CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Polisi Virtual Resmi Beroperasi, Warganet Dipantau 24 Jam Full!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6039fe6e9b14ef3a4d2579ce/polisi-virtual-resmi-beroperasi-warganet-dipantau-24-jam-full

Polisi Virtual Resmi Beroperasi, Warganet Dipantau 24 Jam Full!


Tak dapat dipungkiri bahwa dunia maya merupakan tempat paling ekspresif dibandingkan dunia nyata. Banyak yang merasa powerfull jika sudah berada di dunia maya. Sosok pendiam, yang susah beradaptasi di dunia nyata bisa menjelma menjadi sosok yang gahar, lantang, dan blak-blakan, tak takut apa pun, bahkan terkesan mbelenger.

Mungkin karena ia merasa tidak perlu menunjukkan jati diri siapa aslinya lo di dumay, ia pun bisa menjelma menjadi apa pun juga, tanpa perlu takut dikeroyok massa seperti maling-maling yang tertangkap basah melakukan aksinya. Ia berlindung dalam kepalsuan.

Mungkin hal inilah yang menjadikan dunia maya ajang war bagi para penggunanya. Banyak sekali akun-akun yang bertindak dan memposting seenak jidat tanpa melihat dampak yang akan dihasilkan kelak. Bahkan, sekarang banyak jasa buzzer bayaran demi mencari kesalahan lawan. Ujaran kebencian dijadikan ajang mencari nafkah.

Pemerintah baru-baru ini telah meresmikan polisi virtual, yang mana para polisi virtual ini nanti akan memantau semua aktifitas pengguna media sosial. Bagi siapa yang terdeteksi melanggar UU ITE, salah satunya yang paling banyak beredar kini adalah ujaran kebencian, maka secara otomatis akan ditindak lanjuti oleh para polisi virtual.

Salah satunya adalah dengan mengirim peringatan melalui jalur pribadi kepada pengguna yang melanggar aturan. Peringatan akan terus dilakukan hingga akun terduga menghapus postingan yang diduga melanggar aturan. Jika ada seseorang yang merasa tersinggung, kemudia ia melaporkan akun terduga ujaran kebencian, maka pengguna akun tersebut bisa diproses secara hukum.
Harapannya agar perang di dunia maya bisa diredam.

Netizen Indonesia memang terkenal dengan ke-julid-an dan ke-nyinyir-an yang hakiki. Terlalu ekspresif hingga terkesan kebablasan jika berkomentar atau pun membuat postingan pribadi. Ane sih tipe orang yang nggak mau ambil pusing asal nggak langsung menunjuk muka ane. Ane juga kadang mencari hiburan di kolom komentar berita-berita viral, menurut ane selain julid, komen-komen warganet banyak yang menghibur, ane salah satunya orang yang mencari kebahagiaan di kolom komentar.

Apakah dengan resminya polisi virtual yang ditugaskan memantau media sosial nanti dapat membuat keriuhan hingga perang antar warganet dapat diredam? Apakah gelombang berita-berita hoax yang beredar cepat dapat diredam? Ane sih berharap media sosial bisa banyak memberi dampak positif bagi kehidupan, dalam artian damai tanpa ada lagi ujaran kebencian yang berujung saling caci dan menghina.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Mari saling berbalas komen dengan santuy. Jaga kesehatan, terapkan selalu protokol kesehatan. Sehat dan bahagia selalu.

Referensi
Sumber gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iissuwandi
Makanya dulu saya bilang kalau pindah whatsup(karena takut dipantau fb) ke signal kek atau telegram kek pasti telihat oleh polisi virtual kalau ucapan tidak dijaga.
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di