CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sarang Burung Walet Indonesia Harta Karun yang Diincar China
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/604f389fd2981f77fa71f36c/sarang-burung-walet-indonesia-harta-karun-yang-diincar-china

Sarang Burung Walet Indonesia Harta Karun yang Diincar China



Jakarta, CNBC Indonesia - Sarang burung walet merupakan komoditas penting di pasar ekspor. Komoditas ini banyak diminati di pasar China.
Komoditas sarang burung walet sempat jadi perbincangan usai pernyataan Menteri Perdagangan M. Lutfi yang menyebut punya nilai ratusan triliun rupiah.
Dari data Badan Pusat Statistik, total nilai ekspor komoditas sarang walet mencapai US$ 363,9 juta di 2019 dengan total volume 1.258,7 ton, meningkat 25% dari tahun sebelumnya US$ 290 juta sebanyak 1.291,9 ton.

Ada 14 negara yang menjadi tujuan ekspor sarang walet Indonesia, paling banyak ke China dan Hong Kong yang memang terkenal banyak mengkonsumsi sarang burung walet yang disup, disusul Amerika Serikat. Pada 2018 Vietnam menjadi pengimpor terbesar produk sarang walet Indonesia, tapi posisinya digeser oleh Hong Kong di 2019.
Sisanya menuju Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Makau, Thailand, Singapura, Malaysia, Laos, Australia, Vietnam dan Kanada. Ekspor ke Vietnam di 2019 hanya 329,8 ton (US$ 10,72 juta) turun 59% dari tahun sebelumnya 808,06 ton (US$ 25,98 juta).
Secara volume ekspor ke Hong Kong naik 644,1 ton dari 290,4 ton YoY. Tapi nilai ekspor justru stagnan di US$ 88 - US 86 juta. Sementara Ekspor ke China naik 86,9% menjadi 129 ton (US$ 219 juta) dari tahun sebelumnya 69 ton (US$ 139 juta).
Ekspor ke negeri Paman Sam juga naik drastis menjadi 46,97 ton dari 16 ton YoY, tapi nilai ekspor stagnan di kisaran US$ 12 - 13 juta.
"Kita ini penghasil, pengekspor konon kabarnya 2.000 ton burung walet, 110 ton diantaranya sudah terakreditasi dan dijual langsung ke China. Bisa dibayangkan dari 110 ton, 1 kilogram nilainya RP 25 juta sisanya kita lewati beberapa negara singgahan. Hong Kong, Vietnam, Malaysia dan ujungnya RRT. Harga tersebut kita hitung 2.000 ton saja kali Rp 25 juta nilainya Rp 500 triliun artinya US$ 3,5 billion," kata M. Lutfi.
Disebut nilai impor sarang burung walet China dari Indonesia pada periode Januari - November 2020 mencapai US$ 350,93 juta naik 88,6% dari periode yang sama di tahun 2019 (US$ 186,07 juta).
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga berharap di tahun 2021, Pemerintah China bisa membuka akses lebih luas bagi produk sarang burung walet dan buah nanas Indonesia untuk memenuhi permintaan masyarakat China.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-diincar-china
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
anjir cuma di beli murah ama cina emoticon-Cape d...

goblok sekali yg mulia emoticon-Cape d...

sudah jelas2 lebih di hargai oleh negara Amerika & barat kenapa gak ekspor kesana, kalau ongkos jauh & mahal bisa via lewat Australia
Diubah oleh Betjanda
profile picture
zero099
aktivis kaskus
Yang bener tuh Dibeli murah sama tengkulak pengepul dalam negeri , peraturan pemerintah yang buat cuma PT yang bisa eksport
orang biasa belum punya PT tapi punya ternak sarang burung walet harus jual hasil panennya ke PT baru dijual lagi ke pembeli luar CUAN coy
profile picture
astagfirullah, ama chinak buat dijual lagi ke US ya akhi emoticon-Leh Uga
profile picture
lontongbesar
kaskus addict
@zero099

Memang dibeli sama tengkulak sekitar 12jt per Kg itu untuk yang kotor, sedang yang bersih bisa sampai 20jt lalu oleh perusahaan Exportir dijual ke China sekitar 22jt per Kg untuk yang kotor, sedang yang bersih laku sekitar 30jt per Kg

Segitu murah ya bang?

emoticon-Leh Uga
profile picture
zero099
aktivis kaskus
@lontongbesar lah kalo kaya dulu semua pemain bisa eksport untungnya bisa lebih gede pemain kecil pun bisa jadi besar
dan kenyataan di lapangan nggak seindah angka2 yang elu jabarin malah dibawah itu harganya para pengepul hargain
profile picture
zero099
aktivis kaskus
@lontongbesar eh btw elu jangan2 tengkulaknya yah takut kalo pemain kecil bisa langsung jual ke luar negeri ?????
profile picture
kily89
kaskus geek
Harga barang kadang dimainin sama pengepul gan....
profile picture
madchick
kaskus maniac
Dibeli berapa emangnya kok bisa bilang murah?
profile picture
lontongbesar
kaskus addict
@zero099

Gw hanya ikutan saja gan, minggu lalu baru jual 30kg dengan harga 12jt per Kg..

Tengkulak memang banyak yang nakal, dan cenderung nawar semurah-murahnya..
Produk sarang walet kawan saya cuma dihargai 9jt per Kg nya, tapi Alhamdulillah ketemu tengkulak yang bener dan dihargai 12jt per Kg
profile picture
kily89
kaskus geek
@lontongbesar @zero099 itu kualitasnya sama gan? Kadang ada tengkulak yang jual lagi ke tengkulak sih gan
profile picture
lontongbesar
kaskus addict
@zero099 @kily89

Beda2 gan, yang saya jual kualitas bagus hanya agak kekuningan dan masih kotor, ada juga yang putih itu lebih mahal, bisa sampai 15jt per kg nya
profile picture
madchick
kaskus maniac
@zero099 @kily89 @lontongbesar lah ya itu standar
Yg ngomong kemurahan keknya cuman tau harga jual barang jadi berapa

Mereka ga mikir ongkos nyuci berapa
Ppn berapa
Bea cukai
Ongkos ekspor berapa
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 12 dari 12 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di