarkah-buang-air-kecil-malam-hari-mengakibatkan-penuaan-jantung-cek-faktanya

Benarkah Buang Air Kecil Malam Hari Mengakibatkan Penuaan Jantung? Cek Faktanya!



Selamat siang Agan dan Sista semoga dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.


Pasalnya, tulisan yang akan saya buat pada kesempatan kali ini berkaitan dengan kesehatan.


Setiap makhluk yang bernyawa baik manusia ataupun hewan pasti mempunyai organ yang bernama jantung. Jantung ini mempunyai nama latin coryang notabene adalah sebuah rongga organ berotot.


Spoiler for Jantung:


Organ jantung ini fungsinya memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi yang berirama secara berulang-ulang. Kemudian organ jantung ini juga memiliki banyak fungsi penting lainnya dalam tubuh kita yakni menyuplai darah, oksigen dan nutrisi pada tubuh, serta membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme.


Letak jantung pada tubuh manusia berada di sebelah kiri. Bisa dibilang organ jantung ini fungsinya sangat penting, jikalau organ ini berhenti berdetak itu tandanya manusia sudah tidak bernyawa lagi.


Oleh sebab itu sangat penting sekali bagi kita untuk merawat dan menjaga organ jantung kita dengan sebaik-baiknya agar senantiasa sehat.


Masih seputar organ jantung yang sangat penting ini, dulu pada tahun 2018 ada sebuah pesan berantai yang pernah tersebar luas di media sosial (handphone) tentang bahaya kencing pada malam hari berefek buruk pada kesehatan jantung, terutama penuaan fungsi jantung.


Spoiler for Pesan Hoax :


Pesan berantai ini TS ambil dari sebuah sumber health detik.com (10/4/21) dan berikut beberapa cuplikan broadcastnya:


Quote:


Padahal pesan berantai di atas yang menginformasikan bahwa kencing atau buang air kecil di malam hari dapat menimbulkan efek buruk pada kesehatan jantung, terutama penuaan fungsi jantung itu tidak terbukti alias hoax.


Fakta sebenarnya untuk menjawab atas kebenaran informasi di atas adalah seperti berikut ini kutipannya Gansis. Bahkan yang meluruskan informasi yang masih simpang-siur ini adalah seseorang yang ahli dalam bidang tersebut yakni dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA dari Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus.


Quote:


Setahu TS yang orang awam dalam bidang kesehatan ini permasalahan pada buang air kecil itu, lebih berkaitan dengan masalah kurang minum yang dapat menyebabkan dehidrasi tubuh karena tubuh bisa kekurangan cairan.


Oleh karena itu sangat penting sekali buat kita Gansis guna memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Setidaknya kebutuhan cairan atau air minum terutama air putih setiap hari minimal 8 gelas hari. Lalu, jangan terlalu banyak minum kafein seperti teh atau kopi itu sebaiknya untuk selingan saja. Selain itu, permasalahan buang air kecil juga lebih berkaitan dengan gangguan pada saluran kencing dan fungsi ginjal.




Sumber: link gambar


Hal ini juga hampir sama dengan pendapat yang dikemukakan oleh dr Budi Wiweko, SpOG(K), Ketua Indonesian Hydration Working Group.


Dia mengatakan bahwa efek jangka panjang dehidrasi atau kurangnya asupan kebutuhan cairan dalam tubuh dapat menimbulkan gangguan fungsi ginjal atau batu ginjal.


Quote:


Jadi, kurang minum atau kekurangan asupan cairan pada tubuh itu memang dapat menyebabkan dehidrasi dan ini berakibat kurang baik pada organ ginjal.


Kesimpulannya bahwa kencing pada malam hari itu yang dapat berefek buruk atau bahkan mengakibatkan penuaan fungsi jantung seperti yang disebutkan oleh pesan berantai di atas, ya memang tidak terbukti benar. Seperti contohnya pengalaman TS sendiri yang kalau tengah malam itu kadang buang air kecil, meskipun frekuensinya hampir jarang atau bisa dihitung buang air kecilnya pada tengah malam hari.


Spoiler for Kebelet buang air kecil :


Palingan juga buang air kecil itu sebelum tidur, agar saat tengah malam justru tidak terbangun dan ingin buang air kecil. Namun, kalau saat tengah malam ingin sekali buang air kecil juga jangan ditahan, sebaiknya dikeluarkan. Hal ini juga tidak baik yang dapat berefek pada sistem saluran kencing (penyakit infeksi saluran kencing) dan lama-kelamaan juga dapat berdampak buruk pada fungsi ginjal.


Sebuah informasi apalagi tentang kesehatan itu juga tidak boleh kita cerna langsung secara mentah-mentah dan harus disaring terlebih dahulu, dicari informasinya yang valid agar tidak termakan oleh kabar hoax #HansipHoax.


Demikian thread kedua dari Richy211. Semoga kali ini beruntung. Terima kasih yang sudah meninggalkan jejak komentarnya.


Sumber: referensi 1, referensi 2 dan opini TS.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MAQ375 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Richy211
Iyalah. Kalo kebelet, trus ditahan malah kena kencing batu nanti
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan Richy211 memberi reputasi
profile picture
TS Richy211 
KASKUS Plus


Wwkkw iyaa betulll itu bundaa. Hallo apakabar baru keliatan emoticon-Kangen
profile picture
sitinur200
kaskus addict
Iya. Baru-baru ini aktif lagi
profile picture
TS Richy211 
KASKUS Plus
@sitinur200 iyaa kaget pas ada namanya kaya gak asing 🤗
profile picture
@sitinur200 huum uda lama baru liat id ini, ikut sibuk nulis cerpen ya?
profile picture
sitinur200
kaskus addict
@Richy211 satu tahun aku gak ngetrit
profile picture
sitinur200
kaskus addict
@Cahayahalimah nggak, Bun. Semenjak punya anak, susah bagi waktu. Ini baru2 aktif lagi
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di