CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Waspada! Penambahan Kematian Corona RI Hari Ini Tertinggi di Asia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60382aaa1dab6a63db70e500/waspada-penambahan-kematian-corona-ri-hari-ini-tertinggi-di-asia

Waspada! Penambahan Kematian Corona RI Hari Ini Tertinggi di Asia

2 Maret 2020 Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan infeksi Covid-19 yang pertama di tanah air. Artinya 2 Maret 2021 nanti secara resmi infeksi Covid - 19 di tanah air akan genap berusia satu tahun. Dan selama satu tahun ini sepertinya pandemi Corona di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda berhenti.


10 Negara dengan Penambahan Kematian Akibat Covid-19 Tertinggi 26 Februari 2021 (Sumber: https://www.worldometers.info/coronavirus/)


Penambahan kasus harian masih menunjukkan angka yang signifikan. Berdasarkan situs Worldometers.info, diakses 26 Februari 2020, masih ada penambahan kasus positif dalam satu hari di Indonesia sebanyak 8.943. Dengan tambahan kasus sebanyak itu, total kasus di Indonesia sampai saat ini berjumlah 1.314.634 kasus. Dengan angka sebanyak itu kita menempatkan diri sebagai negara dengan infeksi tertinggi di Asia Tenggara, nomor empat di Asia, dan nomor delapan belas di dunia.


Peringkat CPI Indonesia (Sumber: https://interactives.lowyinstitute.org/features/covid-performance/)


Dan yang perlu diwaspadai dari kasus di Indonesia adalah penambahan pasien yang meninggal akibat infeksi Corona. Menurut situs yang sama, diakses hari ini 26 Februari 2020, Indonesia mencatatkan penambahan kematian akibat Corona sebanyak 264 jiwa. Angka itu adalah penambahan kasus kematian tertinggi di Asia untuk hari ini. Mengungguli India yang berada di tempat kedua dengan penambahan sebanyak 119 jiwa.


6 Besar CPI Tertinggi (Sumber: https://interactives.lowyinstitute.org/features/covid-performance/)


Dengan penambahan kasus kematian sebanyak itu total kematian akibat infeksi Covid-19 di tanah air kini menjadi sebanyak 35.168 jiwa. Dengan angka sebanyak itu Indonesia menempati urutan pertama di Asia Tenggara, urutan ketiga di Asia, dan nomor tujuh belas di dunia.

Penanganan Corona di Indonesia memang mendapat apresiasi yang kurang bagus dari dunia Internasional. Menurut Covid Performance Index (CPI) yang dikeluarkan oleh The Lowy Institute, lembaga think thank asal Australia, kita menempati urutan ke 85 dari 98 negara. Peringkat Indonesia itu jauh dari negara Asia Tenggara yang lain, Vietnam misalnya, yang menempati urutan ke 2 dari 98 negara.

Rendahnya Covid Performance Index Indonesia tentu saja tidak bisa ditimpakan sepenuhnya ke pada pemerintah. Pemerintah saat ini memang sepertinya telah bekerja keras untuk mengatasi Corona di tanah air, termasuk dengan program vaksinasi yang telah dimulai tanggal 13 Januari 2021dengan ditandai penyuntikan vaksin terhadap Presiden Jokowi. 

Dukungan dari masyarakat tentu sangat dibutuhkan untuk suksesnya mengatasi pandemi Covid-19 di tanah air, baik berupa mematuhi protokol kesehatan maupun vaksinasi. Semoga pandemi ini cepat berlalu...I]


Referensi:

1. https://www.worldometers.info/coronavirus/

2. https://interactives.lowyinstitute.org/features/covid-performance/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
Itu data tidak sepenuhnya benar,ada yg tidak covid tp dicovid kan,makanya angkanya besar buat nakut2in,emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
orgas.me dan 6 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS widoko
kaskus maniac
Mungkin ada, tetapi mestinya juga tidak mayoritas Gan...
profile picture
forgiveme
kaskus addict
paling berapa si jumlahnya?
profile picture
ulungrinjani
kaskus maniac
emang gak sepenuhnya benar, karena di kabupaten ane dah ada puluhan yang positif tapi gak dimasukin ke data kabupaten, lagian yg belom dirapid ada puluhan juta orang (cmiiw ya)
profile picture
biqguy
kaskus addict
Trus yg ga mati dimatikan gitu maksudnya?
emoticon-Wakaka
profile picture
Saya bilang tidak sepenuhnya benar,artinya ada yg memang mati benar2 covid,ada juga yg mati karena penyakit lain tp dibikin covid,ada kejadian di kampung ane,
Jelas2 org kena diabetes ga pernah keluar rumah,begitu mati oleh pihak puskesmas divonis covid,klo emang covid seisi rumah pasti ada yg kena jg,tp nyatanya....emoticon-Cool
profile picture
forgiveme
kaskus addict
@hudazone

itu jamanya outlier, atau data yg tidak umum atau jarang jarang, bukan berarti secara umum menggantikan sebuah fakta, karena data yg populasinya besar itu tidak bisa 100% akurat.

misalnya,
warga lansia di sebuah kota berjumlah 121.670. Belum tentu mutlak sejumlah 121.670, karena bisa aja:

1.Pada saat sensus, ada yg lg diluar kota
2. Data di KK tidak valid karena ada yg meninggal tp belum terupdate atau karena KK nya double
dll

makanya di dunia data ada istilah Margin of Error.

Lagian kasus covid itu ada yg namanya viral load, yaitu seberapa banyak 'kadar' virus itu ada dalam tubuh, semakin banyak jumlah virus dalam tubuh, semakin susah sel imun untuk membunuhnya, apalagi kalo ditambah penyakit komorbid. Penyakit dan gejalanya bisa parah.

nah Kalo viral load nya kecil, gejalanya kecil juga, ini yg umumnya ditemui di OTG, ada virus corona ditubuh mereka tp jumlahnya kecil, makanya sakitnya ga parah. Orang yg udah dinyatakan sembuh dr covid itu ada yg masih 'nyimpen' covid dalam load kecil, sehingga tidak bisa menularkan. Itu jg bisa kejadian di pasien yg meninggal karena covid.

Dan ada kemungkinan kalo seseorang dalam keluarga itu positif, tp yg lainnya negatif. Contohnya tuh yg baru, Anang suaminya ashanty. Banyak yg kayak gini kok
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di