CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Melonjaknya Harga Tanaman Hias Bukan Bagian dari Monkey Business, Agan Setuju?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603e935c85823925335e3a5a/melonjaknya-harga-tanaman-hias-bukan-bagian-dari-monkey-business-agan-setuju

Melonjaknya Harga Tanaman Hias Bukan Bagian dari Monkey Business, Agan Setuju?





Hai, hai, AganSis!

emoticon-Hai



Pecinta tanaman hias pasti terbebani yah dengan melihat harga di pasaran yang melambung tinggi. Bagi penggemar Monstera, Aglonema, Caladium dan sejenisnya pastilah kesulitan mendapatkan tanaman kesayangan. Bayangkan saja, harga per pohon saja bisa ratusan ribu bahkan jutaan. Apa sih istimewanya? Kenapa bisa semahal itu?


Berbagai pertanyaan terkait tanaman yang populer setahun belakangan ini dengan harga kian meroket menjadikannya tak masuk akal. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa naiknya nilai jual tanaman-tanaman ini adalah bagian dari monkey business.






Pertanyaannya, apakah itu monkey business?


Berdasar pada sumber yang ane baca, monkey business atau bisnis monyet bisa diartikan sebagai strategi bisnis yang bertujuan untuk merugikan orang lain dengan cara meningkatkan keuntungan bagi diri sendiri walaupun dengan penipuan. Walaupun bernama bisnis monyet, tapi bisnis ini tak berkaitan dengan monyet. Hanya berupa perumpamaan seperti monyet yang suka mengambil untung bagi dirinya sendiri. Adapun sistem dari bisnis ini bisa digambarkan seperti dalam kisah berikut ini.

Quote:



Nah pertanyaan selanjutnya yang ingin ane tanyakan pada AganSis sekalian adalah, benarkah peristiwa ini merupakan rekayasa dan permainan di balik layar yang istilah populernya monkey business?






Berdasar pengamatan pribadi, menurut ane sih melonjaknya harga tanaman hias kali ini tak ada hubungannya dengan monkey business. Dulu mungkin memang pernah terjadi pada batu akik dan bunga wijaya kusuma yang tetiba populer dan menarik minat masyarakat sehingga harga pun meroket. Sekarang? Keberadaan keduanya sudah seperti ditelan bumi.


Namun, yang terjadi pada batu akik dan bunga wijaya kusuma sangat berbeda dengan yang dialami pasar saat ini. Tanaman hias memang sedang diminati. Banyaknya permintaan membuat stok kian menipis hingga harga pun naik. Hal yang wajar terjadi dalam bisnis jual beli.


Terkait dengan harga beberapa tanaman tertentu yang bernilai jual ratusan hingga jutaan rupiah, tentunya ada faktor lain yang menjadi penyebabnya. Salah satu yang ane yakini adalah kelangkaan dari tanaman tersebut, serta tingkat kesulitan dalam membudidayakan.






Pasalnya, menanam atau membudidayakan tanaman tersebut tak semudah dengan hanya menaruh di dalam pot, disiram setiap hari, sudah. Beberapa aglonema dan caladium varietas baru merupakan hasil dari mutasi yang dikembangkan manusia. Tentu keberadaannya sangat langka karena prosesnya yang tak mudah. Mungkin alasan itulah yang menjadikan tanaman tersebut bernilai tinggi. Jika kelak sudah tak ada peminatnya bagaimana? Apakah harganya akan anjlok seperti yang terjadi pada batu akik? Tentunya tidak. Harganya akan tetap mahal, walau mungkin akan sedikit turun.


"Sekali emas, dia akan tetap emas. Naik turun harga itu wajar. Namun, emas tetap bernilai."


Jujur, ane sendiri belum pernah merasakan menanam tanaman tersebut karena tak sanggup membeli. Namun, dari pengalaman ane memelihara aglonema (jenis biasa), ane mendapat bayangan seperti apa rasanya menunggu tumbuhnya tanaman-tanaman langka tersebut.


Bayangkan saja, aglonema ane hanya berdaun setiap dua minggu sekali itupun hanya satu helai saja. Butuh berbulan-bulan untuk membuatnya rimbun. Apalagi sampai beranak pinak dan siap dipisah, pastinya membutuhkan waktu lebih lama lagi hingga tahunan. Jangan membayangkan seperti menanam bayam yang sebulan sudah rimbun dan bisa dipanen. emoticon-Big Grin


Jadi nggak salah dong kalau harganya mahal? 


Kesimpulannya apa? Ya, seperti yang ane katakan di atas. Melonjaknya harga jual tanaman-tanaman tersebut adalah karena banyaknya permintaan serta tingkat kesulitan dalam membudidayakan (pada jenis tertentu). Dan ini tak ada hubungannya dengan monkey business.


Nah, bagaimana menurut pandangan AganSis? Silakan share pendapatnya di kolom komentar yah! Terima kasih sudah menyimak dan bila berkenan silakan berikan cendol dan rate-nya.


Mari dukung penghijauan dengan memulai menanam!



emoticon-Shakehand2emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Staremoticon-Sundul Up




Penulis : @YenieSue0101
Opini Pribadi dan Link Disertakan
Ilustrasi : 1, 2, 3, 4


profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 43 lainnya memberi reputasi
Kebetulan di dekat rumah ada tempat yang di klaim (artikel di detik) sebagai pasar tanaman hias terbesar di indonesia. emoticon-Embarrassment semua tenant di situ menjual berbagai tanaman hias. Bahkan sekarang sampai ada 2 tempat berdekatan jaraknya (1 lagi saingan).

