CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6035f049f75e86100c39a829/larva-ngengat-berbentuk-ulat-solusi-baru-untuk-mengatasi-sampah-plastik-di-dunia

Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!

Welcome To batzforum Thread!!!

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News

Halo Agan dan Sista semua, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu ya emoticon-Blue Guy Peace


Tak dapat dipungkiri, keberadaan sampah di Bumi tempat kita tinggal ini amatlah banyak. Dimana berdasarkan data dari sumber, Indonesia saja dalam waktu 1 tahun bisa menghasilkan 64 juta ton sampah. Jumlah tersebut hanyalah dari Indonesia, tak terbayang bukan kalau sampah di dunia ini sebanyak apa jumlahnya?

Dari sekian banyak jenis sampah, plastik merupakan salah satu sampah yang membutuhkan waktu sangat lama untuk terurai (ratusan tahun). Maka dari itu setiap negara di dunia ini sudah membuat dan melaksanakan kebijakan dalam memberantas sampah plastik, salah satunya dengan cara menekan penggunaan sampah plastik (contoh : mengurangi penggunaan sedotan plastik di beberapa restoran).


Walaupun berbagai kebijakan sudah dilakukan, keberadaan sampah plastik di dunia tetaplah ada dan bahkan bertambah. Namun nampaknya sudah ditemukan satu solusi yang diperkirakan sangat cocok untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di dunia, dimana solusi itu adalah dengan menggunakan ulat pemakan plastik.

Pasti kalian berpikir kenapa ulat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di dunia bukan? Jadi ulat yang dimaksud disini adalah ulat yang sudah diteliti oleh para peneliti dari Universitas Cambridge, Inggris. Ulat ini merupakan larva dari spesies yang dikenal sebagai greater wax moth atau ngengat lilin besar (Galleria mellonella).


Ulat pemakan plastik yang dimaksud disini adalah larva ngengat yang biasa memakan zat lilin di dinding sarang lebah. Larva ini sebenarnya memakan zat lilin di dinding sarang lebah agar mereka bisa mendapatkan madu milik lebah. Jadi para peneliti menemukan bahwa Larva ngengat yang berbentuk ulat ini dapat memakan plastik dan menguraikannya sama seperti cara mereka mencerna zat lilin milik sarang lebah.

Larva Galleria mellonella tersebut mengubah polietilen (bahan utama dalam membuat plastik) yang di makan menjadi etilena glikol atau alkohol. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat gambar dibawah ini :


Dengan penemuan ini, mungkin sampah plastik dapat ditangani dengan menggunakan Larva ngengat berbentuk ulat ini. Walaupun begitu, Larva ngengat ini tidak bisa langsung digunakan untuk mengatasi sampah di dunia ini. Karena perlu dilakukan riset lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih tepat dan memuaskan.


Kira-kira seperti itulah sekilas tentang ulat atau Larva ngengat yang bisa memakan plastik dan diperkirakan dapat menjadi solusi untuk menangani permasalahan sampah plastik di dunia. Bagaimana tanggapan Agan dan Sista tentang ulat pemakan plastik ini? Apakah membawa dampak positif atau justru akan menghasilkan dampak negatif yang tidak diperkirakan?

Sumber Referensi : Tulisan Pribadi dan dari sini
Sumber Gambar : Google Images
Sumber lain sudah dicantumkan

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh batzforum
Ayolah gunakan plastik seperlunya aja, kalau belanja bawa tas belanja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xiaoxiao20 dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS batzforum 
KASKUS Plus
Yups bener banget. Di daerah ane udh mulai lumayan lama belanja tanpa kantong plastik
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
Kayaknya sekarang udah jarang deh yang bolehin bawa tas plastik gan
profile picture
TS batzforum 
KASKUS Plus
@orgbekasi67 di minimarket dan mall tempat ane ga dibolehin semua gan
Cuman kalo warung ya ga terikat peraturan
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@batzforum Sama gan. Tinggal warung aja yang masih pada pake plastik. Tapi retail2 besar udah ngga boleh, malah sedotan plastik aja nggak boleh
profile picture
TS batzforum 
KASKUS Plus
@orgbekasi67 semoga semakin berjalannya waktu semakin berkurang lah ya
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@batzforum amin amin. Demi lingkungan kita juga gan
profile picture
satmofri
kaskus maniac


Bner gan.tpi kyaknya ssah.krna plastik sllu dbtuhkan.
profile picture
soflamz
kaskuser
Ane suka pake plastik
emoticon-Cendol Gan
profile picture
orgbekasi67
kaskus geek
@satmofri Sekarang udah banyak yang bisa ngurai cepet, tapi gak sekenceng plastik biasa
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 9 dari 9 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di