CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rusia dan China Dukung Inisiatif Jokowi Gelar KTT ASEAN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60697609898bbe35892636af/rusia-dan-china-dukung-inisiatif-jokowi-gelar-ktt-asean

Rusia dan China Dukung Inisiatif Jokowi Gelar KTT ASEAN



Dalam pertemuan bilateral dengan sejumlah negara di China, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, otoritas China dan Rusia mendukung inisiatif Presiden Joko Widodo untuk menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara ASEAN. Forum internasional ini membahas perihal krisis politik di Myanmar.

Inisiatif pelaksanaan KTT  sendiri menjadi alternatif negara-negara ASEAN untuk memberikan dukungan dan bantuan bagi Myanmar.
"RRT (Republik Rakyat Tiongkok) memberikan dukungan terhadap upaya dan tawaran ASEAN untuk membantu Myanmar termasuk memberikan dukungan terhadap inisiatif Presiden Jokowi untuk diadakannya KTT ASEAN," ujar Retno dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/4/2021).

Dukungan Rusia sendiri setelah Retno melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri, Sergey Lavrov, perihal masalah politik Myanmar akibat persoalan kudeta militer yang terjadi.

Pemerintah Indonesia mencatat, negara-negara yang tengah dikonsolidasikan memiliki visi atau tujuan yang sama terhadap situasi Myanmar. Dimana, keinginan besarnya adalah mengakhiri penggunaan kekuatan dan kekerasan dalam dinamika politik lokal negara tersebut. Retno menegaskan, pentingnya segera dilakukan dialog diantara mereka.

"Kami memiliki kekhawatiran yang sama mencermati perkembangan situasi dan tidak ingin melihat rakyat Myanmar semakin menderita. Please check against delivery Kami juga memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya segera diakhiri penggunaan kekuatan dan kekerasan, serta pentingnya segera dilakukan dialog diantara mereka," kata dia.

Sebelumnya, Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (Dewan HAM PBB) mengeluarkan resolusi mendesak para pemimpin militer Myanmar untuk segera membebaskan Aung San Suu Kyi serta pemimpin pemerintahan sipil lainnya yang ditahan sejak kudeta pada 1 Februari 2021.

Juru Bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan, resolusi itu merupakan langkah sangat penting untuk menunjukkan bahwa komunitas internasional berbicara dengan keras untuk membalikkan kondisi di Myanmar.

Dan untuk menghormati sepenuhnya keinginan demokrasi rakyat Myanmar serta penghormatan penuh terhadap hak asasi mereka. Penggunaan kekuatan yang tidak proporsional, penggunaan amunisi aktif, semuanya tidak bisa diterima," kata Dujarric, dikutip dari Associated Press.

Dewan HAM PBB tidak punya otoritas untuk menjatuhkan sanksi namun keputusan mereka bisa menjadi sorotan mengenai pelanggaran HAM di suatu wilayah.


www.idxchannel.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 3 lainnya memberi reputasi
Ky yg bisa aja nyelesaiin masalah Myanmar bukannya DK PBB diveto China kemarin soal Myanmar?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan bigbuncit memberi reputasi
Diubah oleh gagal.puber
profile picture
zero099
aktivis kaskus
Kebanyakan kemakan propaganda barat fokusnya ke china doang , ada 5 negara yang veto rusia , china , india dan 2 negara lagi yang nolak agresi militer ke myanmar takut jadi konflik berkepanjangan jadi kaya irak , afghanistan saling serang dan prinsip negara china nggak mau campurin urusan dalam negeri orang kaya indonesia seminim mungkin jangan sampe pake militer pake dialog

Belakangan udah bulat semua negara satu suara , dukungan satu suara prihatin konflik myanmar termasuk china ikut dukung tapi dengan cara yang berdialog bukan sanksi sanksi yang dampaknya bisa ke rakyatnya juga

Inilah yang disebarkan para NED dan NGO di myanmar politik anti china dari media barat padahal ada negara rusia sama india juga yang malah dekat ke barat dan 2 negara lain yang ikut veto kenapa kambinghitamkan china doang ?????
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di