CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60113e049a972e3e6343270f/mereka-yang-putuskan-lepas-jilbab-saya-bicara-pada-tuhan-untuk-melepas

Mereka yang Putuskan Lepas Jilbab: Saya Bicara pada Tuhan untuk Melepas....


Ilustrasi Jilbab. [Dok.Pixabay]

BeritaHits.id - Pemakaian jilbab menjadi kontroversi di kalangan publik seusai mencuatnya kabar siswi di Padang, Sumatera Barat dipaksa memakai jilbab saat sekolah. Padahal, siswi tersebut tidak beragama Islam.

Banyak pihak menilai penggunaan jilbab merupakan bentuk penghormatan terhadap pemilik agama mayoritas di sebuah wilayah.

Alasan lain yang muncul di tengah pemaksaan penggunaan jilbab datang dari eks Wali Kota Padang, Fauzi Bahar.

Fauzi menyebut siswi diwajibkan memakai jilbab agar bisa terhindar dari gigitan nyamuk penyebab penyakit Demam Berdarah (DBD).

"Kalau menggunakan pakaian pendek, siswa tidak sadar mereka digigit nyamuk saat belajar. Dengan seluruhnya tertutup, maka hal itu tidak akan terjadi," kata Fauzi.

Di tengah arus pemaksaan mengenakan jilbab, ada
perempuan memilih melawan arus tersebut.
Dikutip dari DW Indonesia , Mereka memutuskan untuk tak lagi mengenakan jilbab yang selama ini menutupi kepalanya.


Dewi Susanti ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Salah satunya Dewi Susanti yang memutuskan melepas jilbabnya setelah mengenakan selama dua tahun.

Ia mengaku merasa menjadi dirinya sendiri dan bebas dalam mengekspresikan dirinya.

"Saya tak berjilbab lagi karena tidak sesuai dengan kata hati saya," kata Dewi dikutip dari DW.com -- jaringan Suara.com, Rabu (27/1/2021).


Nisa Alwis ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Selain itu, Nisa Alwis, seorang pemilik pesantren di Pandeglang, Banten warisan sang ayah yang lulusan Madinah, Arab Saudi juga memilih menanggalkan jilbabnya.

Setelah 30 tahun memakai jilbab, Nisa memilih membukanya dan mendorong perempuan berbusana sesuai budaya Indonesia.

"Saya merefleksikan kembali nilai-nilai keislaman setelah saya mendalami filsafat," ungkapnya.


Stania Puspawardhani ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Ada pula kisah Stania Puspawardhani yang memutuskan membuka jilbabnya pada 2013. Meski tak memakai jilbab, ia terus berusaha menunaikan rukun Islam sebaik mungkin.

Stania juga sempat membacakan Hijabi Monologues dalam acara di sebuah kedutaan besar yang menentang stereotip perempuan berhijab.

"Setelah perjalanan pribadi dan profesional saya beberapa tahun terakhir, saya berbicara pada Tuhan 'Saya tidak pakai jilbab ya'" ujarnya.


Eli Almira ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Ada pula Eli Almira yang memutuskan melepas jilbab. Sejak kecil ia diminta orang tuanya untuk memakai jilbab dengan alasan jilbab wajib untuk perempuan dan akan mendapatkan hukuman di akhirat bila tidak mengenakannya.

"Tuhan jadi sosok yang menakutkan. Jilbab jadi identitas yang tidak diminta tapi wajib dipatuhi. Saya merasa bukan menjadi diri saya sendiri dan selalu berpura-pura menjadi sosok yang ideal di mata orang lain," tuturnya.


Sindy Nur Fitri ungkap alasan lepas jilbab (DW/Monique Rijkers)

Selanjutnya Sindy Nur Fitri juga memutuskan melepas jilbab yang telah digunakannya selama 7 tahun.

Saat ia menempuh pendidikan di Inggris pada 2017, Sindy memutuskan tak berjilbab. Keputusannya itu sempat menjadi pertanyaan keluarga tanpa mempersoalkan keputusannya.

Rekan-rekan kantornya juga sempat menanyakan alasan Sindy melepas jilbab, sesama diplomat bisa memahami keputusannya.

"Saya ingin orang menilai saya apa adanya," tuturnya.



https://hits.suara.com/read/2021/01/...eadline_hits_1



profile-picture
profile-picture
profile-picture
abigorgrind dan 11 lainnya memberi reputasi
Mau pake jilbab tidak menjamin lu masuk surga

emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 9 lainnya memberi reputasi
profile picture
anti.suap
kaskus geek


Apalagi nggak pake jilbab
profile picture
leozie
kaskuser
@anti.suap pake jilbab tapi munafik ya lbh neraka
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@leozie apalagi yang nggak berjilbab + munafik. Dosa nya dobel
profile picture
leozie
kaskuser
@anti.suap lbh dosa yg berjilbab tapi munafiklah triple, krn mncoreng nama agamanya sndiri
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@leozie at least dia terbebas dari dosa tidak menutup aurat
profile picture
leozie
kaskuser
@anti.suap terbebas dr dosa tdk mnutup aurat utk dosa yg lbh besar, merusak agama dr internal dan mncoreng citra agamanya, apalagi yg sampai bawa panci meleduk mengatasnamakan agamanya. Mnding gak usah bawa atribut agama sklian ktimbang munafik, menjijikkan
profile picture
FS9HELL
kaskus addict
bro lu kenapa jual murah mobil lo?

banny bocor trs, males gua

lah kan tinggal cari yg kualitasny bagus

atleast gua udah terbebas dari kesusahan ganti ban
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@leozie kalo pola pikir nya begini semua ga bakal ada yg beribadah.
Ah gw banyak dosa, seneng maksiat, ngapain ibadah, nutup aurat, sodaqah, puasa.

