CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Misteri Taman Gantung Babilonia, Mahakarya Peradaban Kuno yang Tak Terpecahkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6042a3f0882542376f00d141/misteri-taman-gantung-babilonia-mahakarya-peradaban-kuno-yang-tak-terpecahkan

Misteri Taman Gantung Babilonia, Mahakarya Peradaban Kuno yang Tak Terpecahkan





Dunia tak bisa lepas dari catatan sejarah kuno. Banyak tempat bersejarah di dunia yang hingga kini masih menjadi misteri tak terpecahkan. Meskipun banyak teori dan manuskrip kuno dari para sejarawan dan arkeolog, tetapi pada kenyataannya teori tersebut belum dapat dibuktikan secara valid.

Salah satu tempat peradaban masa lalu yang konon katanya menjadi keajaiban dunia adalah Taman Gantung Babilonia. Satu-satunya taman yang menurut sejarah, tidak dibangun di atas tanah dataran rendah, tapi pada ketinggian sekian meter di atas permukaan tanah. Ada yang masih ingat tentang pelajaran sejarah mengenai taman tersebut?

Quote:


Menurut penulis kuno Philo dari Byzantium, Taman Gantung Babilonia adalah sebuah taman fantastis yang dibangun pada ketinggian dan terdiri dari tanaman budidaya yang akar-akar pohonnya tertanam di atas teras, bukan di tanah.

Meskipun banyak arkeolog yang bertanya-tanya kapan tepatnya dan oleh siapa dibangunnya taman gantung ini, tetapi ada salah satu teori populer yang menyatakan bahwa taman indah ini dibangun olah raja Nebukadnezar II dalam rangka menyenangkan hati sang permaisuri kira-kira pada 600 sebelum masehi (SM)di Al Hillah, Irak.

Quote:


Pada catatan sejarah lain yang ditulis oleh sejarawan asal Yunani, Diordorus Sirculus, taman gantung yang konon terletak di tepi Sungai Eufrat ini berukuran 122×122 meter dengan tinggi 25 meter.

Banyak yang percaya bahwa taman ini pernah ada dan menjadi tempat paling indah di Mesopotamia. Ditambah lagi dengan teori paling populer yang ditulis oleh arkeolog asal Inggris, Sir Leonard Woolley. Arkeolog tersebut menulis bahwa taman ini sebenarnya tidak dibangun menggantung seperti yang dinyatakan oleh sejarawan lain. Melainkan dibangun secara vertikal menjulang ke atas dengan teras-teras besar. Sementara untuk sistem pengairan, menggunakan air yang dipompa dari Sungai Eufrat.

Quote:


Berdasarkan catatan sejarah di atas, taman ini memang pernah ada di peradaban masa silam. Namun, kevalidan informasi adanya Taman Bergantung Babilonia masih abu-abu karena hingga awal abad 21, belum ditemukan jejak taman yang dibangun pada masa pemerintahan raja Nebukadnezar II tersebut.

Namun di sisi lain, banyak juga sejarawan dan arkeolog yang mempercayai jika taman fantastis ini pernah ada. Hanya saja, sisa-sisa bangunan ataupun sedikit jejak tentangnya, telah hilang karena erosi, gempa bumi, dan perang.

Quote:


Meskipun jejak sejarah Taman Gantung Babilonia telah hilang atau bahkan tak ditemukan, tapi setidaknya ada cacatan kuno dari para sejarawan dan arkeolog yang mengabadikan taman ini dalam bentuk buku yang bisa dipelajari tentang sejarah peradaban kuno. Setidaknya, peradaban manusia dari zaman ke zaman terus meningkat dari zaman manusia purba hingga masa kerajaan-kerajaan berpengaruh di masanya.




emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Thread by : @anna1812
Sumber : 1, 2


emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pengennyusu dan 37 lainnya memberi reputasi
Nice thread Kakanda
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan kakekane.cell memberi reputasi
profile picture
TS anna1812 
KASKUS Plus
Sawerannya mana Adindaaaemoticon-Goyangemoticon-Ngakak
profile picture
@anna1812 pan udah di kolong meja Kaaaandaaa
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di