CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60113e049a972e3e6343270f/mereka-yang-putuskan-lepas-jilbab-saya-bicara-pada-tuhan-untuk-melepas

Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....


Ilustrasi Jilbab. [Dok.Pixabay]

BeritaHits.id - Pemakaian jilbab menjadi kontroversi di kalangan publik seusai mencuatnya kabar siswi di Padang, Sumatera Barat dipaksa memakai jilbab saat sekolah. Padahal, siswi tersebut tidak beragama Islam.

Banyak pihak menilai penggunaan jilbab merupakan bentuk penghormatan terhadap pemilik agama mayoritas di sebuah wilayah.

Alasan lain yang muncul di tengah pemaksaan penggunaan jilbab datang dari eks Wali Kota Padang, Fauzi Bahar.

Fauzi menyebut siswi diwajibkan memakai jilbab agar bisa terhindar dari gigitan nyamuk penyebab penyakit Demam Berdarah (DBD).

"Kalau menggunakan pakaian pendek, siswa tidak sadar mereka digigit nyamuk saat belajar. Dengan seluruhnya tertutup, maka hal itu tidak akan terjadi," kata Fauzi.

Di tengah arus pemaksaan mengenakan jilbab, ada
perempuan memilih melawan arus tersebut.
Dikutip dari DW Indonesia , Mereka memutuskan untuk tak lagi mengenakan jilbab yang selama ini menutupi kepalanya.


Dewi Susanti ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Salah satunya Dewi Susanti yang memutuskan melepas jilbabnya setelah mengenakan selama dua tahun.

Ia mengaku merasa menjadi dirinya sendiri dan bebas dalam mengekspresikan dirinya.

"Saya tak berjilbab lagi karena tidak sesuai dengan kata hati saya," kata Dewi dikutip dari DW.com -- jaringan Suara.com, Rabu (27/1/2021).


Nisa Alwis ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Selain itu, Nisa Alwis, seorang pemilik pesantren di Pandeglang, Banten warisan sang ayah yang lulusan Madinah, Arab Saudi juga memilih menanggalkan jilbabnya.

Setelah 30 tahun memakai jilbab, Nisa memilih membukanya dan mendorong perempuan berbusana sesuai budaya Indonesia.

"Saya merefleksikan kembali nilai-nilai keislaman setelah saya mendalami filsafat," ungkapnya.


Stania Puspawardhani ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Ada pula kisah Stania Puspawardhani yang memutuskan membuka jilbabnya pada 2013. Meski tak memakai jilbab, ia terus berusaha menunaikan rukun Islam sebaik mungkin.

Stania juga sempat membacakan Hijabi Monologues dalam acara di sebuah kedutaan besar yang menentang stereotip perempuan berhijab.

"Setelah perjalanan pribadi dan profesional saya beberapa tahun terakhir, saya berbicara pada Tuhan 'Saya tidak pakai jilbab ya'" ujarnya.


Eli Almira ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Ada pula Eli Almira yang memutuskan melepas jilbab. Sejak kecil ia diminta orang tuanya untuk memakai jilbab dengan alasan jilbab wajib untuk perempuan dan akan mendapatkan hukuman di akhirat bila tidak mengenakannya.

"Tuhan jadi sosok yang menakutkan. Jilbab jadi identitas yang tidak diminta tapi wajib dipatuhi. Saya merasa bukan menjadi diri saya sendiri dan selalu berpura-pura menjadi sosok yang ideal di mata orang lain," tuturnya.


Sindy Nur Fitri ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Selanjutnya Sindy Nur Fitri juga memutuskan melepas jilbab yang telah digunakannya selama 7 tahun.

Saat ia menempuh pendidikan di Inggris pada 2017, Sindy memutuskan tak berjilbab. Keputusannya itu sempat menjadi pertanyaan keluarga tanpa mempersoalkan keputusannya.

Rekan-rekan kantornya juga sempat menanyakan alasan Sindy melepas jilbab, sesama diplomat bisa memahami keputusannya.

"Saya ingin orang menilai saya apa adanya," tuturnya.



https://hits.suara.com/read/2021/01/...eadline_hits_1



profile-picture
profile-picture
profile-picture
abigorgrind dan 11 lainnya memberi reputasi
Boleh tau apa sih manfaat hijab itu di dunia gan?

Istri2 Nabi Muhammad saja dulu kan tidak berhijab.

Beliau pun juga tidak menggubris ketika Umar mengusulkan agar istri2 beliau dihijabi dan supaya ayat hijab diturunkan.

