CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Catat! Selama 6 Bulan Kedepan, Beli Rumah dan Apartemen Dibawah Rp2 Miliar Gratis PPN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603dfa8af5ec5819a4441cd6/catat-selama-6-bulan-kedepan-beli-rumah-dan-apartemen-dibawah-rp2-miliar-gratis-ppn

Catat! Selama 6 Bulan Kedepan, Beli Rumah dan Apartemen Dibawah Rp2 Miliar Gratis PPN



INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah memberikan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk penyerahan rumah tapak dan rumah susun selama 6 bulan untuk masa pajak 1 Maret hingga 31 Agustus 2021. Hal ini untuk mendorong konsumsi dan produksi perumahan di masa pandemi.

Adapun besaran PPN yang Ditanggung Pemerintah (DTP) yaitu 100% untuk penyerahan harga jual rumah tapak dan rumah susun baru maksimal Rp2 miliar.
kemudian diskon 50% untuk harga jual di atas Rp2 miliar hingga maksimal Rp5 miliar. 

Kebijakan ini berlaku untuk maksimal 1 unit rumah tapak atau rumah susun untuk 1 orang dan tidak boleh dijual kembali selama 1 tahun serta sudah siap diserahkan secara fisik dalam periode 1 Maret-31 Agustus 2021.  

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan kebijakan ini melengkapi 4 kebijakan sebelumnya di sektor perumahan yaitu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), kebijakan selisih bunga (SSB), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), dan Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) tahun 2018.

"Kebijakan ini melengkapi 4 kebijakan sebelumnya di sektor perumahan yaitu Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun 2021 sebesar Rp16,6 triliun untuk 157.500 unit rumah, kebijakan selisih bunga (SSB) sebesar Rp5,96 triliun, subsidi bantuan uang muka (SBUM) Rp630 miliar untuk 157 ribu rumah dan alokasi untuk pembiayaan perumahan berbasis tabungan (BP2BT) tahun 2018," jelasnya secara virtual seperti dikutip redaksi Industry.co.id pada Selasa (2/3/2021).

Menurut Basuki, secara keseluruhan, capaian program tahun 2020 dengan fasilitas pembebasan PPN bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah (MBR) mencapai Rp2,92 triliun untuk 200.972 unit rumah.

Baca Berita Selengkapnya:
https://www.industry.co.id/read/8152...iar-gratis-ppn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 13 lainnya memberi reputasi
kayaknya negara butuh uang

berbagai cara dilakukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
noiss.
kaskus addict


WKKWKWKKWKWK 😃
profile picture
chang.nana
kaskus addict
gue malah curiga jangan jangan negara menuju kebangkrutanemoticon-Cool
profile picture
KyraAltair
kaskus maniac
ngapus PPN itu malah ilang duit mas bodoh, gedean pendapatan dari PPN daripada dari BPHTB dan PPh 4 ayat 2nya
profile picture
gonugraha76
kaskus addict
Justru negara kehilangan potensi pendapatan dari PPN gan. Intinya negara baru meningkatkan daya beli masyarakat dengan paket stimulus ekonomi. Yang untung justru masyarakat yg pengen beli karena harganya jadi lebih terjangkau lagi.
profile picture
t1s
kaskus addict
@gonugraha76 kalo semakin banyak yg ambil mobil pasti negara untung, daripada spt skrg ini sepi

pendapatan dari pajak dealer mobil jg menurun, makanya perlu dicari trik agar penjualan rame sehingga ada masukan ke pemerintah

diskon itu pemancing agar konsumen tertarik dan sifatnya sementara

di penjualan mobil terdapat banyak pajak² bisa dilihat di stnk

yg dihilangkan hanya 1 jenis pajak tp pajak² mobil lainnya masih berlaku
profile picture
4b4n6
kaskus addict
@gonugraha76 @t1s iyaxz benar sekali....seperti goj.. Gra... Shop... Pay... Go.. Pay...dll Kasih cashback... Yh dia tetap dpt pendapatan dr penjualan

Yang tadinya konsumen ga mau belanja, jadi belanja..
profile picture
gonugraha76
kaskus addict
@4b4n6 @t1s bener gan, pemerintah dah babak belur aja masih ada yg salah paham soal ekonomi nasional. Semua perih ngerasain efek pandemi yg mengubah hampir semua sektor ekonomi. Tapi apapun yg terjadi n gimana caranya roda ekonomi tetap harus bergerak merayap maju.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di