Waktu ane ke situ dan tanya harga beberapa harga jenis tanaman hias. Harganya gak masuk akal. pedagangnya asal nyeletuk aja kasih harga berbagai jenis tanaman. mulai dari 500 ribu sampai 5 juta. Terus untuk tanaman yang harga 500 ribu itu ane di rumah udah punya 3. Ane tawarin ke pedagangnya untuk bayarin 1/2 harganya tanaman ane, eh dia gak mau. wkwkwkwk... padahal ane cuman ngetest pedagangnya aja, becanda.

tanaman hias pada umumnya itu kan mudah di perbanyak / di budidayakan jumlahnya asal paham caranya. tidak seperti emas atau berlian yang perjuangan mendapatkannya jauh lebih sulit. sehingga harganya memang pantas tinggi.

jadi kalau tanaman hias ada yang harganya sampai seharga mobil. hmmmm.... mending uangnya untuk hal lain aja deh. meski keputusan akhir kembali ke anda si pemilik uang. dan zaman sekarang yang dikit-dikit viral itu biasanya dari circle mereka-mereka juga. istilahnya P3K = Penjual Pura-Pura Kolektor.

dan sejauh ini yang stabil untuk harga tanaman hias itu bonsai, untuk yang satu ini dari dulu memang ada pasarnya tersendiri. untuk bonsai cukup sulit ya membudidayakannya. di bandingkan tanaman hias lain yang non bonsai. khusus satu jadi ane anggap wajar.

kebetulan ane udah hobby koleksi banyak tanaman hias jauh sebelum pandemic sampai jadi trend yang booming banget seperti sekarang ini. mau viral atau enggak ane akan tetap suka berkebun dan koleksi tanaman hias. hehehe...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
noiss. dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh maria.olivia
profile picture
inget kasus jemani sama gelombang cinta gan ? wkwkwkwkwk ane dari dlu lebih prefer ke angrek sih harganya tetep stabil..... daripada taneman yg sekarang booming... beberapa saat kedepan harganya awut awutan
profile picture
maria.olivia
kaskus addict
@Tantrum666 ane ada 5 tanaman gelombang cinta. dulu di kasih teman bibitnya. sekarang sudah besar sekali tapi trendnya sudah habis. tetap aja ane pajang di pekarangan rumah. sebagai penghijauan.

sebenarnya booming tanaman hias ini ada dampak negatifnya juga. jadi ada trend pencurian / maling tanaman hias. yang punya tanaman hias jadi was-was.

soalnya tanaman hias aglonema ane pernah hampir di colong 2x sama bocah-bocah. akhirnya tanaman tertentu ane pindahin ke taman belakang rumah deh. padahal dulu belinya juga gak seberapa dan ada yg gratis hadiah juga. karena viral jadi incaran maling. emoticon-Hammer
profile picture
ya emang dulu sampe heboh banyak kasus kejahatan yg libatin taneman itu... kalo ga salah di daerah jawa tengah ada yg mukanya sampe di pacul.

ya liat aja ini juga trend tanaman yg sekarang kayanya ga bakalan lama lama bgt.
profile picture
ardannigga
kaskus addict
Nice inpo gan, kocak sih kalau emg harganya 500 rb dan stabil serta permintaan tinggi, itu langsung di iyain sama pedagangnya pasti lo jual cmn stghnya gan, tp ogah2an pedagangnya,wkwkwkwk dr sini dah keliatan biaya pokok produksinya gk segede yg agan tawarkan..
profile picture
maria.olivia
kaskus addict
@ardannigga itu tanaman yang kata si pedagang 500 ribu. ane awalnya punya 1 aja dan dulu belinya cuman puluhan ribu.

di tanam di pekarangan rumah tanpa perawatan khusus. Saking suburnya dan cepat tumbuh sampai rimbun banget. Jadi ane bagi lagi sekarang jadi 3 setelah ane pisah ke beberapa pot besar.

entah atas dasar perhitungan yang seperti apa si pedagang bisa kasih harga tanaman tersebut sampai 500 ribu. hehehe...
profile picture
Rinka17 
KASKUS Plus
Ada persekongkolan
profile picture
maria.olivia
kaskus addict
ini tanaman hias yang ane maksud. Yang kata pedagang 500 ribu. 🤭 kalau emang laku segitu. Ane lepas deh. Ikhlas banget. 😜

profile picture
@maria.olivia bagus halamannya...
profile picture
Inbox.Kosong
kaskus addict
Rumahnya hijau dan asri, mantap.
profile picture
f.shabri
kaskus addict
Rumahnya saya tuker 1 pot janda bolong mau ga gan? emoticon-Angkat Beer
profile picture
Inbox.Kosong
kaskus addict
Tinggal dimana mbak @maria.olivia, tempatnya enak. Ada tanah dijual gak wkwkwk
profile picture
maria.olivia
kaskus addict
@Inbox.Kosong ada banyak tanah dan rumah kosong yang di jual sama developernya sih. tapi ane gak jualan ya. wkwkwk... hubungi langsung nomor salesnya aja.
profile picture
Inbox.Kosong
kaskus addict
Daerah mana nih mbak?
profile picture
noiss.
Auto Banned
@Tantrum666 iya gan mendingan anggrek stabil.. Orang pada jadi korban jaman.. Lagi jaman tanaman anu ikutan beli tau tau mahal padahal aslinya murah 😃
profile picture
noiss.
Auto Banned
@maria.olivia coba pamerin tanaman hias yg lain... Yg berwarna gitu tanaman nya..
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 18 dari 18 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di