CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Ekonom: Mulailah dari Mobil Kepresidenan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/604095d33d598115662ba6da/jokowi-gaungkan-benci-produk-asing-ekonom-mulailah-dari-mobil-kepresidenan

Jokowi Gaungkan Benci Produk Asing, Ekonom: Mulailah dari Mobil Kepresidenan


Quote:

Ane yakin kalau ada mobil nasional dan itu memenuhi persyaratan tuk jadi mobil kepresidenan, dari segi keamanan dan kenyamanan misalnya. Tentu Pak Jokowi dengan bangga akan menjadikan itu sebagai mobil dinasnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Anggadaz dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh saya.kira
Apa iya setiap perkataan harus dimaknai kata per kata?
Tangkap pesannya saja
Ketika ente mau beli produk luar negeri
Pikir matang2
Apalagi kalau belinya adalah barang konsumtif atau mewah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 7 lainnya memberi reputasi
profile picture
eltosicu3
kaskus addict
barang mewah ya wajib pake produk luar negeri, karena kita beli kualitas titik.
elo mau beli tas 20 juta made in bandung ato mobil esemka 1 miliar??

emoticon-Cool
profile picture
xrm
kaskus geek
@eltosicu3 lho silakan beli barang mewah, kagak ada yg ngelarang
Tapi nasehat agar kita TDK menuruti hawa nafsu beli barang2 mewah gak salah juga kan
Lagi pula banyak juga sebagian dari kita memaksakan beli barang mewah padahal gak perlu2 banget dan keuangan juga pas2an
profile picture
ncub
kaskus maniac
Bahkan kitab suci pun kalau diartikan kata per kata bisa saja menjadi negatif.

Jepang, korea, cina awalnya juga hanya bisa produksi barang berkualitas buruk. Tapi rakyatnya banyak yg bangga dengan produk negara mereka. Dimanapun mereka berada, mereka selalu berusaha menggunakan produk negara mereka. Ini yg ane lihat pada beberapa kenalan expat.
profile picture
eltosicu3
kaskus addict
@ncub jangan salah, jepang, korea, cina industri dalam negeri udah bagus. Mental penguasanya menciptakan iklim usaha yg bagus, rantai produksi jg tersedia, ekosistem jg mendukung.
Sedang Indon ?
jepang, korsel, cina saat orang indon masih telanjang dada teknologinya udah maju emoticon-Gila
elo mau compare ama mereka

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


profile picture
ncub
kaskus maniac
@eltosicu3 kalau sekarang jepang, cina, korea mrmang sudah bagus.

Agan pernah ngalamin saat LG, Samsung, Hyundai, dkk dianggap barang sampah ?

Saat ZTE, huawei, QQ, alibaba dkk dianggap produk sampah ?

Saat honda, yamaha, dll dianggap barang jiplakan kualitas rendah ?

Di saat2 tsb bangsanya tetap bangga pakai produk dalam negeri.
profile picture
eltosicu3
kaskus addict
@ncub kapan itu?lg, samsung, hyundai ketika berdiri barangnya bagus2, langsung ekspor, honda pertama berdiri jg dianggap pelopor, kemajuan negara dilihat dari militernya. Siapa di asia waktu itu yg bisa menyaingi Jepang di PD2? China dan Korea kan.
Baca2 sejarah dulu dong, honda itu pelopor dibidang motor, toyota itu pelopor dibidang mobil. zte, huawei 20 tahun lalu udah bersaing dengan motorola dan ericson untuk sinyal hp. QQ dulu emang buruk tp didukung sama pemerintahnya.
Enggak kayak Jokowi yg punya ide mobil listrik malah masuk penjara

emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile picture
ncub
kaskus maniac
@eltosicu3
Baca2 lagi deh soal produk2 korsel dan cina di tahun 70 - 80 an.
Secara tentara mungkin mereka kuat, tapi secara produk teknologi mereka awalnya nyontek semua.

Zte, huawei awalnya hanya menjiplak produk2 cisco dan dianggap barang sampah. Agan boleh tanya ke semua pegawai operator telekomunikasi indonesia yg pernah pake produk ini di awal tahun 90an. Tahun 80 -90 an cina terkenal sebagai negara penghasil produk bajakan berkualitas rendah

Samsung, LG terkenal sbg produk elektronik murah yg gampang rusak di tahun 80. Hyundai dan KIA, mobil dengan kualitas rendah di masa2 tsb dan spare partnya banyak yg nyontek jepang/eropa.
profile picture
eltosicu3
kaskus addict
@ncub udah gw bilang iklim usaha, rantai produksi disana sangat bagus dan mudah.
Sama saja bangsa barst dulu awal2 jg jelek lalu jadi bagus.
Terus yg mau elo compare apa?
Polytron, axioo, maspion, zyrex dulu bagis sekarang jd ampas kualitasnya
profile picture
ncub
kaskus maniac
@eltosicu3 apa yg bisa kita lakukan ?
bangga dulu dengan produk dalam negeri gan.
Usahakan untuk memakai produk dalam negeri. Banyak juga koq produk2 dalam negeri yg bagus2.

Beri semangat untuk produsen lokal, bantu sebisa mungkin. Minimal bantu promosi.

Kalo kita cuma nyinyir, nyalahin dan nuntut pemerintah sih, sampe kapanpun ngga akan maju
profile picture
eltosicu3
kaskus addict
@ncub yg NYINYIR kan JOKOWI, bukan gw
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Gw beli barang liat kwalitas, masak HP gw beli merk ADVAN dibanding SAMSUNG
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 10 dari 10 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di