CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
HATI-HATI!! JIKA MENDAPATI INI DI TEMPAT MAKAN AUTO KABUR AJA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60441387c1e6820c820015f0/hati-hati-jika-mendapati-ini-di-tempat-makan-auto-kabur-aja

HATI-HATI!! JIKA MENDAPATI INI DI TEMPAT MAKAN AUTO KABUR AJA

sumber

Tempat makan menjadi salah satu tujuan seseorang ketika sedang melancong atau dalam sebuah perjalanan. Sudah menjadi hal yang sangat lumrah, ketika seseorang mengisi perut mereka dengan makanan ketika dalam sebuah perjalanan.

Namun tahukah kalian, di beberapa tempat di indonesia. Tempat makan justru menjadi hal yang sangat menakutkan bagi pengunjungnya. Bukan karena tempatnya yang seram, atau jenis makananya yang berancun. Tapi justru karena dari bon makananya yang tidak kira-kira harganya.

Beberapa berita sempat viral di banyak jejaring sosial media. Mulai dari seseorang yang makan 2 ekor ayam goreng yang dibandrol seharga tujuh ratus ribu, air kobokan yang dihargai lima ribu per-mangkoknya dan masih banyak lagi lainya.


sumber

Atau ketika seseorang makan 1 porsi cumi, nasi dan cak kangkung yang dibandrol seharga dua ratus lima puluh ribu rupiah. Bahkan masih banyak kejadian-kejadian pemerasan dalam bentuk rumah makan.

Hal ini tentu saja merugikan para pengunjung, baik yang masih dalam satu kawasan atau justru yang tidak sengaja singgah lantaran mereka dalam sebuah perjalanan.

Ada beberapa jebakan yang sengaja dipasang sebagai perangkap untuk para pembeli. Berikut adalah jebakannya.

Menu menjadi salah satu hal yang harus selalu ada ditempat makan. Hal ini tentu saja untuk memudahkan para pembeli untuk memilih dan mengetahui jenis makanan apa saja yang tersaji di rumah makan tersebut.

Namun di tempat makan tertentu, biasanya menu tidak disertai dengan harga perporsinya. Sehingga hal ini bisa menjadi sebuah jebakkan lantaran pembeli tidak mengetahui kisaran biaya yang harus dibayarkan selepas makan.

Tidak bertanya adalah kesalahan pembeli jika mendapati menu yang tidak disertai dengan nominal harga. Karena pembeli cenderung berfikir harga tiap makanan nyaris sama dan tidak akan jauh berbeda harganya.

Hal itu memang wajar, jika dipersentasekan diseluruh tempat makan dipinggiran jalan. Karena harganya nyaris sama, akan berbeda tentunya jika kita makan ditempat makan yang mengusung pemerasan.

Nah gimana nih menurut Gansis sekalian?

Pernah ngalamin gak? Kalo pernah kasih opini dibawah ya

7 maret 2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 18 lainnya memberi reputasi
Yg kaya gini jangan nyalahin orang orang pada ke fast food karena udah ada harganya, walaupun menunya cuma ayam nasi tapi klo udah ada harga pasti ya lebih nyaman. Temen ane mpe trauma lho kalau ketempat wisata kota besar, kalau diajak makan makanan disana pasti minta kfc atau mcd karena pernah beberapa kali ketipu, apalagi modelan temen ane pendiem, ga suka banyak tanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kellerbee dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
kaitokid94
kaskus maniac


Ane juga begini nih kalau pergi keluar kota yg belom tau mau makan apa. Karena fast food harganya udah tertera jelas.
profile picture
justice league
aktivis kaskus
Klo keluar kota atau ke tempat wisata gitu ane skeluarga gak pernah makan di sekitaran situ bre.. selain kita juga dah paham soal kualitasnya yg kaga jelas plus harganya yang maen getok aja.. mending keluar dari tempat wisata itu deh trus cari tempat makan yg jelas minimal warung padang, atau warung SS, Solaria maupun franchise macem KFC yg biarpun cuman nasi ayam+cola doang dan hargnya lebih mahal dari pecel ayam lamongan..tapi puas karena selain harganya jelas kaga tipu2 juga ada standar mutu dan kenyamanan juga.

