CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sengketa Lahan Pertamina, Warga Pancoran Jaksel Digusur Paksa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6052aab210ec67353351b6b0/sengketa-lahan-pertamina-warga-pancoran-jaksel-digusur-paksa

Sengketa Lahan Pertamina, Warga Pancoran Jaksel Digusur Paksa



Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Advokasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta Nelson Nikodemus mengungkap serangkaian penggusuran yang diduga dilakukan oleh PT Pertamina Persero kepada warga Pancoran, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan kesaksian yang disampaikan warga, Nelson mengatakan penggusuran dilakukan dengan disertai intimidasi oleh preman dan aparat dari Korps Brigade Mobil (Brimob).

"Ada bentrokan antara warga dengan preman. Dan yang warga cemaskan Brimob ada di situ. Dan kemudian bawa senjata, pakai rompi antipeluru, sama helm tempur lah ya. Kemudian merusak portal milik warga," ungkap dia kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Rabu (17/3).

Bentrokan sendiri bermula dari kejadian pada Juli 2020, ketika warga Gang Buntu II digusur paksa oleh PT Pertamina Persero dari lahan seluas 4,8 hektare yang dihuni oleh 2.000 jiwa sejak 20 tahun silam. Beberapa warga bahkan mengaku sudah tinggal di sana sejak 40 tahun lalu. Namun PT Pertamina mengklaim tanah tersebut milik mereka.

Warga menilai penggusuran tersebut sebenarnya cacat prosedur hukum. Pasalnya, penggusuran dilakukan terhadap lahan yang masih menjadi sengketa. Padahal, penggusuran pada tanah yang disengketakan belum bisa dilakukan sebelum ada putusan pengadilan.


Warga juga menyebut penggusuran dilakukan dengan intimidasi dan teror dari pintu ke pintu. Karena ketakutan, akhirnya sejumlah warga membongkar rumahnya dan meninggalkan lokasi tersebut. Namun masih banyak warga yang bertahan. Buntutnya warga dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan dengan Pasal 167 KUHP tentang penyerobotan lahan.

Semenjak itu, rangkaian upaya penggusuran terus terjadi dengan mengatasnamakan PT Pertamina Training and Consulting (PTC), anak perusahaan milik PT Pertamina, sebagai pemilik lahan. Namun warga tak pernah diberi informasi bahwa penggusuran dilakukan demi pembangunan apa.

Pada 11 Januari 2021, pihak PT Pertamina mendatangi pemukiman warga untuk menyampaikan bukti kepemilikan lahan oleh PT PTC sebagai dalih penggusuran. Namun pihak korporasi tidak menunjukkan Surat Peringatan Penggusuran ketika diminta warga. Korporasi berdalih aktivitas tersebut bukan penggusuran, melainkan pemulihan aset negara.

Sejak itu, area pemukiman warga dipasangi plang bertuliskan 'tanah dan/atau bangunan ini milik PT Pertamina' dan 'rumah ini harus dikosongkan'. Padahal, warga merasa belum menyepakati apapun dengan korporasi.

Karena tak kunjung berpindah dari area pemukiman, beberapa hari kemudian PT Pertamina bersama 30 anggota organisasi masyarakat berseragam dan preman datang dengan palu penghancur, gergaji mesin, dan satu unit eskavator. Mereka berniat meratakan rumah warga.

Warga tak lantas tinggal diam. Mereka berupaya menghalangi penggusur. Kericuhan sempat terjadi, namun dilerai oleh aparat kepolisian.

Kerusuhan tak berhenti di hari itu. Pada 22 Februari, bentrok antara penggusur dan warga kembali terjadi. Warga mengatakan terjadi aksi dorong-dorongan antara aparat dengan seorang warga lansia bernama Gito.

Gito sempat dibawa paksa oleh anggota Brimob ke bangunan sekolah PAUD di wilayah itu. Buntutnya, Gito dilaporkan ke polisi dengan tuduhan melakukan penganiayaan/pemukulan. Tuduhan itu ditampik warga.

Upaya intimidasi dan penggusuran berlanjut beberapa hari kemudian ketika warga mengalami bencana banjir. Posko banjir yang dibuat warga dihancurkan menggunakan eskavator pada 24 Februari lalu. Kerusuhan berulang dengan aksi saling lempar batu hingga tindak kekerasan.

Meskipun masih kerap mendapat intimidasi dan teror, sebagian warga masih bertahan di lahan pemukiman tersebut karena tak punya alternatif tempat tinggal lain. Di antara mereka juga enggan pindah karena sudah berpuluh tahun menetap di sana.

