CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Catat! Selama 6 Bulan Kedepan, Beli Rumah dan Apartemen Dibawah Rp2 Miliar Gratis PPN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603dfa8af5ec5819a4441cd6/catat-selama-6-bulan-kedepan-beli-rumah-dan-apartemen-dibawah-rp2-miliar-gratis-ppn

Catat! Selama 6 Bulan Kedepan, Beli Rumah dan Apartemen Dibawah Rp2 Miliar Gratis PPN



INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah memberikan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk penyerahan rumah tapak dan rumah susun selama 6 bulan untuk masa pajak 1 Maret hingga 31 Agustus 2021. Hal ini untuk mendorong konsumsi dan produksi perumahan di masa pandemi.

Adapun besaran PPN yang Ditanggung Pemerintah (DTP) yaitu 100% untuk penyerahan harga jual rumah tapak dan rumah susun baru maksimal Rp2 miliar.
kemudian diskon 50% untuk harga jual di atas Rp2 miliar hingga maksimal Rp5 miliar. 

Kebijakan ini berlaku untuk maksimal 1 unit rumah tapak atau rumah susun untuk 1 orang dan tidak boleh dijual kembali selama 1 tahun serta sudah siap diserahkan secara fisik dalam periode 1 Maret-31 Agustus 2021.  

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan kebijakan ini melengkapi 4 kebijakan sebelumnya di sektor perumahan yaitu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), kebijakan selisih bunga (SSB), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) tahun 2018.

"Kebijakan ini melengkapi 4 kebijakan sebelumnya di sektor perumahan yaitu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun 2021 sebesar Rp16,6 triliun untuk 157.500 unit rumah, kebijakan selisih bunga (SSB) sebesar Rp5,96 triliun, subsidi bantuan uang muka (SBUM) Rp630 miliar untuk 157 ribu rumah dan alokasi untuk pembiayaan perumahan berbasis tabungan (BP2BT) tahun 2018," jelasnya secara virtual seperti dikutip redaksi Industry.co.id pada Selasa (2/3/2021).

Menurut Basuki, secara keseluruhan, capaian program tahun 2020 dengan fasilitas pembebasan PPN bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah (MBR) mencapai Rp2,92 triliun untuk 200.972 unit rumah.

Baca Berita Selengkapnya:
https://www.industry.co.id/read/8152...iar-gratis-ppn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
Realitanya pasti beda. Penjual or developer pasti ngambil celahnya....emoticon-Ngakak
profile picture
KyraAltair
kaskus maniac


celah apaan, kalau enggak tahu apa2 gak usah komen, keliatan dungunya tar

buat penjual dan developer justru ngurangin beban mereka baik administrasi maupun finansial, buat lapor dan setor PPN, apalagi perusahaan properti itu PPh Badannya final, so kalau mereka rugi tetep bayar PPh, otomatis dengan hilangnya kewajiban mungut PPN setiap jual rumah itu ngebantu cash flow mereka, dan dari segi bisnis jelas mempermudah penjual dan developer buat jual produk2nya karena harga jual jadi turun, jelas akan berpengaruh ke minat beli konsumen

Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di