CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
3 Jenis Es Khas Sunda Ini, Walaupun Jadul Tapi Masih Melegenda, Loh! Penasaran?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60600827d2beea77943aa729/3-jenis-es-khas-sunda-ini-walaupun-jadul-tapi-masih-melegenda-loh-penasaran

3 Jenis Es Khas Sunda Ini, Walaupun Jadul Tapi Masih Melegenda, Loh! Penasaran?

3 Jenis Es Khas Sunda yang Melegenda



Assalamualaikum sahabat Kaskus ....
Bertemu lagi di thread terbaru saya. Semoga tidak pernah bosan membaca informasi yang saya share ya😁.

Kuliner adalah salah satu ciri khas daerah yang paling menonjol selain kebudayaan lainnya. Di tiap daerah bisa saja nama suatu kuliner berbeda tapi berbahan dasar sama. Tapi ada juga yang memang kuliner asli daerah tersebut.


Kali ini saya mau mengupas kuliner berbahan es dengan citarasa manis dan segar yang begitu dikenal sebagai ciri khas kuliner Sunda. Agan sista penasaran? Yuk kita ulas di sini.

1. Es loder khas Bogor


gambar


Kuliner enak ini memang dikenal ciri khas kota hujan. Es loder ini berkembang hingga sukabumi, pokonya di dua kota ini anda bisa menemukan kuliner jadul tapi rasanya gak kaleng-kaleng.

Saya dulu sekolah Mts di Bogor dan Aliyah di Sukabumi, jadi sering menikmati es loder ini di pasar Cigombong dan pasar Cicurug.

Soal rasa, beuh jangan ditanya Gansis. Lembutnya puding hunkwe dan paduan manis kuah gula plus roti dan aneka candil beradu dalam mulut. Dinginnya menyegarkan perut apalagi disantap di siang hari.

Es loder ini banyak juga di buru di bulan ramadhan untuk takjil. Harganya juga murah. Berkisar 5k-7k.


Dokpri

Jika Anda ada yang ingin mencoba membuat di rumah resepnya gampang kok.

Bahan-bahan:

Puding hunkwe atau bubur sumsum:

•100 gram tepung hunkwe
50 gram terigu
• 1/2 sdt garam
• 700 ml air daun suji atau tambah pewarna hijau bila kurang hijau

Pelengkap:

Sagu mutiara siap seduh
Candil
Biji salak
Kuah gula
Santan
Roti tawar
Susu kental manis
Es serut

Langkah-langkah:

Masak adonan untuk puding hunkwe dengan cara mencampur semua bahan. Aduk terus di api kecil, agar tidak gosong .

Jika sudah mengental tuang di wadah terpisah. Biarkan mengeras.

Tata dalam wadah:

Es serut, Candil, biji salak, roti tawar potong dadu kecil, sagu mutiara yang sudah diseduh air panas. Masukan beberapa sendok puding hunkwe. Tambahkan kuah gula dan santan lalu kucurkan kental manis.

Es loder siap disantap ....


2. Es goyobod Khas Garut


gambar


Kuliner yang menggoda mata ini memang tak hanya cantik, tapi rasanya nampol abis. Berasal dari daerah Garut yang dikenal penghasil dodol ini memang telah dikenal masyarakat sunda terutama di Bandung.

Es goyobod memang masih berbahan utama hunkwe tapi pelengkapnya buah-buahan manis. Penasaran bagaimana isi dari es goyobod ini?


Dokpri

Bahan-bahan:

Tepung Hunkwe 60 gram
Air 750 ml
Gula Merah 125 gram (disisir)
Garam 1 sdt

Pelengkap:
Santan
Kuah gula merah
Buah-buahan:
Daging kelapa muda kopyor
Alpukat
Nangka
Tape singkong
Pacar cina siap seduh
Es serut

Langkah-langkah:

Tepung hunkwe dilarutkan bersama air dalam wadah masukan garam. Sisa air untuk melarutkan gula merah dengan cara direbus. Setelah itu campurkan kedua bahan dan masak hingga meletup dan kental. Angkat, masukan di cetakan agar-agar atau loyang tahan panas. Kalau sudah keras potong dadu kecil atau ambil dengan sendok. Tergantung selera.

Penyajian: masukan goyobod sekitar 4 sendok. Tambahkan buah-buahan yang sudah disendok atau diiris. Lalu masukan tape singkong atau tape ketan juga boleh. Tambahkan pacar cina yang sudah siap pakai. Tuang gula merah plus santan tambah es serut dan kental manis.

Hmmm bagaimana? Menggiurkan bukan?

3. Es oyen khas Bandung


gambar

Kali ini kota kembang Bandung punya kuliner manis segar dan unik. Namanya es Oyen. Katanya sih ini berdasarkan nama pembuat awal ada juga yang menyebutnya berdasar pada burung milik pedagang yang suka berbunyi mirip kata oyen.


Dokpri

Jika anda kebetulan berpelesir atau mampir di kota Bandung jangan lupa cicipi es oyen yang fenomenal ini ya.

Tapi kalau Gansis ingin buat, nih ada resepnya:

Bahan-bahan:
Sagu mutiara siap seduh atau bisa pacar cina

Pelengkap:

Buah nangka potong kecil-kecil
Alpukat kerok dagingnya
Daging kelapa muda kerok
Susu kental manis secukupnya
1/2sdt garam
Es batu atau es serut

Langkah-langkah:

Masukan sagu mutiara ke dalam air mendidih biarkan hingga berwarna bening. Angkat ke dalam air dingin.

Siapkan es serut,SKM,buah nangka yang sudah dipotong-potong, masukan sagu mutira, dan alpukat. Masukan daging kelapa muda beri sirup cocopandan, aduk dan siap disantap.

Bagaimana, Gansis. Referensi kuliner kali ini menggugah selera bukan? Bisa disave untuk takjil bulan ramadhan nih!

Semoga Bermanfaat ....

Salam hangat dari emak duo bocil

Zatil Mutie


Opini pribadi
Gambar:
Dokpri
gambar
gambar
gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zatilmutie
Bahan-bahannya kebanyakan didominasi santan emoticon-Coblos
profile-picture
siapika memberi reputasi
profile picture
aygilagility
kaskus maniac
bener banget sih ini gan, jadi emang harus berhati-hati mengkonsumsinya dan tidak boleh berlebihan
profile picture
siapika
kaskus maniac
iya gan.. rata-rata es di indo sih banyakan pake santan
emoticon-Matabelo
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di