CNNIndonesia.com telah berupaya mengonfirmasi insiden ini kepada Vice President of Corporate Communication PT Pertamina Agus Suprijanto dan spokeperson PT Pertamina Training and Consulting Yudi, namun belum mendapat jawaban.

Upaya konfirmasi terkait pelibatan Brimob juga sudah disampaikan kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dan belum dijawab.

Sementara Kanit Reskrim Polsek Pancoran Iptu Supardi mengaku mengetahui ada upaya penggusuran yang dilakukan PT Pertamina terhadap warga Gang Buntu II. Namun ia mengatakan tidak ikut campur. Pihaknya hanya mengamankan jika terjadi bentrokan.

"Kalau ada kejadian ribut baru kita merapat ke situ. Kita menghalau agar tidak ribut," tuturnya ketika dihubungi CNNIndonesia.com.

Supardi mengklaim warga yang tinggal di lahan itu bukan pemilik sah tanah tersebut. Sementara, menurutnya, PT Pertamina mulai mendatangi lokasi tersebut sejak delapan bulan lalu.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...usur-paksa/amp

Ini pasti salah ahok.. emoticon-Mad (S)

emoticon-Blue Guy Bata (L)

Kalo d tangan pak #anieskeren .. Tentunya rumah2 tsb akan d bangun kembali.. emoticon-Malu (S)

emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr1
Mirip pengalaman ortu ane, tanah warisan ditempati orang bertahun2 mana posisi di jalan raya kabupaten yg rame banget, sdh coba kekeluargaan ksh uang pindah ga mau emoticon-Mad , terpaksa byr pengacara sm polisi, pengacaranya sih ketawa lebar banget wong ortu ane punya SHM dari BPN, alhasil orang tersebut tergusur tnp ada kompensasi sama sekali, orang2 kyk begitu selama kita pny dasar hukum kuat biarin deh dikata kejam ya gusur aja.


emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yeez dan 55 lainnya memberi reputasi
profile picture
widya poetra
kaskus freak
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Yang dapet kompensasi pengacara sama pulisi

emoticon-Ngakak
profile picture
aroesi
aktivis kaskus
Good job....
profile picture
Lusi.perr
kaskus addict
Tiap lu ribut ama orang yg fasti untung cuman fulisi
profile picture
Voor
kaskuser
byr pengacara sama "polisi"? emoticon-Mewek
profile picture
cimeng2000
kaskus maniac


Iya ya selama punya surat surat yang lengkap mah berarti memang harus digusur walaupun terkesan kejam
profile picture
@Voor True story gan, kakak sepupu ane padahal perwira polisi jg daerah situ, cm ga bantu krn ga enak secara yg digusur msh 1 desa, jdnya uang kekeluargaan ane serahkan pengacara sm polisi.


emoticon-Cape d...
profile picture
p4ne
kaskus holic
selama memang hak kita mah ga ada kata kejam.. justru yg nempatin yang kejam..
profile picture
cruzrebirth
kaskus addict
betuls, yg kejam itu sudah pakai tanah org bertahun2 dan disuruh pindah ogah, kan lucu. menggunakan yg bukan hak nya selama bertahun2.emoticon-Wakaka
profile picture
papahmuda099
kaskus addict
Sama ceritanya kaya ada orang nagih utang, eh yang punya utang yang marah-marah
profile picture
FreezeHalogen
aktivis kaskus
kayanya ngusir orang begitu lebih susah dari ngusir setan ya gan, emoticon-Big Grin
profile picture
p4ne
kaskus holic
@FreezeHalogen kadang2 manusia lebih ga tau diri dibanding setan gan..emoticon-Ngakak
profile picture
cysers1
kaskus geek
Masih untung tuhh gampang gusurnya.. coba ud didirikan rumah ibadah di salah satu ruas tanah tersebut... Bakalan panjang urusan... Kan tanah garapan paling susah balik kl udah ada bangunan ibadah...
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
Harusnya pake juru bakar aja.
profile picture
mirip kaya kasus temen ane, tapi sama temen ane masih di kasih waktu 2 tahun buat ninggalin tanahnya sebelum di bangun ruko. awal"nya ngotot ada SHM, giliran di tanya katanya di simpen di rumah ortunya yang nempatin, di tanya pembayaran PBB juga ga ngerti
emoticon-Cape d...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 14 dari 14 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di