CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pompom Saham Merajalela, 5.000 Investor Ritel Teken Petisi!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/601a97b78d9b177cd269ceb0/pompom-saham-merajalela-5000-investor-ritel-teken-petisi

Pompom Saham Merajalela, 5.000 Investor Ritel Teken Petisi!

Ulah pompomers atau orang yang suka menggiring pembelian saham tertentu, belakangan ini kian meresahkan. Mereka, seringkali merekomendasikan saham-saham tertentu tanpa disertai dengan analisis fundamental yang memadai.

Sebagai imbasnya, banyak investor ritel yang dirugikan dengan pompomers saham tersebut melalui informasi yang disiarkan secara luas di media sosial seperti Telegram, Instagram, hingga Facebook.

Akun Retail Bersatu Melawan Pom-pom by Rukumolagi membuat petisi daring di laman Change.org dengan tajuk Ban Pom-pomer Saham di Indonesia.

Sampai dengan Rabu (3/2/2021) siang, pukul 12.00 WIB, petisi ini sudah ditandatangani lebih dari 5.000 orang. Adapun target orang yang menandatangani petisi ini sebanyak 7.500 orang alias tak kurang dari 2.500 orang lagi.


Salah satu yang disorot dalam unggahan petisi ini adalah Belvin Tannadi melalui akun Telegram miliknya, ILMUSAHAM.


Menurut petisi itu, banyak investor ritel yang menjadi korban akibat ulah Belvin. Akan tetapi, teriakan para member akibat ulah Belvin di channel Telegram ataupun Instagramnya, akan otomatis dikeluarkan dari grupnya, sehingga tidak ada kesempatan bagi mereka untuk memberikan peringatan kepada member-member yang baru bergabung.


"Mari sama-sama menanda-tangani petisi isi dengan harapan bahwa OJK, BEI dan juga Bappepti bisa menaruh perhatian khusus kepada fenomena ini hingga akhirnya pratik ini bisa diberhentikan sebelum semakin banyak masyarakat yang dirugikan," bunyi petisi tersebut.

Berikut ini selengkapnya bunyi petisi secara daring tersebut:

Akhir-akhir ini, begitu banyak orang-orang yang memberikan info saham atau signal saham yang katanya mereka beli, lewat telegram, instagram, facebook, dan media sosial lainnya, yang bersifat pom-pom tanpa fundamental dan analisis yang jelas, dengan tujuan untuk menggiring opini publik untuk tanpa berpikir matang-matang, membeli saham yang sudah dimiliki oleh POM-POMERS tersebut.

Begitu banyak orang-orang yang dirugikan dan ratusan juta hingga mungkin milyaran telah berpindah tangan ke para influencers tersebut.

Ketika retail rugi, mereka berdalih bahwa mereka hanya memberikan informasi mengenai saham yang mereka beli tanpa bermaksud untuk meminta publik membeli saham-saham tersebut.

Tetapi pada kenyataannya, sudah jelas tujuannya bahwa mereka bermaksud untuk mendorong harga saham yang mereka sudah beli di harga bawah, dengan bantuan publik, sebelum mereka menjual langsung saham tersebut dan meninggalkan publik begitu saja menghadapi harga saham yang langsung turun drastis.

Salah satunya adalah Belvin Tannadi dengan channel telegramnya ILMUSAHAM.

Sayangnya, jeritan hati membernya yang telah rugi, tidak pernah diperdengarkan dan setiap member yang meneriakkan kerugian mereka akibat ulah Belvin di channel telegram ataupun instagramnya, akan otomatis dikeluarkan dari grup nya sehingga tidak ada kesempatan bagi mereka untuk memberikan peringatan kepada member-member yang baru bergabung.

Mari sama-sama menanda-tangani petisi isi dengan harapan bahwa OJK, BEI dan juga Bappepti bisa menaruh perhatian khusus kepada fenomena ini hingga akhirnya pratik ini bisa diberhentikan sebelum semakin banyak masyarakat yang dirugikan.