Sampai Umar memergoki istri beliau yg sedang berak.

Barulah dengan segera ayat hijab diturunkan.

Jadi jelas hati nurani Rasul sendiri sebenarnya tidak senang dengan hijab.

Tapi terpaksa menurunkan ayat hijab karena cemas apabila Umar kedepannya melakukan hal ekstrim seperti itu lagi ke istri2 beliau yg lain.
Naudzubillah..

  • Hadits Bukhari Nomor 143
    https://hadits.net/hadits/bukhari/143/

    حَدثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ حَدثَنَا الليْثُ قَالَ حَدثَنِي عُقَيْلٌ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَن أَزْوَاجَ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ كُن يَخْرُجْنَ بِالليْلِ إِذَا تَبَرزْنَ إِلَى الْمَنَاصِعِ وَهُوَ صَعِيدٌ أَفْيَحُ فَكَانَ عُمَرُ يَقُولُ لِلنبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ احْجُبْ نِسَاءَكَ فَلَمْ يَكُنْ رَسُولُ اللهِ صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ يَفْعَلُ فَخَرَجَتْ سَوْدَةُ بِنْتُ زَمْعَةَ زَوْجُ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ لَيْلَةً مِنْ الليَالِي عِشَاءً وَكَانَتْ امْرَأَةً طَوِيلَةً فَنَادَاهَا عُمَرُ أَلَا قَدْ عَرَفْنَاكِ يَا سَوْدَةُ حِرْصًا عَلَى أَنْ يَنْزِلَ الْحِجَابُ فَأَنْزَلَ اللهُ آيَةَ الْحِجَابِ حَدثَنَا زَكَرِياءُ قَالَ حَدثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ عَنْ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ قَالَ قَدْ أُذِنَ أَنْ تَخْرُجْنَ فِي حَاجَتِكُن قَالَ هِشَامٌ يَعْنِي الْبَرَازَ

    Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair[1] berkata, telah menceritakan kepada kami Al Laits[2] berkata, telah menceritakan kepadaku 'Uqail[3] dari Ibnu Syihab[4] dari Urwah[5] dari 'Aisyah[6], bahwa jika isteri-isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ingin buang hajat, mereka keluar pada waktu malam menuju tempat buang hajat yang berupa tanah lapang dan terbuka. Umar pernah berkata kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, "Hijabilah isteri-isteri Tuan." Namun Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak melakukannya. Lalu pada suatu malam waktu Isya` Saudah binti Zam'ah, isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, keluar (untuk buang hajat). Dan Saudah adalah seorang wanita yang berpostur tinggi. 'Umar lalu berseru kepadanya, "Sungguh kami telah mengenalmu wahai Saudah! ' Umar ucapkan demikian karena sangat antusias agar ayat hijab diturunkan. Maka Allah kemudian menurunkan ayat hijab." Telah menceritakan kepada kami Zakaria[7] berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Usamah[8] dari Hisyam bin 'Urwah[9] dari Bapaknya[10] dari 'Aisyah[6] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Allah telah mengizinkan kalian (isteri-isteri Nabi) keluar untuk menunaikan hajat kalian." Hisyam berkata, "Yakni buang air besar."
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mera42
profile picture
topkomputer
kaskus maniac
Jadi ini suara Tuhan apa orderan umar?
profile picture
pak umar memang hebat emoticon-Big Grin

kayak pak utsman
@wiskey31
@yeytothesouz
profile picture
wiskey31
kaskus maniac
@4900.bidadari

Ayat perintah berjilbab gan
emoticon-Big Grin
profile picture
agandamai
kaskus holic
Hijab itu ajaran sihir
profile picture
@wiskey31 kadrun dungu asal comot emoticon-Big Grin

