CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Legalkan Investasi Miras, MUI Berikan Tanggapan Menohok
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603b99a1544134283410a5e1/jokowi-legalkan-investasi-miras-mui-berikan-tanggapan-menohok

Jokowi Legalkan Investasi Miras, MUI Berikan Tanggapan Menohok



Jokowi Legalkan Investasi Miras, MUI Berikan Tanggapan Menohok

Suara Kebijakan Presiden Joko Widodo yang menetapkan minuman keras (miras) sebagai daftar positif investasi (DPI) menuai banyak kecaman.

Kekinian, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Cholil Nafis memberikan pesan menohok terkait legalisasi investasi industri miras.

Melalui akun Instagram miliknya, @chololnafis, ia dengan tegas menyatakan melegalkan izin investasi minuman keras atau miras hukumnya haram.

Cholil menegaskan, melegalkan kebijakan investasi miras sama halnya dengan mendukung peredaran miras di Indonesia, meskipun hanya diberlakukan di beberapa provinsi di Indonesia.


"Termasuk yang melegalkan investasi miras itu sama dengan mendukung beredarnya miras, maka hukumnya haram," kata Cholil seperti dikutip dari Suara.com, Minggu (28/2/2021).

Menurut Cholil, jika negara melarang peredaran miras maka seharusnya juga melarang investasi miras di Tanah Air.

Alasan kearifan lokal dinilai oleh Cholil Nafis tak bisa digunakan untuk menghalalkan legalitas investasi miras.


"Tak ada alasan karena kearifan lokal kemudian malah melegalkan dalam investasi miras, itu merusak akal pikiran generasi bangsa," tegasnya.

Cholil mengutip hasil penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebut ada lebih dari 3 juta orang meninggal akibat miras pada 2014. Angka kematian tersebut lebih banyak dari jumlah kematian akibat Covid-19.


Ia juga menyebut dalil haram meminum miras hingga bukti kriminalitas terjadi akibat miras banyak ditemui.


"Sudah jelas mudharatnya lebih banyak dari manfaatnya. Buat apa pemerintah melegalkan investasi miras?" ungkap Cholil.

Cholil Nafis menyerukan untuk menolak kebijakan investasi miras tersebut diberlakukan untuk semua umur.

"Tolak miras dan dukung RUU jadi UU pelarangan miras untuk semua umur. Bismillah," tukasnya.

Investasi Industri Miras

Presiden Jokowi telah menetapkan industri minuman keras masuk dalam Daftar Positif Investasi (DPI) mulai 2 Februari 2021.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Penanaman modal baru hanya dapat dilakukan di beberapa daerah di Indonesia, yakni Provinsi Bali, Provinsi Nusa Ternggara Timur (NTT), Provinsi Sulawesi Utara, dan Provinsi Papua dengan memperhatikan budaya serta kearifan lokal.


Nantinya, penanaman modal tersebut juga akan ditetapkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berdasarkan usulan gubernur.


----++++----

Sayang ormas laskar tukang demo sudah dibubarkan emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh andika.1stravel
diajak maju susah, toh bukan daerah mayoritas muslim juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andika.1stravel dan 5 lainnya memberi reputasi
profile picture
kalo mau maju bukan mabok bego
pendidikan yang diutamain, elo sekolah sono kebanyakan teler aja
profile picture
c33e33z
kaskus addict
@bukan.songoku miras bisa bikin mabok

yg suruh minum sampe mabok siapa?
lu pikir tapir aseng orang luar negeri tiap hari minum miras sampe mabok? ya kagak lah

nyuruh ane sekolah? mau adu gelar ini ceritanya wkwkwkwk
profile picture
m0de83g0
kaskus addict
@bukan.songoku kulkas termasuk minuman keras gak sih??? emoticon-Mad
profile picture
alluxes2
kaskus addict
@bukan.songoku emang minum beralkohol udh pasti mabuk? Gw jg salah satu yg senang bir kaleng, berapa kaleng diminum biar mabuk? Sebelum mabuk udh kembung dluan,
profile picture
@bukan.songoku mending ente ngocok aje gan, gausah komen2 gajelas
profile picture
@bukan.songoku maen dulu yg jauh ah bro baru komen emoticon-Embarrassment
profile picture
@bukan.songoku contoh orang dungu, komennya sama konteksnya ga nyambung cuk emoticon-Wkwkwk
profile picture
hantuair3222222
aktivis kaskus
elo sekolah gak sih?
profile picture
wkwkwk kadrun detected, dikira kalo minum auto mabuk

pemahaman k-drone memang luar binasa
profile picture
saktihikari
kaskus addict
@SexyBitchy maklmu Uclim belum pernah minum Miras jadi dia taunya cuman lewat pengajian aja yg bilang kalau minum miras mesti mabuk
profile picture
puja992
kaskus addict
Yang lu liat aseng kaya dan suksesnya. Tapi ga ngeliat kerugian yang di sebabkan miras.
profile picture
c33e33z
kaskus addict
@puja992 kerugian apa yg disebabkan miras?
profile picture
aripin.supeni
kaskus holic
@bukan.songoku @c33e33z

Sependapat dgn agan @bukan.songoku

@c33e33z Oh, jadi banyak gelar ni? Tapi kok tetap goblok? 😁

Miras=minuman keras /beralkohol, kadar alkohol tiap miras berbeda.
Pertanyaannya, tujuan lu ngemiras apa?
Ngangetin badan kek org luar? 😁
Logika dipakai, kebanyakan gelar malah tambah goblok begini. 😁


profile picture
c33e33z
kaskus addict
@aripin.supeni @bukan.songoku

ya sama kaya agan minum air putih tujuannya apa?

supaya ga haus
emang logika lo bikin lo pinter?

berarti orang selain Indonesia dmn miras gak legal goblok semua? yg pinter cuma orang Indonesia yg ga minum miras saja kah...,
profile picture
aripin.supeni
kaskus holic
@bukan.songoku @c33e33z Baca dan pahami komen gw yg bener ya nak, katanya banyak gelar, memahami kalimat sederhana saja gak bisa, lu banyak gelar bukannya tambah pinter malah tambah goblok, org lain rame2 mabok agama, lu malah mabok gelar. 😁
profile picture
puja992
kaskus addict
@c33e33z dari segi kedokteran sudah sepakat jika minuman keras itu membahayakan tubuh. Anyway duaperiode gw pilih si joko. Dan sekarang hopeless banget sama kebijakan buat tambal sulam pendapatan negara dengan cara seperti ini. Kalo lu masih ga paham, gw angkat tangan !!!
profile picture
c33e33z
kaskus addict
@aripin.supeni @bukan.songoku orang lain siapa yg mabok agama paling cuma +62
profile picture
c33e33z
kaskus addict
@puja992 ya suds 2024 ga usa milih wiwi lagi mudah kan?

iya membahayakan tubuh, tapi yg ga pernah minum juga sakit" an dan mati pada akhirnya
profile picture
puja992
kaskus addict
Negara luas dan kaya akan sumber daya mineral, mempunyai potensi di beberapa bidang yang negara lain tidak punya, hanya berpacu pada jualan miras yang jangankan minum miras, notabene pada saat ini orang-orang hanya berpikir untuk memenuhi perut saja sudah mati-matian.

Oh ya, buat paragraf yg terakhir lu tulis, tolong sampaikan kepada istri anak saudara ayah ibu dan seluruh orang-orang terdekatmu. Let's drunk
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 19 dari 19 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di