https://www.cnbcindonesia.com/market...l-teken-petisi

kronologinya kek gini..belvin adalah influencer saham,pny byk followers(dan tentu saja mayoritas followersnya adalah newbie didunia saham yg MALAS belajar sahamemoticon-Embarrassment)

jadi si belvin ngajakin beli saham MD entertainment ,dengan kode saham : FILM

secara valuasi sebenarnya saham ini ga menarik..tp ini subyektif lah ya didunia saham..belvin pake iming iming FILM ini bakal jd the next unicorn ! (seperti tokped,gojek gitu)-menurut pengakuan membership berbayarnya

nah terus si belvin ini(- lagi,menurut pengakuan yg ikut membership berbayarnya) nyuruh member grup tele nya beli habis2an saham FILM pake FULL MARGIN,jadi artinya semua saldo di portofolio dipakai semua+ margin.margin artinya berhutang kepada sekuritas...artinya kalau profit bisa lbh byk..tp kalau ngerugi jg lbh byk.misalnya ni portonya (saldo) ada 100jt..dipake semua beli saham FILM,ditambah pake margin(ngutang sm broker/sekuritas) 50jt,jd total 150jt dibeliin saham FILM..

harga saham FILM saat itu 300an..belvin targetin harganya bakal sampai 1000++

trus masalahnya apa? harga saham FILM malah anjlok sampai ARB(Auto reject bawah) ketika di 300an..bukan di 1000an..ARB adalah batas MAKSIMAL penurunan harga saham dalam 1 hari.dan yg bikin anjlok (diduga kuat,berdasarkan kode brokernya di aplikasi saham) adalah belvin sendiri yg mengguyur jual saham FILM nya yg sdh dia beli jauh2 hari sebelum dia pompom/share ke followersnyaemoticon-Embarrassment

skrg si belvin lg perang di medsos dengan ribuan mantan followernya yg ngancem perkarain hukum,belvin sendiri menolak mengajak ngajak followernya utk beli saham FILM,dia ngakunya CUMA EDUKASIemoticon-Embarrassment

*begitulah kronologi menurut ribuan mantan followersnya yg merasa dikhianati belvinemoticon-Embarrassment

buat followers belvin : emang kalau kalian belajar saham serius bakal kejebak pompom gitu? irvin fisher,charlie munger,warren buffet,peter lynch..emang gitu cara investasi sahamnya?emoticon-Big Grin



profile-picture
profile-picture
profile-picture
doobey dan 65 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dispenserr
Gimana nasib orang2 yg ngutang 10 pinjol kemaren? Udah diteror belum sama debt collector nya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
nah ini fix idiot ga bisa dibela lagi, asli wajib dimaki2 orang tolol yang trading saham sampe pinjem ke 10 pinjol.. mamam lah tuh jual ginjal jual ginjal lah
profile picture
beelzebubz
kaskus addict
Udh bundir kykny
profile picture
wen12691
kaskus freak
anjir pinjol buat maen saham giringan pompom

mending bunuh diri aja dah idiotnya ga ketolongan
profile picture
hard_gay
kaskus maniac
Ebuset...
Kawan ane yg maen saham n trading dari 2007 aja ga berani nerima klo ada yg mo nitip sama dia, padahal dijanjiin komisi 10-20% dari untung.
Kemaren ane nanya2 trading sama doi malah diomelin "ga usah latah, otaklo terlalu lempeng buat beginian. Mending gue kreditin motor/mobil buat elo ngegrab"
profile picture
wen12691
kaskus freak
[mention]hard_gay[/mention] resikonya gede gan
ga bakal selalu untung makanya dia ga berani dititipin
kalo sampe lagi apes (anjlog) ya ancur ntar dia
profile picture
widya poetra
kaskus freak
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

[mention]hard_gay[/mention] Soalnya yang nitipin duit maunya untung doang, gak mau rugi. Padahal di saham selain kemungkinan untung besar, ada kemungkinan rugi besar juga. High risk, high gain. emoticon-Ngakak (S)

profile picture
printeer
kaskus addict
[MENTION]hard_gay[/MENTION] iya bener nih, bener banget.
profile picture
Nautilus7
kaskus holic
Baru dengar gw ada orang pinjol buat main saham benar2 salut gw atas keberanian tindakannya tanpa pake otak.
profile picture
wen12691
kaskus freak
@Nautilus7 gw & tmn tmn yang denger ada orang pinjol buat maen saham
profile picture
elefana
kaskus geek
Idiot to the max njir pinjol buat main saham...emoticon-Gila mana 10 pinjol lagi
profile picture
seojoon
kaskus addict


Mending trading tuh pake dana semampunya aja emoticon-Nyepi
profile picture
seojoon
kaskus addict
@wen12691
{thread_title}

Intinya pada nekat2 gan emoticon-Bingung
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 12 dari 12 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di