CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Cabut Izin Investasi Miras, Perdagangan Eceran Masih Ada di Perpres
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603edfeeb1d5c5084b722192/jokowi-cabut-izin-investasi-miras-perdagangan-eceran-masih-ada-di-perpres

Jokowi Cabut Izin Investasi Miras, Perdagangan Eceran Masih Ada di Perpres



Presiden Jokowi akhirnya mencabut izin investasi baru industri minuman keras atau miras, seperti diatur dalam Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Meski demikian, dalam lampiran III Perpres tersebut, perdagangan eceran minuman keras masih diizinkan.

Pencabutan peluang investasi baru industri minuman keras, dilakukan Jokowi setelah menerima masukan dan kritik dari berbagai pihak. Seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta ormas Islam termasuk Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.
Selain itu, Pemprov Papua yang dalam Perpres itu masuk sebagai wilayah terbuka bagi investasi industri minuman keras, juga mengungkapkan penolakan. Pasalnya, di wilayah itu terdapat Perda yang melarang peredaran minuman keras.
"Setelah menerima masukan-masukan dari ulama-ulama MUI, NU, Muhammadiyah, dan ormas-ormas lainnya serta tokoh-tokoh agama yang lain, dan juga masukan-masukan dari provinsi dan daerah, bersama ini saya sampaikan saya putuskan lampiran Perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras yang mengandung alkohol, saya nyatakan dicabut," ujar Jokowi dalam keterangan resmi, Selasa (2/3).

Untuk diketahui, lampiran III Perpres Nomor 10 Tahun 2021 mengatur soal Bidang Usaha dengan Persyaratan Tertentu. Ada 46 bidang usaha yang terbuka bagi investasi, dengan persyaratan tertentu. Investasi industri minuman keras misalnya, diizinkan di 4 provinsi yakni Bali, NTT, Sulawesi Utara dan Papua.

Hal itu tertera di nomor 31, 32, dan 33 lampiran III Perpres Nomor 10 Tahun 2021, sebelum dicabut Jokowi.
Tapi di luar investasi industri minuman keras, pada nomor 44 dan 45 lampiran Perpres tersebut, juga ada diatur soal perdagangan eceran minuman keras beralkohol. Pada nomor 44, disebutkan perdagangan eceran minuman keras beralkohol dilakukan melalui jaringan distribusi dan tempat khusus.
Sedangkan pada nomor 45, mengatur secara spesifik perdagangan eceran minuman keras beralkohol di kaki lima.

sumber

Udah cape ribut bawa-bawa ayat ternyata masih bisa dijual bebas sampai kaki lima




bukti bahwa cukong lah yg kuasai negara ini...ampe wapres terkaget2 ada perpres ini....buah dari pembubaran fpi ternyata keluar perpres. miras
profile-picture
profile-picture
winehsuka dan LI0NmahoHeart memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
pacuan.kuda
kaskus addict
Yang anehnya miras oplosan banyak beredar dari dahulu kala
profile picture
namdokmai
kaskus maniac
Penghambat kemajuan kek fpi emang pantas musnah tuh.
profile picture
TheTenant
kaskus geek
Harusnya buat prepress legalin pipiss ontakk.....ehh udah Legalll kan ya.??
profile picture
qulit.qulup
kaskus addict
Simple aja, krn si wapres tidak mempunyai kompetensi.

ya maklum, namanya jg cm figuran.
profile picture
dabbrains
kaskus maniac
ngga ada miras = ngga ada cafe, dikotik & club malam = ngga ada cafe, dikotik & club malam ngga ada ladang duit buat dipalakin sama ormas seperti FPI

jangan-jangan sebenernya ormas-ormas yang menginginkan dicabut Izin Investasi Miras

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Betty
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di