CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kronologi Bom Bunuh Diri di Depan Katedral Makassar Menurut Polri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60605a5fd19f63070856e530/kronologi-bom-bunuh-diri-di-depan-katedral-makassar-menurut-polri

Kronologi Bom Bunuh Diri di Depan Katedral Makassar Menurut Polri


Petugas kepolisian melakukan pemeriksaan di sekitar sisa-sisa ledakan dugaan bom bunuh diri di depan Gereja Katolik Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021). Ledakan bom di gereja tersebut mengakibatkan dua korban tewas yang diduga pelaku bom bunuh diri serta melukai 14 orang jemaat dan petugas gereja. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.(ANTARA FOTO/ABRIAWAN ABHE)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menjelaskan kronologi peristiwa bom bunuh diri di depan Gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3/2021). Menurut Argo kejadian terjadi pukul 10.20 Wita, selepas umat Gereja Katedral Makassar menjalankan ibadah Misa. Argo menuturkan, pelaku bom bunuh diri diduga sebanyak dua orang yang berboncengan menggunakan sepeda motor matic dengan plat nomor DT 5984 MD. "Jadi awalnya memang, pelaku yang diduga menggunakan roda dua ini dia akan masuk pelataran maupun pintu gerbang dari gereja Katedral," jelas Argo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta.

"Kebetulan jam tersebut adalah sudah selesai dari kegiatan Misa, kemudian karena melihat banyak yang keluar gereja, atau separuh dari jamaah yang hadir di gereja karena protokol kesehatan itu, dari dua orang tadi melakukan aksinya," sambungnya. Upaya memasuki pelataran atau halaman gereja itu, dijelaskan Argo, kemudian dihadang oleh petugas keamanan Gereja Katedral Makassar. "Pelaku sempat dicegah oleh security gereja tersebut tapi kemudian terjadilah ledakan itu," paparnya.

Pasca ledakan terjadi, pihak kepolisian menemukan sepeda motor beserta bagian tubuh manusia di sekitar lokasi kejadian. Sementara itu, Argo mengatakan sebanyak 14 orang mengalami luka-luka akibat ledakan tersebut. "Jadi ada 14 korban yang sekarang masih dalam perawatan, yang sedang ditangani oleh dokter dan mudah-mudahan segera kembali yang sakit-sakit ringan," sebut Argo.

Mayoritas korban, lanjut Argo, mengalami luka di bagian leher hingga kaki. "Ada korban dari pihak security gereja dan dari pihak jamaah, rata-rata korban (luka-luka) di bagian leher, dada, muka, tangan dan kaki," ungkapnya. Argo menjelaskan saat ini pihak kepolisian sedang melakukan penyilidikan.

"Tentunya nanti dengan berbagai metode entah itu metode sprial gang digunakan untuk melihat mengenai barang bukti maupun alat bukti yang ada di TKP," kata Argo. "Dari Inafis dan Puslabfor saat ini sedang berjalan, sedang menyisir satu persatu temuan-temuan apa saja yang ditemukan, baik temuan tubuh ataupun temuan serpihan dan lain sebagainya, lagi kita olah," tuturnya. Lebih lanjut, Argo juga mengatakan bahwa saat ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri untuk segera melakukan penyelidikan langsung di tempat kejadian perkara.


Sumur:
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Bom Bunuh Diri di Depan Katedral Makassar Menurut Polri", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/202...t-polri?page=2.
Penulis : Tatang Guritno
Editor : Krisiandi
_____________________________________________________________________________
Sekarang hanya bisa menunggu hasil penyelidikan, siapa yang bertanggung jawab, dll. Belum ada yang klaim "prestasi" ini seperti ISIS soal bom Surabaya. (Harapannya sih, pada kecyduk sebelum ada yg klaim.)
Belum jelas juga keparahan luka2 korban, meskipun belum ada korban jiwa selain pelaku. Semoga nggak ada yg parah atau cacat permanen.

Kejadian saat misa selesai, mau persiapan misa berikutnya. Pelakunya dua, naik motor. Nomor pelat sudah dibeberkan.

Tinggal nunggu Densus 88 berburu makhluk buas yg disebut "teroris". emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi


ini lagi rame, entah benar atau tidak ?
profile-picture
serapionIeo memberi reputasi
profile picture
i_ryck
kaskus maniac
Duarrr ngetiaw. Eh gak ada korban jiwa. 100% goto hell
profile picture
dxbike
kaskus maniac
Ini juga lagi rame

Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di