CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6011565e5cf6c407a41dedef/pgi-sumatra-barat-anggap-kasus-jilbab-smkn-2-selesai

PGI Sumatra Barat Anggap Kasus Jilbab SMKN 2 Selesai


REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Sumatra Barat Pendeta Titus Wadu mengatakan pihaknya menilai persoalan penggunaan jilbab di SMKN 2 Padang sudah selesai.

Dia menganggap persoalan ada salah satu siswi non-Muslim SMK N 2 yang keberatan memakai jilbab di sekolah tidak harus sampai kepada persoalan agama dan persoalan hukum.

Baginya persatuan antarumat beragama jauh lebih penting sehingga jangan sampai terpecah akibat satu persoalan kecil. "Bagi kami persoalan ini bukan atas nama agama atau lembaga. Kita bersama-sama harus bijak. Menjaga persaudaraan sesama umat manusia dan sebangsa," kata Titus di Padang, Rabu (27/1). Titus menilai persoalan jilbab di SMK 2 ini menjadi viral karena adanya penerapan aturan yang keliru dari pihak sekolah. Dia berharap persoalan ini sudah selesai dengan didudukkan secara bersama secara musyawarah dan mufakat.

PGI Sumbar, menurut Titus, menghormati kearifan lokal di Sumatra Barat di mana siswi yang beragama Islam diwajibkan menggunakan seragam berjilbab. Sementara itu umat agama non-Islam baginya tidak harus melakukan intervensi untuk mencabut aturan tersebut.

"Memakai jilbab bagi siswi Muslim itu kan ekspresi iman dan spiritual sesuai ajaran Islam. Kami dari PGI tidak mempersoalkan itu. Tinggal bagaimana regulasinya diatur dari Pemda supaya ada pengecualian-pengecualian," ucap Titus.

Titus berharap persoalan keberatan salah seorang siswi non-Muslim di SMKN 2 tidak sampai ke ranah hukum. Karena persoalan ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan di antara sesama warga Sumatra Barat.

Pada kesempatan yang sama Ketua Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) Sumatra Barat, Pendeta Hendri Dunan Sirait, sepakat persoalan jilbab di SMKN 2 Padang tidak perlu lagi diperpanjang.

Hendri merasa toleransi dan saling menghormati keberagaman di Sumatra Barat sudah berlangsung sejak lama. Dia tidak ingin persoalan jilbab di SMK 2 Padang ini menciderai kerukunan umat beragama di Sumbar. "Mari kita jalan bersama-sama ke depan. Kita anggap persoalan jilbab SMK N Padang selesai di sini," ucap Hendri.

https://m.republika.co.id/berita/qnl...smkn-2-selesai

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhanyjos dan 3 lainnya memberi reputasi
Langkah PGI sangat akurat
profile-picture
madjoeki memberi reputasi
profile picture
Orang gak tau diri kalau terus2an dikasih hati bisa bahaya.

Masalah jilbab yg diwajibkan ke yg cewe2 muslim belum selesai.

Eh ini sudah main bilang selesai2an aja.

Pantas saja 15 tahun baru sekarang mencuat penzaliman ini.

Lah gereja2 ini peduli anjing sama hal yg tidak menguntungkan urusan perut mereka.

Sekarang cuma padang, nanti seluruh indonesia, habis itu khilafah, habis itu...

gak tau lah.
profile picture
dalamuka
kaskus addict
@fairoad7. kasus ini konteksnya institusi negara yang ditumpangi paksa satu paham bre..
Jadi sudah betul gereja gak boleh ada kepentingan disini
Biarkan bola panas ini menembus sekat istana tanpa perlu didramatisir menjadi gereja versus pemda
profile picture
@dalamuka Ya gak bisa bilang selesai2 aja lah.

Soalnya yg muslim masih diwajibkan pake hijab.

Kalau dibiarkan terus, ntar penerapan kebijakan konyol ini bukan cuma di padang dan anak2 sekolahan.

Tapi bisa2 seluruh indonesia dan semua cewek muslim saat keluar rumah mesti pake hijab.

Dan ada razia2 hijab seperti di Aceh.

Mau begitu?

Orang2 kurang ajar gak tau diri itu gak bisa dikasih hati.

Dikasih hati malah minta jantung mereka.
profile picture
dalamuka
kaskus addict
Yah itu tugas agan, netizen dan para SJW dong ah bukan tugas PGI/gereja..
Coba baca sensus terbaru presentase agama di indo..
Gereja gak butuh panggung kek begini untuk "merubah" indonesia..senyap tapi terbukti
profile picture
@dalamuka senyap tapi 15 tahun dizalimi kayak begini?
Dan setelah mencuat bilang selesai2 saja.
Inilah kenapa gw setelah murtad gak masuk kristen.
Karena 11-12 aja tololnya.

emoticon-Tai:
profile picture
dalamuka
kaskus addict
@fairoad7. yah emang gereja juga gak butuh jiwa yang belum stabil kek elu emoticon-Big Grin
profile picture
@dalamuka Jiwa stabil itu ngebantai rakyat indian ama aborigin?

Jiwa stabil itu nyodomi bocah2 altar?

Jiwa stabil itu ngejajah indo selama 350 tahun?

emoticon-Gila


Ya udah kalau gitu gapapa gw dikatain jiwa gw gak stabil
profile picture
dalamuka
kaskus addict
@fairoad7. oh jadi ente maunya gereja harus mengangkat senjata memerangi orang Minang atau pegimana ?? emoticon-Wkwkwk
profile picture
@dalamuka Gak ada gw bilang gereja mesti ngangkat senjata.

Cuma kalau mau tutup mulut, tutup mulut selamanya.

Jangan selama 15 tahun ini tutup mulut.

Setelah mencuat main bilang selesai2an aja.

emoticon-Gila
profile picture
dalamuka
kaskus addict
@fairoad7. main cantik bre..
Gereja buka mulut juga gak ada gunanya ntar digiring agama vs agama padahal ini urusan instusi negara vs pembangkang kadrun
Dah ente dan nasionalis lain berjuang aja lewat kasus jangan di konfrontasi dengan instusi agama
profile picture
@dalamuka Ya ane gak permasalahin mau tutup mulut,

Kalau mau tutup mulut, lakukan itu selamanya.

Jangan selama ini waktu ada penzaliman tutup mulut.

Tapi setelah mencuat malah seenaknya bilang kasus ini selesai.

Padahal masih ada point2 ketidakadilan yg mesti diluruskan lagi.

Kan sama aja mereka membenarkan kesewenang2an ini terus berlanjut.

Memuat data ...
Menampilkan 1 - 11 dari 11 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di