CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi: Saya Ngomong Benci Produk Asing, Gitu Aja Rame!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6041b71ac6b3a35552516f62/jokowi-saya-ngomong-benci-produk-asing-gitu-aja-rame

Jokowi: Saya Ngomong Benci Produk Asing, Gitu Aja Rame!



Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali buka suara mengenai jargon cintai produk lokal dan benci produk luar yang sempat ia sampaikan kemarin (4/3).

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja Nasional XVII Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Tahun 2021, Jokowi mengaku heran pernyataannya itu membuat heboh publik.

"Masa kita nggak boleh bilang tidak suka. Kan boleh saja nggak suka pada produk asing. Gitu aja rame. Saya ngomong benci produk asing, gitu aja rame," tegas Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan pemulihan ekonomi Indonesia didukung dari sisi permintaan. Ia mengatakan, seharusnya produk dalam negeri bisa mendapatkan panggung lebih ketimbang produk impor.

"Kemarin saya sampaikan untuk cinta produk Indonesia, untuk bangga terhadap produk Indonesia, dan boleh saja kita bilang tidak suka pada produk asing," katanya.

Jokowi berpesan agar para industri lokal juga betul-betul memiliki semangat berkompetisi. Misalnya dari sisi produsen, memperbaiki kualitas produk, atau desain yang lebih kekinian.

"Untuk menuju loyalitas konsumen kita pada produk dalam negeri memang ada syaratnya. Kalau harga kompetitif tentu saja, kalau kualitasnya baik tentu saja," katanya.

Sebelumnya Jokowi menginginkan para pengusaha mal maupun pusat perbelanjaan memberikan ruang paling strategis bagi produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Ia juga mengimbau agar kecintaan pada produk dalam negeri.

"Produk-produk dalam negeri gaungkan, gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri, bukan hanya cinta tapi benci.Cintaibarang kita, benci produk dari luar negeri sehingga betul-betul masyarakat kita menjadi konsumen yang loyalsekali lagi untuk produk-produk Indonesia," katanya kemarin.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-gitu-aja-rame
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Sebetulnya saling membutuhkan sih simbiosis mutualisme

Gua ceritain aja pengalaman gua barang2 murah dari china terutama barang2 elektronik yang unik2 nggak diproduksi di indonesia tapi harganya murah meriah bisa membantu meningkatkan perekonomian umkm masyarakat indonesia juga

Gua pernah lewatin di jalan lihat toko jam sederhana di pinggir jalan gelar terpal di depan tokonya ada tumpukan jam warna warni model kaya gshock yang bahan karet buat anak muda dan rame dikerumunin orang jual jamnya murah 50 ribu 1 buah dengan packing yang bagus sama tampilan jamnya pun terlihat bagus warna warni nggak terlihat murahan gua pun ikut tertarik turun lihat dan beli 5 jam tangan buat dibagi ke keponakan gua

Gua tanya2 ke yang jual koq bisa murah sama kelihatan bagus jamnya ternyata barang dari china kata orangnya lumayan untungnya dibanding tunggu pelanggan beli jam yang ada di dalam tokonya yang kadang 1 jam aja sampe harga ratusan ribu keatas, untuk untung relatif bisa gede atau kecil tergantung barangnya itupun barang nggak sering keluar seminggu atau perbulan barang dalam toko paling laku beberapa jam kebanyakan beli perintilan kecil2
kaya baterai dan sebagainya sehari2nya

Dan dari jualan jam murah meriah dari china sehari bisa laku 80-100 pcs keatas orang yang nggak tertarik mau belipun bisa jadi beli karena murah meriah contohnya kaya gua sampe berhenti minggirin mobil yang niatnya penasaran rame2 lihat kerumunan orang jadi beli juga 5 jam

Dan gua tanya temen gua yang punya toko jam juga barang kaya jam yang gua beli modalnya berapa kalo dari china
Dan temen gua bilang ini mah modalnya sekitar 20-25ribuan dan gua kaget murah banget berarti untungnya bjsa hampir 100% dari harga modal

Dan itung aja 80 pcs( minimal)× 25 ribu : 2 juta untung sehari

Itu profit yang menggiurkan dan bisa meningkatkan perekonomian pemilik toko tersebut dan toko jam sederhana di pinggir jalan pun bisa bertahan dari kebangkrutan

Dan ada juga kisah2 umkm yang jualan cuma di rumah online jualan barang pernak pernik dari china bisa sukses dan bertransformasi jadi punya brand sendiri dan buka lapangan kerja juga

Dan jangan meremehkan umkm lokal , banyak umkm lokal juga udah bisa ekspor barang dagangannya ke luar negeri

Umkm lokal ada pasarnya sendiri , justru tugas pemerintah harus lebih memudahkan perizinan dan infrastruktur untuk umkm lokal untuk eksport barang ke luar negeri dan bersaing didalam negeri

Contohnya aja produk sarang burung walet lagi panen diburu negara2 asia seperti china hongkong taiwan dsb
Berapa banyak pun sarang walet di indonesia semua bisa diserap sama pasar luar negeri tapi masalahnya perizinan dan birokrasi yang berbelit2 kadang menyusahkan memperlambat penjualan dan pengiriman ke luar negeri bagi para peternak sarang burung walet ini yang harus dibenahi pemerintah

profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zero099
profile picture
therminust
kaskus addict
Yoi kebanyakan penjual lokal Indo adalah reseller produk impor China ketimbang produk dlm negeri

perbandingannya misalkan di tokopedia produk yg benar2 buatan lokal 1000 jenis, yang buatan china 1.000.000 jenis, mau ga mau ya kebanyakan barang yg terbeli buatan China selain harga murah juga gak ada pilihan lain

Sarang Walet sekarang aturan baru yg bisa ekspor hanya dimonopoli belasan PT, gak kaya dulu bisnis perorangan rumahan bisa jual & untung banyak
profile picture
zero099
aktivis kaskus
@therminust lah itu masalahnya birokrasi yang berbelit2 dan perizinan yang menghambat dari peraturan pemerintah sendiri yang buat
bikin hambat umkm lokal kecil buat main di pasar dunia sama saja pemerintah memfasilitasi para tengkulak tengkulak yang kadang merugikan petani dihargai murah produknya jadi susah berkembang ini juga terjadi nggak cuma di walet tapi juga di bidang pertanian sumber daya bahan pokok

Dan ada lagi infrastruktur harus siap agar biaya logistik bisa lebih murah dan bersaing dari satu daerah ke daerah lain,
bayangin aja contohnya biaya logistik dari jawa ke kalimantan bisa lebih mahal biaya pengirimannya daripada harga barangnya ,

Kualitas pemain dari luar negeri suka nggak suka harus diakui kadang lebih bagus daripada BUMN contohnya aja kaya Si Cepat pemain baru pengiriman logistik di indonesia
Bayar ongkos pengiriman reguler 10 ribu kualitas pengiriman bisa sama kaya pengiriman instan hari ini juga sampe seharga puluhan ribu sampe seratus ribu keatas dibanding brand pemain BUMN Pos indonesia sama lokal kaya jne

Bayangin aja gua pesenin barang buat saudara jam 9 pagi di tokopedia dari depok pake pengiriman si cepat , sampe jam setengah sepuluh malam dong kurirnya masih dikirim juga hari itu juga udah sampe barangnya di rumah saudara di cibitung
, yang biasanya paling cepat juga besok baru sampe ini malah hari ini juga udah sampe


Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di