CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Kebanjiran? Lakukan Cara Ini Agar Tidak Kewalahan Saat Menghadapinya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603be80056243750367cf610/kebanjiran-lakukan-cara-ini-agar-tidak-kewalahan-saat-menghadapinya

Kebanjiran? Lakukan Cara Ini Agar Tidak Kewalahan Saat Menghadapinya!

Tips dan Trik Ala Cahaya Saat Menghadapi Banjir Agar Tidak Kewalahan



Pada tahun 2020 pengalaman banjir paling banyak yang saya rasakan dan pertama kali harus menghadapi sendiri tanpa suami.


Banjir-banjir sebelumnya suamilah yang selalu membereskan barang-barang diletakkan ke tempat yang lebih tinggi, namun pada bulan Oktober 2020 suami sedang kerja dan belum pulang.


Belajar dari pengalaman tersebut kini saya lebih siap dalam menghadapi banjir, dikhawatirkan kejadian bulan Oktober terulang kembali.


Tips dan Trik Ala Cahaya dalam Menghadapi Banjir:



👉 Jangan Panik


Spoiler for :


Wajar jika kepanikan terjadi, banjir terakhir di tahun 2020 saya mengalami kepanikan, melihat air yang keluar dari pintu, seperti pintu akan jebol, air naik begitu cepat.

Spoiler for kondisi kali jebol, saat banjir terakhir Feb 2021:


Kala itu saya teriak minta tolong, karena barang-barang masih banyak yang di bawah, alhasil kasur, buku-buku, dan barang lainnya tidak keburu saya naikkan ke atas, padahal waktu yang saya gunakan untuk minta tolong, cukup untuk memindahkan barang-barang tersebut.


👉 Membuat Panggung/Rak dari Baja Ringan lebih Awet

Spoiler for :


Meskipun di rumah sudah ada panggung dari kayu, tetapi panggung tersebut sudah penuh dengan barang-barang, kayunya pun sudah mulai lapuk dengan rayap dikarenakan sering terkena air bah 

Spoiler for bikin panggung dari baja ringan, tutorial lihat youtube, irit biaya tukang:


Tips dari saya buatlah panggung dari baja ringan, agar lebih awet, biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp. 1 juta sudah dengan tripleknya dengan ukuran panggung 5x7 cukup untuk meletakkan banyak barang.

Spoiler for :


👉 Meletakkan Pakaian/Barang yang Jarang Dipakai ke Dalam Box Container 

Spoiler for :


Untuk pakaian/barang-barang yang jarang dipakai, sebaiknya disimpan dalam box container, kalau diletakkan di lemari semua, akan kewalahan dengan memindahkan baju yang cukup banyak, belum lagi jika panik, saat dipindahkan baju akan jatuh ke dalam air bah, alhasil basah semua.

Spoiler for :


Meskipun rumah sudah ditinggikan tetap saja air masuk dalam kamar, untuk lemari bagian bawah letakkan pakaian/handuk ke dalam tas, seperti di gambar, jika banjir datang, langsung pindahkan ke atas.


👉Hindari Lemari dari Kayu dan Ikat Lemari Kayu/Plastik


Spoiler for :


Kalau kalian tinggal di daerah banjir, usahakan jangan beli lemari dari kayu, karena akan cepat rusak. Pilihlah lemari dari plastik yang mudah diangkat dan dicuci jika terkena air bah.

Spoiler for lemari diikat:



👉 Siapkan Kantong-Kantong di Tempat yang Terjangkau

Spoiler for :


Kantong-kantong sangat diperlukan jika banjir menghadang, siapkan setidaknya kantong besar hitam yang biasa buat sampah, atau siapkan ember-ember besar untuk meletakkan pakaian/barang-barang yang di dalam lemari plastik.


👉 Meletakkan Barang Elektronik di Meja


Spoiler for kulkas sudah beberapa kali kena air bah:


Kerepotan saat menggotong barang elektronik seperti kulkas dan mesin cuci ke tempat yang lebih tinggi, akhirnya keluarga kami berinisiatif untuk meletakkan kulkas di atas meja, usahakan kaki meja dari besi, lebih berat untuk menahan deras arus air bah.


Quote:


👉 Siapkan Batu Kali Besar

Spoiler for :


Untuk kalian yang belum pernah mengalami banjir pasti bingung untuk apa batu kali besar, batu kali besar fungsinya untuk menutup lubang WC, karena kalau tidak ditutup rumah akan menjadi septic tank dadakan.


Sebelum batu kalinya diletakkan di lubang wc, gunakan kain bekas yang dibungkus plastik untuk penutup pertama, baru batu kalinya.


👉 Gunakan Paralon


Spoiler for setiap hari disikat, sudah bernoda, abaikan penampakan😬✌️:


Bisa dilihat pada gambar di atas, jadi lubang saluran air, gunakan paralon seperti itu, paralon tersebut ada 2 tingkat, bagian pertama dibikin lubang kecil-kecil untuk aliran air ketika beraktivitas.


Paralon yang kedua, kalau banjir baru gunakan, paralon pertama dilepas, ganti bagian atasnya, meskipun air tetap masuk, tetapi cukup membantu agar aliran air bah tidak begitu deras masuk melalui kamar mandi.


👉 Gunakan Kasur Lipat

Spoiler for :


Awal menikah kasur kami adalah kasur berisikan kapuk, pas air masuk, untuk memindahkan kasur sangat berat, alhasil ketika banjir besar tidak keburu diangkat, dan berakhir dipembuangan.


Sebagai pengganti, akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan kasur lipat, dan puji syukur sangat meringankan saat banjir datang.



Itulah beberapa tips dan trik dari saya saat menghadapi banjir agar tidak kewalahan saat menghadapinya.


Untuk membersihkan kotoran-kotoran/lumpur dalam rumah, usahakan sebelum air bah surut, karena kalau banjir besar, akan ada pemadaman listrik, jadi kalau nunggu benar2 surut, kotoran akan lebih menempel, dan menggunakan air bah untuk membersihkan irit penggunaan air pun.


Mungkin ada dari kaskuser yang ingin menambahkan?


Quote:


Quote:


Kalau ngontrak rumah kebanjiran, segera pindah!emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Big Grin



Stay Health, selalu sediakan vitamin.



Jakarta, 1 Maret 2021
Senin, 12:19



Terimakasih yang sudah membaca


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Keep smile and istiqamah.


Kalau saya keder dalam menarasikan, tolong beri saran dan kritik dengan cara yang sopan.
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


Pengalaman pribadi, gambar dokumen pribadi


profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Cahayahalimah
Tetap saja masih trauma saat hujan besar
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di