CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Polisi Virtual Resmi Beroperasi, Warganet Dipantau 24 Jam Full!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6039fe6e9b14ef3a4d2579ce/polisi-virtual-resmi-beroperasi-warganet-dipantau-24-jam-full

Polisi Virtual Resmi Beroperasi, Warganet Dipantau 24 Jam Full!


Tak dapat dipungkiri bahwa dunia maya merupakan tempat paling ekspresif dibandingkan dunia nyata. Banyak yang merasa powerfull jika sudah berada di dunia maya. Sosok pendiam, yang susah beradaptasi di dunia nyata bisa menjelma menjadi sosok yang gahar, lantang, dan blak-blakan, tak takut apa pun, bahkan terkesan mbelenger.

Mungkin karena ia merasa tidak perlu menunjukkan jati diri siapa aslinya lo di dumay, ia pun bisa menjelma menjadi apa pun juga, tanpa perlu takut dikeroyok massa seperti maling-maling yang tertangkap basah melakukan aksinya. Ia berlindung dalam kepalsuan.

Mungkin hal inilah yang menjadikan dunia maya ajang war bagi para penggunanya. Banyak sekali akun-akun yang bertindak dan memposting seenak jidat tanpa melihat dampak yang akan dihasilkan kelak. Bahkan, sekarang banyak jasa buzzer bayaran demi mencari kesalahan lawan. Ujaran kebencian dijadikan ajang mencari nafkah.

Pemerintah baru-baru ini telah meresmikan polisi virtual, yang mana para polisi virtual ini nanti akan memantau semua aktifitas pengguna media sosial. Bagi siapa yang terdeteksi melanggar UU ITE, salah satunya yang paling banyak beredar kini adalah ujaran kebencian, maka secara otomatis akan ditindak lanjuti oleh para polisi virtual.

Salah satunya adalah dengan mengirim peringatan melalui jalur pribadi kepada pengguna yang melanggar aturan. Peringatan akan terus dilakukan hingga akun terduga menghapus postingan yang diduga melanggar aturan. Jika ada seseorang yang merasa tersinggung, kemudia ia melaporkan akun terduga ujaran kebencian, maka pengguna akun tersebut bisa diproses secara hukum.
Harapannya agar perang di dunia maya bisa diredam.

Netizen Indonesia memang terkenal dengan ke-julid-an dan ke-nyinyir-an yang hakiki. Terlalu ekspresif hingga terkesan kebablasan jika berkomentar atau pun membuat postingan pribadi. Ane sih tipe orang yang nggak mau ambil pusing asal nggak langsung menunjuk muka ane. Ane juga kadang mencari hiburan di kolom komentar berita-berita viral, menurut ane selain julid, komen-komen warganet banyak yang menghibur, ane salah satunya orang yang mencari kebahagiaan di kolom komentar.

Apakah dengan resminya polisi virtual yang ditugaskan memantau media sosial nanti dapat membuat keriuhan hingga perang antar warganet dapat diredam? Apakah gelombang berita-berita hoax yang beredar cepat dapat diredam? Ane sih berharap media sosial bisa banyak memberi dampak positif bagi kehidupan, dalam artian damai tanpa ada lagi ujaran kebencian yang berujung saling caci dan menghina.

Ane pamit undur diri, sampai jumpa di thread ane selanjutnya. Mari saling berbalas komen dengan santuy. Jaga kesehatan, terapkan selalu protokol kesehatan. Sehat dan bahagia selalu.

Referensi
Sumber gambar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iissuwandi
20 tahun lagi indonesia balik lagi jaman suharto.
Nyinyir dikit ciduk


Tertawalah sebelum tertawa dilarang emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dunkersz dan 9 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS iissuwandi 
KASKUS Plus
SepertinyaπŸ˜’πŸ˜’
profile picture
gargantuar89
kaskus maniac
jadi kayak korut
profile picture
rajin.meremas
kaskus maniac
Anda bebas berpendapat, setelah berpendapat anda kehilangan kebebasan.

emoticon-Leh Uga

Era Sekarang Dimulainya.
profile picture
protradersignal
aktivis kaskus
Beda bro,netizen sekarang parah nyinyirnya gak ada takut sama sekali,gak respect sama sekali ama orang
profile picture
Ichalzt
kaskus addict
Emang harus gitu, demokrasi terbukti gk ada gunanya kan?
profile picture
Indonesia blm cukup umur utk demokrasi dan ber-internet.
profile picture
gesermeja
kaskus addict
@Ichalzt ah siapa bilang.. buktinya skrg kita bisa ngaskus karena demokrasi..
profile picture
Ichalzt
kaskus addict
@gesermeja trus ngaskus ada gunanya? πŸ˜‚
profile picture
Pantes disuruh kritik, ini toh jebakan betman nya🀣🀣
profile picture
disciplekid
kaskus addict
@gesermeja @Ichalzt klo ga guna lah lu ngapain ngaskus? sono balik lagi ke kasur emoticon-Big Grin
profile picture
Cacimaki nyinyir ujaran kebencian di bilang kritik demokrasi kebablasan
profile picture
Ichalzt
kaskus addict
@disciplekid @gesermeja ya sama kyk ngerokok lah, gk ada gunanya tapi masih tetap ngerokok πŸ˜‚
profile picture
Sang.Bijaksana
kaskus addict
Masalahnya netizen sini ga bisa bedain mana lg ngritik ato mana lg ngehina..

Point 1 ..Gw klo lg kerja. Paling seneng klo dikritik.. eh bro keknya desainnya terlalu norak dah. Coba itu garis2nya jangan terlalu tajem n rame...

Point 2 Tp gw bakal emosi klo kerjaan gw dihina.. anjing desain apaan ini. Norak gaje..

Nah ini yg terjadi saat ini.. mereka nglakuin point 2 . Tp klo kena masalah teriak2 klo mereka tuh ngritik... Kritik itu sifat nya membangun.. bukan jatuhin
profile picture
gesermeja
kaskus addict
@Ichalzt anda sedang melakukan hal tidak berguna menurut anda...
Cuaks
profile picture
gesermeja
kaskus addict
@Ichalzt @disciplekid siapa bilang ngerokok ga ada gunanya..

itu bpjs kalo bukan cukai rokok yg nalangin mau elo yg nalangin ?
profile picture
Ichalzt
kaskus addict
@gesermeja @disciplekid
Kerugian negara akibat penyakit dari rokok itu 340an Triliun, padahal penerimaan dari cukai rokok thn 2020 cuma 146 triliun pak emoticon-2 Jempol
profile picture
gesermeja
kaskus addict
@Ichalzt loh yg ditanya kan kegunaannya. ada brarti dong kegunaanya rokok.. emoticon-Stick Out Tongue

Urusan kerugian akibat penyakit beda topik. Kan topiknya berguna atau tidak berguna bukan untung rugi. emoticon-Embarrassment
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 17 dari 17 balasan
GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di