Bodo amat dah biar kata franchise osang aseng, pendukung zionis dsb...daripada makan di tempat yg sama2 pribumi tapi malah tipu2 ambil kesempatan getok harga seenaknya...bhangsat dah emang.
profile picture
TS kellerbee
kaskus addict


Yang dimasalahim adalah menu tanpa tertera harga bos..

Coba deh baca" lagi.. atau coba cek" lagi..
profile picture
justice league
aktivis kaskus
@kellerbee

Justru yg pada kaga pasang harga dan yang biasanya ada di tempat pariwisata yang malah pada getok harga bre... konsumen yg dateng maen pesen aja krn menyangka bahwa harga makanannya akan sama aja atau ga beda jauh dengan di tempat lain. Gak taunya ntuh pedagang maen getok harga aja.

Mereka para pedagang nakal tersebut mengira dengan maen getok harga itu akan bisa dapet keuntungan besar dari konsumen yg mungkin cuman sekali dateng aja, atau sekali ketemu aja krn sedang dateng berwisata. Mereka gak berpikir panjang bahwa para konsumen yg kena getok harga seenaknya itu pas pulang selain dia kapok utk makan di situ lagi mungkin cerita2 ke saudara, tetangga, teman dsb utk wanti2 agar jangan makan di tempat sekitaran pariwisata tsb biar gak kena getok harga. Apalagi di jaman medsos gini dimana sekali cerita sesuatu aja langsung bisa viral kemana-mana. Ini kan namanya negative multiplier effect. Akibatnya pelan2 pada kaga laku dah tuh tukang makanan yg jualan di suatu tempat krn udah terciptanya stigma tersebut.

Contoh kasus yg nyata adalah para pedagang makanan di sekitaran malioboro. Udah jadi stigma klo makan di lesehan malioboro itu mahal2 dan suka getok harga. Makanya orang yg tinggal di jogja pada kaga ada yg makan di situ, yg makan di malioboro palingan bisa di pastikan adalah wisatawan yg kaga ngerti situasinya.

Akhirnya setelah sekian lama dan sekian banyak orang ngalamin di getok harga mulai terbentuklah stigma tentang makan di malioboro krn adanya negative multiplier effect tsb. Mungkin karena menyadari adanya stigma yg terbentuk itu akhirnya mulai sekitar pertengahan 2017 cmiiw...pemda dan paguyuban pedagang lesehan malioboro sepakat bikin aturan bahwa para pedagang wajib mencantumkan harga dan di larang maen getok harga meski harga sudah tercantum. Jadi biar lebih adil gitu..klo udah mencanutumkan harga terus konsumen mau makan di situ, risiko berapa yg harus di bayar itu jadi tanggung jawab konsumen atas pilihan yg udah dia buat.
Kalo ada konsumen yg merasa di rugikan karena pedagang menagih pembayaran yg tidak sesuai dgn harga yg di cantumkan, atau bahkan tidak mencantumkan harga lalu pasang seenaknya., Maka konsumen bisa melaporkan ke UPT terdekat di sekitar Malioboro atau ke petuga Jaga Malioboro yg sering patroli. Sangsinya adalah pedagang tersebut bisa di usir dari kawasan tersebut.

Makanya ane kalo ke Jogja kaga pernah dah makan di malioboro lagi..seumur2 cuma sekali. Selain pernah kena getok harga, juga makin tau tempat makan yg lebih enak dan murah dari yg ada di malioboro.
profile picture
TS kellerbee
kaskus addict
[MENTION]justice league[/MENTION] iya ane faham.. bahasa pedagang nakal

Aji mumpung..

Bahasa pwmbeli yang dicekik.. suuuee 🤣🤣
profile picture
Ane pernah makanan tertera tapi menu tambahan macam kerupuk, pisang dan cemilan ga tertera, ane kira ga mahal, nauzubillah deh, pisang aja 10ribu sebiji, kerupuk biasa bulet putih kena 7ribu. Nambah nasi 15ribu, emang ga ada tulisan nasi putih berapa. Ya tiati aja tetep, apalagi kalau ada otak otak, biasanya kita duduk tau2 disaji, disangka kan kondimen gratisan, tau2 kena 40ribu buat 10 otak2
profile picture
TS kellerbee
kaskus addict
@vhitriani hahaha.. sabar... itu emang kadang akal"nya pedagang nakal
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di