CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Berbagai Pertanyaan Gak Penting yang Sering Ditanyakan Kaum Julid, Bikin Risih Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602e6cbfda287b0dc0729d0e/berbagai-pertanyaan-gak-penting-yang-sering-ditanyakan-kaum-julid-bikin-risih-gan

Berbagai Pertanyaan Gak Penting yang Sering Ditanyakan Kaum Julid, Bikin Risih Gan!



Hallo Agan Sista, merasa gak sih bahwa masyarakat disekitar kita (kebanyakan) suka bertanya hal-hal yang rasanya gak penting untuk ditanyakan. Bahkan gak jarang pertanyaan tersebut menyinggung (membuat sakit) hati yang ditanyai. Khusus thread kali ini, sorry kalau ada kesan emosi di setiap kalimat ane, karena emang ane emosi setiap mendengar pertanyaan ini ditanyakan oleh orang yang gak berkepentingan kepada orang yang tidak tepat.

Berikut contoh pertanyaan paling mainstream demi membuka obrolan basa-basi yang kerap kali menyinggung perasaan orang lain. Just in case Agan Sista belum kepikiran kuy simak, dan bagi agan sista yang ingin menambahkan dengan pengalaman masing-masing, kuy cerita di kolom komentar!


1. Juara Berapa di Sekolah?



Waktu jaman ane masih duduk di bangku sekolah dulu, masih ada istilah peringkat. Ane gak tau kalau di masa sekarang, dengar-dengar udah gak ada lagi? Baguslah kalo gak ada lagi.

Meski pada dasarnya ane dulu sering juara, tetap saja ane gak nyaman mendengar pertanyaan ini terlebih jika ane ditanyai di depan teman ane yang lain. Ayolah, demi apa kalian tahu juara berapa ane sekolah? Mau kasih beasiswa, kan enggak? Tapi tahu gak, bahwa pertanyaan sederhana ini ngebuat orang yang gak dapat juara jadi bisa minder?

Lagipula, juara dalam sekolah menurut ane terlalu dipaksakan. Seperti sudah banyak dianalogikan oleh orang-orang yang berpemikiran luas dan tidak terpaku pada nilai di raport sekolah, "ibaratnya membiarkan ikan lomba memanjat dengan monyet," apa adil? Setiap orang punya bakatnya masing-masing.


2. Kuliah di Mana?



Adapula pertanyaan lain yang menyebalkan,


Quote:



Enak kalo yang ditanyai ini anaknya punya mental dan kepercayaan diri tinggi. Pernah gak kepikiran bahwa bisa jadi anak yang ditanyai ini punya sifat minder, insecure, dan sebagainya? Bisa jadi dia yang kebetulan gak punya kesempatan kuliah, mendapati pertanyaan seperti ini kemudian jadi merasa gagal, dan merasa pupus harapan. Kecuali Ente mau kuliahin, atau mau ngasih petunjuk bagaimana caranya supaya bisa kuliah, mending gak usah tanya deh!


Toh pada hakikatnya kuliah tak secara langsung menjamin kesuksesan, banyak cara menuju sukses selain kuliah.


3. Kapan Wisuda?



Sekalipun seseorang sudah berkuliah dengan tenang, secara mandiri tanpa minta bantuan dari kaum julid. Masih ada aja pertanyaan dari kaum julid ini, seakan mereka menanyakan jawaban ini karena sebuah kepentingan yang besar, padahal ini ditanyakan se-mata-mata demi membuka obrolan basa-basi. Sadar gak? Bagi yang kuliahnya lama, pertanyaan ini ibarat martir! Dan ente sudah pasti bukan penanya pertama. Kecuali ente ini yang biaya kuliah, mending pikirin cara lain deh untuk membuka obrolan.


4. Rencana Kerja di Mana?


Wisuda rupanya tak semenggembirakan yang ada di foto ruang tamu beberapa tetangga kita. Ada dunia kejam yang menanti setelah lulus kuliah, yakni dunia kerja. Tak sedikit wisudawan terpaksa menganggur karena kesusahan mendapatkan kesempatan untuk bekerja. Belum tentu dia menganggur karena dia tidak punya skill. Tapi sudah pasti bahwa ia juga tidak bahagia di posisi menganggur. Kecuali ente mau ngasih kerjaan, mending gak usah tanya deh. Karena pertanyaan ini sudah jelas ibarat "menabur garam di atas luka".


Masih begitu banyak contoh pertanyaan tidak menyenangkan tapi digunakan sebagai bahan pembuka obrolan (basa-basi) oleh kaum yang mikirnya gak panjang. Berikut contoh lain:

5. Berapa Gaji di sana?
6. Kapan Menikah?
7. Kenapa Gak Lanjut S2?
8. Kamu Kan Perempuan, Ngapain S2?

9. Udah Hamil Belum?

Kecuali Agan Sista ini merupakan kerabat sangat dekat (satu Kartu Keluarga), boleh gak coba ngobrolin yang lain aja?

Quote:

Referensi : Opini Pribadi

Gambar : Google



Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NovellaHikmiHas dan 58 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agungdar2494
Semua itu bakal hilang sendiri, kalo kitanya ga suka basa basi dan tegas.
profile picture
sagit30
kaskus maniac
Gimana caranya gan? Masa pas ditanya, kita bilang "ga usah tanya2 deh lo" wkwkwk
profile picture
KopiKafein
aktivis kaskus
@sagit30 Ya begitu jg bs, yg penting jgn bernada emosi dan tetap menghargai lawan bicara.

Semua tergantung waktu, tempat dan reputasi hubungan anda dgn lawan bicara.
Kalau reputasi baik, jawab dgn sabar dan bijak.
Kalau sebaliknya, jawab dgn tegas (Tanpa emosi dan ttp sopan)
Kalau anda emosi dgn pertanyaan atau tidak bs menjawab dgn bijak dan tegas, lebih baik diam atau pergi/tinggalkan.
Lama-kelamaan reputasi anda akan berubah bagi si penanya. Bahkan si penanya pun bs berubah.emoticon-Big Grin
Dgn catatan anda tidak memiliki kebiasaan seperti itu.
profile picture
sagit30
kaskus maniac
@KopiKafein hahaha bener nih, jadi lama lama dia sadar ya kalau kita itu tuh ga suka ditanyain hal2 seperti ituu
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di