CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Ternyata ini rahasia Pembuatan telor asin khas brebes. Simpel!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff1d3c2facb9572ed7aeb26/ternyata-ini-rahasia-pembuatan-telor-asin-khas-brebes-simpel

Ternyata ini rahasia Pembuatan telor asin khas brebes. Simpel!

Ternyata ini rahasia pembuatan telor asin khas brebes. Simpel!

Brebes adalah kabupaten yang terletak di ujung barat jawa tengah sekaligus perbatasan antara jawa tengah dan jawa barat. Brebes memiliki ikon bawang merah yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Bawang merah juga menjadi bagian dari logo kabupaten Brebes. Selain bawang merah Kabupaten Brebes juga terkenal dengan telor asinnya. Bahkan ketika saya duduk Sekolah Dasar (SD) dulu telor asin ini masuk kedalam pelajaran Muatan lokal (Mulok) daerah lohloh hingga disetiap akhir ajaran akhir selalu mempraktekannya.

Telor asin asli brebes menjadi salah satu oleh oleh khas.telor asin ini di buat dengan berbagai bahan yang berkualitas. Nah di brebes sendiri untuk telor bebek yang sebagai bahan utama pembuatan telor asin sangat melimpah ruah. Bagaimana tidak di sepanjang Desa. Limbangan Wetan, Kec.Brebes Kab. Brebes terdapat ternak bebek untuk diambil telurnya sangkin banyaknya sampai masuk kedalam rekor muri kandang bebek terpaniang di indonesia.

Telor asin sendiri adalah telor yang sudah di fermentasi sehingga tercipta rasa asin itu sendiri. Pada dasarnya telor asin bisa dibuat dari berbagai macam jenis telor namun untuk hasil terbaik adalah menggunakan telor bebek karena telor bebek memilili kulit yang leboh tipis dan pori pori yang lebih besar dibanding telor lainnya sehingga ini akan mempermudah proses penyerapan garam.

Bagi yang sering melewati jalan pantura pastinya tau di sepanjang jalan banyak sekali pedang telor asin. Telor asin asli Brebes ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan unik. Disini saya ingin berbagi pengalaman yang saya dapat tentang pembuatan telor asin baik pengalaman dari sekolah maupun yang ditemui di masyarakat.

Adakah resep rahasia khusus atau trik trik tertentu agar tercipta rasa yang khas? Penasaran bukan, mari kita simak caranya :
persiapkan bahan bahan untuk pembuatan telor asin. Yaitu :
-Telor bebek yang masih segar.
- batu bata yang telah di hancurkan sama halus
-abu gosok
-garam
-Air
Untuk banyaknya bisa di sesuaikan dengan banyaknya telor yang ingin dibuat.
Perlatan yang perlu perlu disiapkan:
- baskom / ember sebagai wadah untuk mengolah bahan bahan.
Cara membuat telor asin :
1. Bersihkan telor asin terlebih dahulu, lalu keringkan cukup dilap dengan kain kering saja. Ketika sedang membersihkan kita juga dapat melihat kualitas telor yang baik. Jika telor mengambang ambil dan pisahkan jangan digunakan, gunakan telor dengan kualitas baik.
2. Masukan batu bata yang telah di hancurkan, abu gosok, dan garam ke dalam wadah yang telah di siapkan tadi. Dengan perbandingan masing masing 1:1:1.
3. Tuang air kedalam bahan tersebut aduk sampai tercampur rata. Jangan terlalu encer atau kental cukup sampai seperti adonan membentuk pasta.
4. Setelah adonan tercampur rata, balur telor yang telah di bersihkan sampai semua permukaanya benar benar tertutup rata dengan ketebalan kurang lebih 2-3cm bisa disesuaikan.
5. Jika proses pembaluran telah selesai masukan telor tersebut kedalam wadah, usahakan menggunakan wadah yang bersih. Taburi abu gosok kering hingga merata keseluruh bagian.
6. Tutup bagian atas wadah menggunakan kain atau bisa juga menggunakan koran bekas.
7. Diamkan telor 7 sampai 14 hari. Bisa disesuaikan sendiri karena setiap orang mempunyai selera asin yang berbeda. Semakin lama di simpan maka akan semakin asin juga.
8. Setelah proses pemeraman selesai cuci bersih telor. Lalu rebus.
9. Ketika merebus gunakan api kecil agar telor tidak retak atau bahkan pecah. Rebus selama 1 jam.
10. Telor asin siap disajikan.

Selamat mencoba. Ternyata tidak ada bumbu khusus dalam pembuatanya.
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Hampir sama sih kaya pembuatan telor asin pada umum nya, di deket rumah banyak tuh kang buat telor asin
profile picture
Daerah mana ini kak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di