CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PLN Dapat Dana Segar dari AIIB, Nilainya Fantastis Capai 310 Juta Dolar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6027731076235d30e96313a7/pln-dapat-dana-segar-dari-aiib-nilainya-fantastis-capai-310-juta-dolar

PLN Dapat Dana Segar dari AIIB, Nilainya Fantastis Capai 310 Juta Dolar



INDUSTRY.co.id - Jakarta, Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Zulkifli Zaini mendapatkan fasilitas pembiayaan senilai 310 juta dollar AS dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). 

Dana tersebut untuk membiayai Proyek Pengembangan Jaringan Distribusi di wilayah Jawa Timur dan Bali. 

Dengan pembiayaan itu, nantinya PLN dapat meningkatkan tambahan akses listrik hingga 2,26 juta pelanggan, serta meningkatkan kualitas layanan listrik untuk 13,48 juta pelanggan di wilayah Jawa Timur dan Bali.

Pengembangan jaringan listrik ini juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan akses dan penyambungan listrik bagi masyarakat.

“Kami berharap proyek ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga dapat memacu pertumbuhan ekonomi, di Jawa Timur dan Bali yang diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi,” ucap Zulkifli dalam keterangannya dilansir redaksi Industry.co.id pada Sabtu (13/2/2021).

Zulkifli juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Keuangan, PT PII dan AIIB yang telah mendukung PLN guna mewujudkan keadilan energi bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

“Kerja keras yang dihasilkan dari awal hingga ditandatanganinya proyek ini bukan hanya kerja keras PLN, namun juga dari instansi yang terlibat yaitu Kementerian Keuangan, PT PII, dan AIIB,” jelas Zulkifli.

Menurutnya, PLN terus berkomitmen untuk terus menghadirkan listrik dan memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia, serta terus berupaya agar listrik dapat menjadi penggerak roda ekonomi bangsa. 

Adapun fasilitas pembiayaan ini sendiri telah dijamin langsung oleh Pemerintah melalui Kemenkeu dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII). 

"Pemerintah telah memberikan dukungan berupa penjaminan pemerintah dari Kemenkeu dan PT PII, yang memungkinkan AIIB sebagai lembaga multilateral memberikan pembiayaan pinjaman langsung kepada PLN," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Luky Alfirman mengatakan pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan PT PII tetap konsisten untuk melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk pada proyek jaringan distribusi PLN tersebut.

"Dengan memberikan dukungan melalui penjaminan pemerintah pada proyek ini, Kementerian Keuangan bersama dengan PT PII mendukung PLN dalam meningkatkan rasio elektrifikasi nasional yang nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat. Dukungan dari lembaga pembiayaan multilateral seperti AIIB menunjukkan kepercayaan dan dukungan stakeholder internasional kepada Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan infrastruktur yang berdampak luas pada ekonomi," ujar Luky.

"Pembiayaan dari AIIB kepada PLN itu menerapkan skema Result Based Lending (RBL), salah satu bentuk dari pembiayaan kreatif dan relatif baru yang dapat memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat di bidang ketenagalistrikan" pungkasnya.

Baca Berita Selengkapnya:
https://www.industry.co.id/read/8091...yek-ini-lancar
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Guarantee Negara?

Hmm.... Default, negara yg tanggung dong. Kalo gt, sama aja lah ini utang negara, cm dengan penggunaan yg lebih 'bebas' karena atas nama PLN jd g perlu otorisasi kemana2.
profile picture
sacrifice1969
kaskus maniac
MRT dari Jepang itu juga Guarantee Negara ..emoticon-Mad
profile picture
mang.jebot
kaskus maniac


Kok bisa default..cashflow pln positif, skor GCG selalu diatas 85% dgn trend positif sepanjang tahun berjalan, audit neraca keuangan dari lembaga eksternal selalu bagus (outlook stable), performa anak2nya baik sekali dan mendukung bisnis parent holdingnya, serta yg paling utama, dia monopoli distribusi listrik tanah air, end to end bisnis listrik juga dikuasai ama dia. Kalo ampe default asli ngaco warbyasa itu pln
profile picture
utjuph
kaskus addict
Itu poinnya, kalau memang bagus, kenapa perlu garansi negara misal B2B?

MRT pun mksdny jg bgt. Knp harus guarantee negara?

Mhn pencerahan ya.
profile picture
sacrifice1969
kaskus maniac
@utjuph

Karena ada beberapa skema pinjaman ... sekalipun yg B to B tetap ada yg minta guarantee negara emoticon-Big Grin

Di kasus MRT... bisa jalan karena si wiwi mau teken SK-nya.. karena alasan Pempus.. itu tanggungjawab gubernur... bukan menteri apalagi presiden.. emoticon-Ngacir
profile picture
utjuph
kaskus addict
@mang.jebot

Gan, laporan keuangan yg jd dasar statement agan yg dipublish di situs PLN kah? Yg per 30 Jun 2020?

Boleh dicek, CF positif itu sebenernya porsi lebih karena CF pendanaan, 29 sekian T. Dapet dari Bank dan Obligasi.

Kalau usahanya sendiri, bisa dilihat di Income Statement. Dicatatkan untung. Tapi keuntungan baru muncul setelah pendapatan lain2. Alias, usahanya sendiri tekor. Gimana tuh gan?
profile picture
utjuph
kaskus addict
@sacrifice1969

Nah, coba ditelaah lagi. Pinjaman jelas B2B, Business to Business. Artinya yang jadi urusan ya bisnisnya. Kenapa perlu pemerintah? Kalo narik pemerintah ya namanya PMN lah ya sebenernya.

Perkara MRT, sebenernya kalau ditarik bahwa masih berupa projek, mungkin itu alasan minta garansi. Tapi emang agunannya gak cukup? Sampe perlu minta garansi?
profile picture
utjuph
kaskus addict
@sacrifice1969

Anw, nambahin dikit. Karena penasaran. Emang bisa gubernur tanda tangan SK menggaransi atas nama negara? Itu bukannya pelanggaran wewenang? Di swasta aja gak boleh begono, staf emang boleh tanda tangan dokumen mewakili perusahaan tanpa persetujuan owner terlebih dahulu? Pasti udh ada persetujuan lah itu, terlalu berani misal gak ada berani jalan sendiri begitu.
profile picture
sacrifice1969
kaskus maniac
@utjuph
Coba tanya SBY... karena itu adalah keinginannya emoticon-Ngakak (S)

Sementara si jkw saat itu dalam jabatan gubernur pun jadi ragu... kira-kira dalam benak beliau "Apa-apaan ini." emoticon-Mad

Tetapi akhirnya jkw bersedia tanda tangan. emoticon-Ngakak (S) .. Itulah beda jkw dengan mantan dubes RI di Jerman... karena berani kasih tali ke leher sendiri emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngacir

profile picture
utjuph
kaskus addict
@sacrifice1969

Komedi banget ya. Strategi politik paling itu. Tp ganjil sih tetep.

Abis itu untungnya jadi presiden. Wkwkwkwkwkwk......
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 9 dari 9 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di