CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mendag Ungkap Kejanggalan di Marketplace: Banting Harga-Bakar Duit
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60390abfd157fb653c5a35ba/mendag-ungkap-kejanggalan-di-marketplace-banting-harga-bakar-duit

Mendag Ungkap Kejanggalan di Marketplace: Banting Harga-Bakar Duit

Quote:



Marketplace ini memang selain dampak positif bagi konsumen juga banyak dampak negatifnya terutama bagi UMKM dan pedagang menengah

Sekarang banyak produsen yang atau importir besar yang langsung menjual barangnya ke konsumen dengan harga grosir

Di satu sisi pedagang menengah atau reseler yang akan kelabakan karena persaingan yang tidak sehat

Tapi dari sisi konsumen memang sangat menguntungkan, tapi dalam ekonomi sepertinya kedepannya bisa memberikan efek buruk terhadap UMKM dan pedagang menengah, apalagi marketplace banyak dibanjiri barang impor daripada produk lokal emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 4 lainnya memberi reputasi
Salah satu solusi simpel yg bisa dilakukan sekarang, g usah muluk2 :

Larang fitur pre order.

Itu yg bikin leluasa penjual dr luar masukin barang dan jual lsg via MP Indonesia. Jual di harga sono pula. Hahaha....

Semoga sampai ke juragan.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
profile picture
dayat.ayman
kaskus holic
apa hubungannnya dengan preorder? beli langsung dari luar juga bisa
profile picture
juraganind0
kaskus addict
kalau ga preorder, ga bisa ngambil per bulk, biarin saja lah, toh konsumen dapat murah. pengusaha dari luar bisa langsung jual ke konsumen. makanya, orang indo umkm nya jangan gitu gitu doang, bikin barang yang murah dan bisa bersaing.
profile picture
Umkm mau di majuin ??? Di buai mimpi itu 😆😆😆
Jangan mikir lawan barang luar negeri dulu... Lawan pengusaha lokal yang kapasistas nya nguasain kota aja udah pasti di kena libas ...
Konsumen diuntungin??? Jangka panjang jadi bumerang gan...ati ati...taon 2017 udah di kasi warning

https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20170404132917-92-204829/chairul-tanjung-ingatkan-dua-dampak-negatif-e-commerce
profile picture
juraganind0
kaskus addict
loh ketimpangan yang nyata lalu kenapa? mau tidak ada ketimpangan? mau komunis? katanya kalian tidak mau negara jadi komunis. lalu kapitalis juga tidak boleh, jadi maunya apa?

makanya umkm itu berbenah, kau baca itu tulisan chairul tanjung di artikelmu itu

"Untuk itu, ia meminta masyarakat Indonesia untuk tidak berpuas diri merasa produktif dan efisien dalam bekerja. Namun diharapkan bisa membekali diri dengan kreativitas, inovatif, dan menumbuhkan jiwa wirausahanya."
profile picture
dayat.ayman
kaskus holic
@juraganind0 ditengah tengah. ingat pnacasila itu ditengah tengah antara kominis dan kapitalis.
profile picture
juraganind0
kaskus addict
sejak kapan pancasila itu di tengah tengah? ada gitu penjelasan bahwa pancasila itu di tengah tengah komunis dan kapitalis? baru tau saya. ada di UU atau di UUD?

jadi sekarang menurut pancasila, ketimpangannya harus dijaga berapa? gini ratio yang diinginkan harus berapa? standardnya berapa?
profile picture
TS KadrunJunior
kaskus holic
@juraganind0 keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia itu sudah menganut paham komunis

Belum lagi Bumi air dan beserta isinya dikuasai oleh negara, itu juga condong ke komunis

Memang saat membikin dasar negara saat itu lebih condong ke komunis kok

Tapi pada prakteknya ya tau sendiri lah bagaimana, lebih condong ke kapitalisme
profile picture
juraganind0
kaskus addict
@KadrunJunior sangat setuju. karena kita juga menganut prinsip demokrasi dan hak kebebasan berpendapat. dan jangan lupa juga, kita juga sudah mengikuti AFTA dari tahun 2015. Mau tidak mau ya harus bisa bersaing dengan negara luar. Kalau tidak bisa bersaing, ya siap siap saja dimakan oleh zaman.

Makanya umkm harus segera berbenah. Sesuai perkataan CT


"Untuk itu, ia meminta masyarakat Indonesia untuk tidak berpuas diri merasa produktif dan efisien dalam bekerja. Namun diharapkan bisa membekali diri dengan kreativitas, inovatif, dan menumbuhkan jiwa wirausahanya."
profile picture
Umkm pasti berbenah dengan sendiri nya TAPI sebelum berbenah atau mulai berbenah diri , sudah di hajar dulu ama pengusaha besar DAN pengusaha luar negeri...masi bisa maju? Cari barang apapun di online pasti ada DAN harga nya pun disikat terus... Aturan maen di online harus nya di tata lagi , jadi seimbang lawab offline dan sesama pengusaha masih napas 😁😁
Just opini gan ✌️😁
profile picture
juraganind0
kaskus addict
@patrick7719 siapa suruh tidak bisa bersaing? era ini, era yang menganut kecepatan. Jokowi saja bilang siapa yang cepat dia yang menang di kancah global. Kerja keras dan cepat. Itu kuncinya.

