CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jangan Klakson Terus! Ini Alasan Kenapa Lampu Merah Lebih Lama Daripada Hijau
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603b929772fc470c31380a40/jangan-klakson-terus-ini-alasan-kenapa-lampu-merah-lebih-lama-daripada-hijau

Jangan Klakson Terus! Ini Alasan Kenapa Lampu Merah Lebih Lama Daripada Hijau



[ HT# 706 ]

Semua orang pasti tahu dan tidak asing dengan yang namanya lampu merah/traffic lightyang terdiri dari 3 warna Merah, Hijau, dan Kuning biasa di temukan di perempatan jalan atau simpangan jalan utama.

Kita sebagai pengendara yang taat dengan peraturan di jalan raya wajib hukumnya mematuhi dan mengerti arti setiap warna Merah, Hijau dan Kuning ini dimana biasanya menyala seacara bergantian, berurutan, dan teratur yang tujuannya agar kendaraan tertib dan bergantian jalan.

Tapi tahukah kamu kalau nyala setiap lampu merah itu memiliki standarisasi di durasi atau waktu menyala yang unik? Bisa dikatakan dari sekian lampu merah setiap jalan tidak memiliki durasi menyala yang seragam karena beberapa sebab.

Faktor paling utama kenapa waktu yang sama tidak secara resmi di tetapkan dilapangan adalah karena intensitas atau kepadatan kendaran sulit di prediksi menjadi alasan utama kenapa terkadang kita menemukan salah satu lampu menyala lebih lama atau lebih cepat berganti warna lain.

Ada yang menyala Merah begitu lama, ada yang Kuning terasa begitu cepat. Kalau saja lampu merah bisa di atur pakai remot tv pasti saya akan selalu bawa remote tv dari rumah!

Bahkan pernah ada sebuah joke satir mengatakan; ".. kita ini memang aneh, bela-belain diam lama di lampu merah nunggu Hijau. Eh, giliran Hijau udah menyala malah kita tinggal!". Wkwkwk emoticon-Big Grin

Pengaturan waktu pada setiap warna lampu merah ini dalam sistem komputerisasi standarisasi dunia disebut dengan teknologi Actuated Controller.

Pada setiap tiang lampu merah itu memiliki sensor yang mampu membaca keberadaan kendaraan, kepadatan, dan gerak kendaraan di tempat dalam jarak tertentu. Jika area sensor sedang 'over limit' maka sensor akan menganggangap jalur sedang padat, begitu juga sebaliknya.



Tapi kita juga patut berbangga karena Indonesia sendiri juga memiliki teknologi pengembangan yang tak kalah canggih yang disebut dengan sistem Logika Fuzzy.

Dimana kecepatan lampu merah dengan sistem Logika Fuzzy kemudian menyempurnakannya yakni lebih mampu menurunkan perlambatan kendaraan 48,44%, dan panjang antrian kendaraan hingga sebesar 56,24%; dibandingkan dengan lampu merah konvensional sebelumnya (Actuated Controller).

Itu artinya pergantian berhenti atau giliran berjalan kendaraan di setiap perempatan atau persimpangan jalan yang terdapat lampu merah jadi berjalan lebih tertib.

Jadi jika kamu merasakan ada lampu Merah terasa lebih lama dari biasanya kemungkinan jalur dari arah lain lebih padat dan kita benar-benar harus menunggu giliran berjalan. Harap bersabar, ini ujian.

Bahkan mungkin bagi kamu yang sudah terbiasa (karena terpaksa) atau mau tidak mau bertemu lampu merah di jalur ini berasa parno dan kesal karena sering kelamaan menunggu giliran jalan.


Menunggu adalah hal yang membosankan terlebih di situasi yang panas, berdempetan kaya ikan sarden, macet, bising, dan berpolusi asap dari knalpot rombengan.

Bahkan saya pernah mengamati beberapa titik lampu merah yang menyala Merahnya cukup lama padahal dari jalur berlawanan sudah terlihat kosong, entah, apakah lampu merahnya sedang lelah atau sedang error?

Referensi. sebuah opini
Img.google img





Copyright © 2016 - 2021 iskrim™
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hiestelle dan 42 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Kalau masalah suka langsung main klakson begitu nyala hijau sih, ada yang niatnya buat mengingatkan pengguna jalan lain sih. Kadang kelamaan nunggu, jadi ga konsen perubahan warna lampunya.

Kalau emang ada sistem pengaturan waktu nyala lampu sih itu masalah sistemik perkotaan. Kasarnya sih, jangan lagi memadati kota.

Andai perkotaan jadi selengang pedesaan, APILL bisa dihilangkan.
profile-picture
profile-picture
taosipudan dan iskrim memberi reputasi
Diubah oleh riansantoso4776
profile picture
Ane kalo lampu merah dapet grid paling depan pasti fokus nungguin ijo gan biar yg belakang ga terganggu.
Biasa suka ada tuh yg grid depan bengong. Udah ijo dia malah tercengang. Ane kasi klakson pendek aja biar nyadar. Org ga bakal marah sih kalo kita klaksonnya nggak provokatif.
Klakson juga ada tata kramanya sih.
emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di