CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Inilah 7 Tips Merawat Ban Mobil Agar Awet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6036f4abb5c991798c0edba1/inilah-7-tips-merawat-ban-mobil-agar-awet

Inilah 7 Tips Merawat Ban Mobil Agar Awet

Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Ban sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan dalam berkendara di jalan raya. Meski posisi komponen kendaraan ini letaknya di bagian bawah kendaraan, namun tanpanya, mobil tidak akan dapat melaju. Untuk itu artikel ini akan membahas tips merawat ban mobil.
 

Masih banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan atau tidak peduli dalam merawat ban mobil. Sama seperti komponen lain pada mobil, ban juga membutuhkan perawatan secara rutin agar tetap awet. Jika ban mobil tidak terawat, maka umur pemakaiannya tidak akan lama. Ban akan menjadi mudah rusak.
 

Selain sebagai penunjang kenyamanan dan keamanan, ban mobil juga berfungsi membantu kinerja mesin mobil. Jika, ban mobil dibiarkan tidak terawat, bukan menjadi tidak mungkin penggunaan bahan bakar minyak menjadi lebih meningkat atau boros.
 

Merawat ban mobil tidak begitu sulit. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Sebaiknya perawatan ban dilakukan sejak ban baru terpasang pada velg. Jangan menunggu berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun. Anda bisa melihat tips merawat ban mobil sederhana dengan mengikuti langkah-langkah melakukan perawatan ban mobil.

1.    Memeriksa Tekanan Angin Ban Mobil

Tips merawat ban mobil yang pertama, yaitu melakukan pemeriksaan tekanan angin pada ban. Memeriksa tekanan angin dilakukan agar ban mobil tahan lama, apalagi bagi Anda yang hendak bepergian jauh menggunakan mobil. Pemeriksaan ban mobil harus dilakukan secara berkala, paling tidak sekali dalam sebulan. Anda harus memastukan tekanan angin dalam ban mobil sudah sesuai dengan yang direkomendasikan, tidak kurang dan tidak pula lebih.

2.    Merotasi Ban Mobil

Selain melakukan pemeriksaan tekanan angin, Anda juga harus merotasi ban mobil. Merotasi ban mobil akan membuat umur pemakaian ban lebih panjang.
Gesekan yang sering terjadi pada ban mobil dapat menyebabkannya cepat botak. Sebelum permukaan ban menjadi rata, sebaiknya Anda merotasi ban depan dengan ban belakang. Rotasi ban mobil bisa Anda lakukan setiap 7.500 sampai 10.000 km.
3.    Memeriksa Keseimbangan Ban Mobil

Tips merawat ban mobil selanjutnya, yaitu memeriksa keseimbangan ban mobil. Agar ban mobil Anda tahan lama, Anda harus melakukan spooring dan balancing. Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara, pemeriksaan keseimbangan mobil harus dilakukan secara berkala. Spooring dan balancing dapat Anda lakukan setiap rotasi ban, pergantian ban atau jika ban bergetar ketika mencapai kecepatan tertentu.

4.    Rutin Melalukan Pengecekan Visual

Dalam melakukan perawatan ban mobil, Anda tidak boleh melakukan pengecekan visual secara teratur. Hal ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah, tanpa harus ke bengkel. Jika pada dinding ban mobil Anda terdapat sayatan atau benjolan, Anda perlu waspada. Sebab, hal tersebut bisa mengurangi daya tahan ban. Bahkan, lebih fatalnya ban mobil dapat meledak.
5.    Perhatikan Ukuran Ban Mobil

Hal wajib dalam merawat mobilyang harus Anda lakukan, yaitu memerhatikan ukuran dan jenis ban mobil. Perlu Anda ketahui bahwa ban mobil jenis citycar tentu berbeda dengan ukuran dan jenis ban mobil berjenis MPV. Pastikan Anda menggunakan ban yang tepat dan sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang dianjurkan untuk mobil Anda.
6.    Tutup Pentil Ban Harus Terpasang

Tips merawat ban mobil ini terlihat sederhana, namun sering kali dilupakan. Saat sedang terburu-buru setelah mengisi angin ban, tidak jarang Anda lupa memasang tutup pentil ban kembali. Sebaiknya Anda lebih teliti dalam hal ini, karena tanpa penutup pentil ban akan mengalami kebocoran dan dapat mengurangi tekanan ban mobil Anda.

7.    Membawa Barang Secukupnya

Sebelum membawa barang ke dalam mobil, sebaiknya Anda perhatikan lebih dahulu kode pada bagian ban. Kode tersebut berisi keterangan jumlah berat beban yang mampu ditahan ban mobil Anda. Memaksakan ban menanggung beban barang melebihi kemampuannya dapat membuat ban cepat rusak.
 

Nah, itulah 7 tips merawat ban mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.


Sumber: https://www.blogotomotif.info/2020/1...obil-agar.html
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
mw semewah apa pun dan sekenceng apapun kendaraan, tetep ban kudu jd perhatian utama. Miris kl liat org mobil berkelas tp ban tipis, giliran gamboss bs danger bt all. Safety is number one, Tire is critical point.
profile-picture
blogotomotif memberi reputasi
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di