CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Apa Benar Harga Makanan Di Papua Sangat Mahal? Ini Daftarnya.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/603052fa7974a80e086af1ea/apa-benar-harga-makanan-di-papua-sangat-mahal-ini-daftarnya

Apa Benar Harga Makanan Di Papua Sangat Mahal? Ini Daftarnya.



Hai GanSis apa kabar, salam dari Papua, kali ini ane mau kasih sedikit info tentang harga-harga makanan versi warung di Papua, tepatnya Timika yang ada area PT. FREEPORT-nya. Sering kalau ada teman yang bilang KATANYA apa-apa di Papua itu mahal. Ga juga sih, tergantung barangnya saja, mudah atau sulit mendapatkannya, nah kalau masalah ongkir memang ke Papua itu mahal.



Pertama menu sarapan di Papua kalau pagi atau malam banyak pedagang nasi kuning harganya sekitar 15-25rb tergantung menu dan seberapa terkenalnya si pedagang. Biasanya kalau sudah agak dikenal harganya beda dikit. Nasi kuning pun ada beberapa versi, dengan ciri khas lauk. Pedagang Manado, Bugis, Jawa atau Ambon mereka memiliki lauk dan aroma yang beda-beda. Nanti lain kali ane bahas di thread lainnya.



Sekarang kita ke bakso, ini juga macam-macam yang penjual keliling 5-15rb ada. Yang di warung-warung ratenya 15-25rb. Kalau mie ayam sekitaran 20rb. Nah kalau empek-empek rata-rata perporsi 35rb. Kalau nasi padang? Sekitaran 35-40rb lauk rendang, lauk lain kurang paham ane, maklum jarang beli, nguras kantong.



Kalau pingin rujak juga ada macam-macam, rujak ambon sama rujak Jawa beda versi tapi harganya kisaran sama 20rban. Gado-gado juga sama mungkin 25rban. Kalau soto ayam bisa 15-25rb. Beda coto Makassar 45rb rata-rata perporsi, soto Betawi bisa 50rban malah, mayan mahal.



Apa di Papua ada ayam geprek? Ada, tapii ya itu ga digeprek beneran, hanya disiram sambel, harganya? Ada yang 25-35rb, biasanya yang 25 itu rumahan, jadi tidak ada warungnya. Kalau ada warungnya rata-rata 35rban.

Kalau malam dikit pingin nasi goreng, kalau yang tek-tek 15rban, kalau sudah masuk tenda 30rb, kalau yang sudah di rumah makan 45rb. Harga variasi, kalau masalah enak atau tidak itu pun tergantung selera kan.



Nah kalau lalapan di Timika sini rata-rata 35rb untuk ayam, 45rb untuk bebek dan ikan tergantung ukuran. Kalau lele 30rban.

Oke itu info dari ane, kali aja ada yang mau jalan ke Papua biar tidak kaget, tenang masih banyak pilihan warung nasi campur, nasi pecel yang harganya relatif terjangkau, cuma ane kurang tahu harga pastinya, yang jelas 20rban. Makanan mahal atau murah tergantung tempatnya, kalau restoran ya sudah pasti harganya di atas rata-rata semua.

Foto : Dokumen pribadi
Sumber Opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 35 lainnya memberi reputasi
Benarkah uang pecahan 2rb, nggak laku di papua?
profile picture
TS ribkarewang 
Cooking & Resto Guide Enthusiast
Laku lah, seribu juga laku. Tapi koin biar 1000 ga laku di warung2, klo supermarket besar laku
profile picture
kumi56
kaskuser
laku bre permen dapat 6 bijiemoticon-Shakehand2
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di