CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kerugian Beli Barang Dari Penjual Dropship Di Tokopedia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59798c02620881e74a8b4567/kerugian-beli-barang-dari-penjual-dropship-di-tokopedia

Kerugian Beli Barang Dari Penjual Dropship Di Tokopedia

Ane sebagai seorang pembeli yang sering belanja di toko online terutama di Toko hijau seringkali kena jebakan betmen,alias belanja di toko yg mana penjualnya dropship dan kebanyakan tidak fast response,tidak bertanggung jawab,mengabaikna pertanyaan pembeli,dan mengulur2x waktu sampai habis by sistem di toko hijau.Agar agan gak terjebak dri seller dropship yg tidak bertanggung jawab,kenali ciri-cirinya:
Kerugian Membeli dari Toko Dropshipper adalah:
1.Harga lebih mahal dari yang seharusnya kita keluarkan, walaupun tidak punya barang, dropshipper juga pingin untung.
2.Barang tidak sesuai deskripsi, order apa… ehh… yang dateng beda lagi. Masih mending kalo ukuran atau warna yang beda, kalo yang dateng barang yang sama sekali beda??
3.Barang dikirim luaaammmaa…. bisa-bisa 3 hari hingga seminggu baru mendapatkan nomer resi, dan beresiko mendapatkan resi palsu.
4.Bila barang tidak sesuai deskripsi, maka komplain sangat sulit, mulai dari seller yang lambat merespon hingga tidak bertanggung jawab dan menghilang.
Rasanya agak aneh bila toko tersebut berasal dari jakarta, tapi barang dikirim dari surabaya.
Otomatis Rugi waktu dan uang, karena barang lama dikirim juga harga lebih mahal.
Pesanan tidak kunjung diproses, lalu dibatalkan, padahal bilangnya ready.
Bila membeli produk bergaransi, maka akan sangat merepotkan bila berurusan dengan klaim dan garansi, terutama produk impor.
Membeli di toko dropshipper, sama saja menyuburkan bisnis dropship, makin banyak pembeli yang berpotensi dirugikan.
Bisa juga kecipratan Dosa.

Cara Mendeteksi Toko Dropshipper di Tokopedia.

Tidak sulit kok mendeteksinya, Tokopedia memberikan kemudahan sendiri bagi kita untuk tau mana yang toko beneran dan mana yang dropshipan. Ada 7 Ciri dan Kriteria:
1 – Status Toko – Gold Merchant atau Standar.

Syarat menjadi Gold Merchant di Tokopedia adalah performa toko yang diatas 75%, meliputi persentase transaksi berhasil, pemenuhan pesanan, Tingkat komplain dan respon toko. Ini adalah inovasi terkini tokopedia untuk menjaga kualitas pasar online.

2 – Tingkat Variasi Barang

Kebanyakan toko dropshipper adalah toko yang tidak fokus pada tema barang, karena mengacu pada tren yang berubah-ubah setiap waktu. Bila barang atau etalase di toko tersebut terlalu bervariasi, misalnya jual powerbank, lingeri, lalu kaos, buku, kalung, snack dan sebagainya… maka harus diwaspadai.

Terlebih bila mengecek deskripsi yang acak-acakan, misalnya produk A deskripsi cuma 2 ~ 3 baris, sedangkan produk B deskripsinya penuh, maka makin diwaspadai.
3 – Persentase Transaksi Berhasil.

Semakin tinggi persentase transaksi berhasil, maka semakin kecil kemungkinan itu adalah toko dropshipper. Misal persentase transaksi berhasil diatas 90%, artinya 9 dari 10 pesanan yang masuk, diterima dan diproses dengan baik dan berhasil.

Sedangkan toko dropshipper cenderung rendah, karena banyak pesanan yang ditolak karena tidak bisa dipenuhi.

4 – Kecepatan Waktu Pengiriman

Yang ini kurang bisa menjadi acuan, misal rata-rata pengiriman barang lebih dari 2 hari, maka itu wajib diwaspadai, nyatanya beberapa toko dropshipper yang kami temui justru memiliki waktu kirim barang dibawah 2 hari, makin ngeri aja.

Beberapa toko dengan tema produk tertentu yang unik dan bukan dropshipper juga bisa memiliki waktu kirim barang hingga 3 hari keatas, hal ini disebabkan waktu pemrosesan dan pembuatan barang tersebut.
5 – Mengecek ulasan

Salah satu cara paling efektif, bila di ulasan tersebut banyak rating buruk, negatif atau netral dengan ulasan seperti “Barang tidak sesuai deskripsi”, “Barang beda dengan di foto”, “Ukuran dan warna tidak sesuai”, maka ini sebuah pertanda kuat bahwa ini adalah toko dropshipper, terlebih bila memperhatikan tanggapan penjual.

6 – Foto Produk yang Meragukan.

Copas foto itu salah satu kelakuan toko Dropshipper, terkadang barang yang sudah di watermark toko asal juga ikut dipajang di lapak mereka, bila nama toko tidak sesuai dengan watermark pada gambar, maka kuat kemungkinan itu adalah toko dropship, misal nama toko itu “ABCD olshop” sedangkan di gambar tertulis “EFGH shop”, makin meragukan.
7 – Toko Tersebut Mengakui
Ada juga toko yang mengakui secara terang-terangan bahwa mereka adalah toko dropshipping secara khusus. Ini lebih baik daripada yang diam-diam dropship dan secara tidak langsung merugikan pembeli.

Berdasarkan info diatas, semakin banyak kriteria yang dimiliki toko tersebut, maka semakin tinggi kemungkinan toko tersebut adalah toko dropshipper.

Kami sendiri sangat berharap pihak Tokopedia membuat fitur khusus, opsi untuk toko tersebut menerima pembelian secara dropship Sumber
Diubah oleh bagododu
Iya untuk orang awam mau berbisnis pasti mampir ke e-commerce, tapi belum paham bedain mana yang terpercaya. Pernah sih beli gorilla glass di salah satu toko, datangnya lama banget, udah gitu salah type hp, pas ditanyain gak ada jawaban sama sekali, beuh. Buat orang yang mau bisnis mending beli langsung di Marketplace China kek Alibaba gitu, modal sejuta juga udah bisa kayaknya, soale kemarin coba browsing2 jasa forwarder yang bisa bantu kirim barang dari China ke Indonesia cuma butuh modal 400ribuan kayak https://varexpress.id/. Intinya hati2 deh, coba aja konsul sama jasa itu gimana cara cari supplier yang bener di marketplace sono. Goodluck!
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di