Justru dia berjilbab itu mengingatkan agar si muslimah menghindari dosa, sifat munafik, dan maksiat
profile picture
leozie
kaskuser
@anti.suap bukan gak boleh beribadah, silahkan beribadah itu baik. Tapi ada tanggung jwbnya, kasih contoh yg baik pula dan konsekuen, tdk mnjudge, RL abuses, mempersekusi bhkan menghujat org yg tdk sepaham dgn agamanya dan tdk merasa sok suci, krn hakikatnya kalau stu jari telunjuk mnunjuk org lain berdosa, 4 jari menunjuk ke kita sndiri. Silahkan beribadah serajin mungkin, tapi ttap merasa jd org yg sadar hanya Tuhan yg berhak menghakimi siapapun, bukan kt jd Tuhan utk org lain. Mengingatkan boleh tapi tanpa menjustifikasi, dan mmbri contoh yg baik itu jauh lbh baik, org mnilai pribadi dan attitude kita sbagai cerminan, bukan embel2 atau atribut agama kita, thanks
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@leozie apa semua yg berjilbab seperti itu??
Apa dengan berjilbab trus jadi arogan?? Merasa pasti masuk surga??
Atau hanya asumsi ente sendiri?
profile picture
Skyland999
kaskus geek
@anti.suap

Ga pake jilbab..blm tentu masuk neraka
profile picture
leozie
kaskuser
@anti.suap gue gak bilang gitu lho gan, yg gue bilang kalau berjilbab tapi gak bs jaga marwah jilbabnya itu kan lbh dosa, bnyk uda kyk fenomena jilboobs, atau brjilbab tapi pelakor, atau jd kriminal kelas kakap kyk bos first travel. Silakan brjilbah tapi tanggung jwb jg, dia bwa nama besar agamanya, kalau ada sifatnya yg tdk ssuai dgn jilbabnya pasti dia lbh disorot ktimbng yg tdk berjilbab. Makanya bnyk jg muslimah yg blm siap berjilbab, krn merasa blm bs kaffah atau takut gak bs jd cerminan yg baik, dan mmutuskan utk menjilbabkan hatinya dulu, smbil trus nge boost up mentalnya utk lbh siap berjilbab baik scra fisik maupun perilakunya
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@leozie tidak serta merta trus menjadikan jilbab tidak wajib.
Ada orang rajin shalat trus berbuat maksiat, apa menjadikan alasan agar orang ga usah sholat?
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@Skyland999 elu tuhan? Bikin aturan sendiri?
profile picture
leozie
kaskuser
@anti.suap yg mau berjilbab silahkan, yg mau sholat jg silahkan, tapi jauh lbh baik berjilbabnya krn dr hati, sma sperti sholatnya jg dr hati. Krn skrg bnyk berjilbab dan sholat hanya krn kewajiban,, bhkan krn terpksa, atau faktor lingkungan, gak enak sama yg lain, pd berjilbab atau pd sholat, lupa sama esensinya. Setelah sholat merasa lega, seolah2 sholat itu beban, sholat biar bebannya hilang. Kalau berjilbab atau sholatnya msuk ke hatinya pasti gak bakal ada beban, kemunafikan atau perilaku yg mencoreng atribut agamanya.
profile picture
CoZiA
kaskus addict
Berjilbab selalu diidentikkan dengan hijrah, auto suci, auto sorga, auto alim, bagi gua itu malah aneh.
Hati2 kecewa ntar.
Bro..itu hanya pilihan dalam fashion style, gak perlu repot2 mikirin dosa, ibadah, dan pahala, gak ada hubungannya.
emoticon-Traveller
profile picture
@CoZiA serumput sama juragan ini emoticon-Request
profile picture
wolfzmus
kaskus geek
@anti.suap Situ Tuhan? Yang memutuskan masuk surga apa meraka hanya Tuhan, jadi mau berjilbab apa kgk itu putusan Tuhan.. Bukan ente yang nentuin.
profile picture
Skyland999
kaskus geek
@CoZiA setuju ini

Skrg jilbab hijab dll itu jd fashionemoticon-Smilie
profile picture
leozie
kaskuser
@anti.suap @wolfzmus setuju, itu hak prerogatif Tuhan, karena penilaian Tuhan pasti beda dgn penilaian manusia.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 27 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di