1 Korintus 11:15
LAI TB, tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung.

mau antum dibakar pak utsman ? emoticon-Ngakak
profile picture
dcp1968
kaskus maniac
@wiskey31 @4900.bidadari tudung bukan berarti jilbab juga kelesss ...
profile picture
wiskey31
kaskus maniac
@4900.bidadari
Pilih mana... Mau dibotakin rambutnya atw pake tudung di kepala
emoticon-Big Grin
profile picture
@4900.bidadari @wiskey31 fyi tudung klo d alkitab itu bukan harus dipake terus seperti hijab tp tudung penggunaannya dipake seorang wanita di saat2 tertentu misalnya ketika mau mengajar alkitab dan ada seorang laki2 kristen disitu, seorang wanita akan mengenakan tudung tanda respek kpd laki2 sebagai kepala dr setiap wanita. hal ini tuh udh jd kebiasan org2 kristen zaman dulu pas abad pertama
profile picture
r1fluxhigh
kaskus addict
@wiskey31 itu korintus ya emoticon-Amazed . Lah itumah buatan si paulus . Coba ambil di perjanjian lama. Pasti ada emoticon-Add Friend (S)
Perjanjian baru yang ane cukup yakini cuma dari matius, markus, yohannes emoticon-Peace . Sisanya gw masih kurang percaya emoticon-Hammer (S)
profile picture
@wiskey31 @r1fluxhigh di perjanjian lama malah gak ada aturan khusus harus pake tudung/hijab, tp mungkinn kebiasaan orang timur tengah zaman dulu pake tudung emang krn panas. nah stlh Yesus lahir laku kemudian naik ke surga dia mempercayakan rasul2nya utk mengajarkan kekristenan (termasuk paulus) nah aturan bertudung itu ada pas zaman rasul2 di abad pertama gan
profile picture
r1fluxhigh
kaskus addict
@chubbybunnyy kayaknya sejarah sedikit berbelit emoticon-Hammer (S) . Btw, perasaan paulus melenceng dari ajaran yesus emoticon-Hammer (S) , doi masih ane pertanyaan kerasulannya emoticon-Hammer (S)
profile picture
@r1fluxhigh emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace hihi yg pasti siih kalo di bible sih dia salah 1 org yg diurapi dan bergaulnya jg ama rasul2 lain sih gan spt petrus, yohanes, dll bahkan dia diantara rasul lain paling banyak nulis surat2 terilham di bible. pastinya apa yg dia tulis jg kesepakatan rasul lain krn memang sesuai sm kekristenan jg... emoticon-Add Friend (S)
profile picture
CoZiA
kaskus addict
@wiskey31 @4900.bidadari
Itu ketika ibadah gan, dan kalo ndak diikutin juga gak dosa.
Sebagian Kristen gak ngikutin, ente yang repot, kan aneh, sedangkan orthodoks yang make jilbab pas ibadah aja gak pernah ribut2 sama kristen yang gak jilbab pas ibadah.

Sama aja muslimah gak mau pake jilbab, malah ente yang repot.
Kadar keimanan orang beda bos, gak bisa dipukul sama rata sama rasa kaya komunis aja, apalagi keimanan cuman diukur dari pakaian, remeh temeh sekali.
emoticon-Entahlah
profile picture
@4900.bidadari @wiskey31 fix si anu copas ajaran dr yahudi&nasrani...haha
profile picture
wiskey31
kaskus maniac
@CoZiA
Quote:

Apakah pernyataan agan ini adalah jawaban atas pertanyaan ini?

..........

Btw agan @4900.bidadari yg mention ane ke postingan ini jadi ane ngikutin aja
profile picture
wiskey31
kaskus maniac
@Liatuly860246 @4900.bidadari
Quote:


Yahudi nasrani & islam kan sama2 ngajarin tauhid... TUHAN itu satu
emoticon-Sundul Up


profile picture
agandamai
kaskus holic
@Liatuly860246 @4900.bidadari @wiskey31 kata siapa yahudi tauhid?

emoticon-Cool
profile picture
wiskey31
kaskus maniac
@agandamai
Tauhid = wahid = satu

TUHAN itu SATU
emoticon-Sundul Up

ESA itu SATU
profile picture
agandamai
kaskus holic
@wiskey31 salah baca entee 1Kor11 itu,
dibotakin justru yg mo pake jilbab! Mau lu?

emoticon-Leh Uga


Dan pemilik rambut itu justru lebih mulia dari pendeta botak pengguna jilbab/tudung.

Makanya jangan dibotakin dan diganti jilbab trus diabdikan ke sihir
emoticon-Cape d...

Trus yg bilang krrdibel kerasulan paulus, Tulisan Rasul di 1 Kor ini lebih tua dari Injil, jadi sangat kredibel kerasulan Paulus

emoticon-Cool
profile picture
agandamai
kaskus holic
@wiskey31 gw lagi ngomong anehnya komen ketauhidan Yahudi bos, bukan istilah tauhidnya, tauhid juga gw tau, tapi apa Yahudi tauhid/monoteis?

Cek dulu lah sono

emoticon-Cape d...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 63 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di