https://www.gatra.com/detail/news/467411/politik/jokowi-sebut-negara-cepat-akan-menang-dikancah-global

Opini saya

Either you become big first or you are working for the big player. Choose.
profile picture
TS KadrunJunior
kaskus holic
@juraganind0 @patrick7719 ini indonesia, kalau sistem seperti ini tidak dibenahi pemerintah maka suatu saat akan banyak menimbulkan masalah, karena akan banyaknya pengusaha kecil dan menengah yang digilas pemodal besar, ya memang itulah sistem kapitalisme, efek berantainya akan sangat dahsyat, sedangkan UMKM Indonesia yang dulu bisa memproduksi barang dalam negeri sekarang itu sudah banyak yang gulung tikar dan beralih jualan barang impor yang lebih murah dari china, nah saat ini yang terjadi distributor besar mulai ikut ikutan bermain disini, mereka akan kembali tergerus dengan pemodal2 besar

Kita tidak bisa menyalahkan hukum pasar, tapi yang ditakutkan efek berantai kedepannya


Nasi 1 piring yang biasanya bisa dimakan oleh banyak orang akhirnya akan dimakan oleh 1 orang saja
profile picture
@kadrunjunior setuju , sistim kita harus di benahi lagi
profile picture
juraganind0
kaskus addict
Pemerintah ga perlu benahin sistem kita, sudah cukup. Nanti kalau umkm udah kepepet, ya mereka mau ga mau harus ganti profesi. Rugi terus kok masih maksa jualan?

Kalau ga mau dimakan oleh zaman ya harus berubah umkmnya. Apa apa pemerintah, apa apa pemerintah. Kapan mau majunya?

Nanti pemerintah proteksi dari luar, bisa di sanksi WTO. Bisa juga investasi di sini malah berkurang. Padahal China udah baik sama kita buat jadi investor di sini. Nanti ga ada investasi, ga ada lagi pertumbuhan ekonomi dan ga bisa bangun sana sini.
profile picture
dayat.ayman
kaskus holic
@juraganind0 pelajaran ppkn dulu tidur ya? intinya negara kita tidak terlalu kapitalis seperti amerika, tetapi tidak juga terlalu soasialis seperti komunis, yaitu ditengah tengah
profile picture
utjuph
kaskus addict
@dayat.ayman

Apa hubungannya? Cari tau sendiri.
profile picture
utjuph
kaskus addict
@juraganind0

Ini komen kok gak pake mikir. Belain kok negeri orang. Cm krn dikasi murah beli barang. Yakali barang penting. Lo orang mana? China?

Nih, kenapa hrs concern umkm? Simple, g ush ngomong ekonomi dl. Brp persen yg jd umkm, gede gak? Nah, kalo mereka gagal trus kaya kata lo, ganti kerjaan, berapa byk nambah jd garong? Kan ada polisi sm tentara. Lo jumlahin itu brp org perkiraan. Bandingin sm jml total polisi sm tentara. Plus kepastian datang telat pas kejadian. Yg ada lo udh keburu jd korban duluan.

Tp klo dijelasin begini masih ngotot, ya gw minggir dan g bakal bales. Ngikutin Pak Mahfud.
profile picture
juraganind0
kaskus addict
@utjuph loh, saya memang concern umkm, umkm harus berbenah. harus bisa bersaing. kalau tidak ya dilindas zaman.

Kalau mereka gagal, ya harus cari jalan lain. Masa harus minta pemerintah terus?

Saya ngikut Pak Jokowi saja

Siapa yang cepat dia yang menang di kancah global. Kerja keras dan cepat. Itu kuncinya.

https://www.gatra.com/detail/news/467411/politik/jokowi-sebut-negara-cepat-akan-menang-dikancah-global
profile picture
utjuph
kaskus addict
@juraganind0

Pret concern, baca lg komen lo. Jelas2 bilang suruh bersyukur bs beli barang impor murah lsg dr China.

Masa harus minta pemerintah terus? Kerjaan pemerintah apaan? Ngurusin rakyat woi. Pemerintah itu dibayar pake duit rakyat. Buat ngurusin rakyat. Sebagian besar rakyat itu umkm.

Dah lah, orientasi lo jg jelas gak ke Indonesia jg. Ini terakhir gw bales.
profile picture
juraganind0
kaskus addict
@utjuph Ya memang harus bersyukur. Kalau tidak, darimana mereka dapat bahan murah? bahan baku kebanyakan masih impor dari china. mesin juga. Gimana ga keren dan mantap?

Loh, kok jadi salah pemerintah? Zaman sekarang pemerintah aja terus disalahin. Kalau rakyatnya ga mau berubah ya sama saja. Udah capek capek pemerintah datengin investasi dari luar. Terus maunya cuma duduk enak nerima duit? Ga mau kerja? Enak benar.

China dan Indonesia itu mantap dan keren. Orientasi lu aja nyalahin China terus. Lupa siapa yang udah invest banyak di Indonesia? Pemerintah Indonesia juga disalahin terus. UMKM ga mau berubah dibelain. Ya susah kalau begitu
profile picture
_Hell_
kaskus addict
si @juraganind0 ini antek asing. jelas2 harus ada regulasi dr pemerintah utk melindungi yg lemah. itulah fungsi pemerintahan.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 23 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di