CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab Sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d832b0577a90e247128d1/eks-walkot-padang-aturan-siswi-berjilbab-sudah-15-tahun-kok-baru-ribut

Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab Sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?



Eks Wali Kota (Walkot) Padang Fauzi Bahar mengatakan aturan yang mewajibkan siswi di sekolah negeri berpakaian muslimah bukan hal baru. Fauzi, yang menjabat wali kota dua periode, mengatakan aturan itu dibuat justru untuk melindungi kaum perempuan.

"Itu sudah lama sekali, kok baru sekarang diributkan? Kebijakan 15 tahun yang lalu itu," kata Fauzi Bahar kepada detikcom, Sabtu (23/1/2021).

Aturan mengenai siswi wajib memakai kerudung ini mencuat setelah video orang tua murid SMK Negeri 2 Padang viral di media sosial (medsos). Fauzi mengatakan aturan itu dibuatnya saat dia menjabat Walkot Padang.

Menurut Fauzi, aturan itu semula hanya berupa imbauan. Namun kemudian berubah menjadi instruksi Wali Kota Padang. Saat itu SMA/sederajat merupakan bagian dari perangkat daerah pemerintah kota/kabupaten.

Aturan berbusana ini diatur dalam Instruksi Walikota Padang No 451.442/BINSOS-iii/2005. Instruksi itu dikeluarkan pada 2005.

Artinya, aturan ini sudah diterapkan selama 15 tahun di sekolah-sekolah negeri di Padang. Salah satu poin instruksi itu adalah mewajibkan jilbab bagi siswi yang menempuh pendidikan di sekolah negeri di Padang. Kendati nomenklaturnya ditujukan kepada siswi muslim saja, namun di lapangan, siswi nonmuslim juga mengenakan jilbab ini.

"Aturan itu saya yang buat. Sudah ada sejak zaman saya jadi wali kota, bukan sekarang saja," katanya.

Fauzi mengatakan, selain menjaga kaum perempuan, kebijakan itu dimaksudkan mengembalikan budaya Minang.

"Jauh sebelum republik ini ada, gadis Minang dulunya sudah berbaju kurung. Kita mengembalikan adat Minang berbaju kurung. Pasangan baju kurung adalah selendang. Agar tak diterbangkan angin, ada kain yang dililitkan ke leher, itulah yang namanya jilbab," katanya.

"Apa yang kita lakukan dulu dapat respons yang luar biasa. Buktinya, ini bukan hanya di Kota Padang saja, tapi juga menjalar ke seluruh Sumatera Barat, Sumatera, dan Indonesia. Kalau ada yang protes satu atau 10 orang, kan hal biasa. Tujuan utama kita adalah melindungi perempuan, terutama kaum minoritas di tempat mayoritas," katanya lagi.

Ia menekankan peraturan di sekolah itu sudah sangat bagus dan tak perlu dicabut.

"Itu sudah kebijakan dan aturan sekolah. Kalau tidak suka dengan aturan sekolah, ya, tinggal cari sekolah lain saja. Dulu saya juga diteriaki mendukung dan melakukan kristenisasi. Mana yang dulu protes-protes itu, ke mana orang-orang itu sekarang," kata Fauzi.

"Toh itu semangatnya bukan paksaan buat nonmuslim. Kita melindungi generasi kita sendiri," katanya.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5345...kok-baru-ribut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ijobanter dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Apa beda komunisme dan pikiran walkot padang? Sama sama menyeragamkan sengan alasan kebaikan, mengikat hak orang lain untuk kepentingan masyarakat
Apa setelah di jilbabib murid perempuan retap perawan, tidak ada yang hamil, nilainya meningkat semua, keadaan mental psikis anak baik

Dungu sekali, ternyata hampir sama saja komunisme dan pola pikir di padang
Sudah jadi mayoritas tp gak merasa cukup
Mental minoritas dan merasa tertindas selalu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mudokons dan 16 lainnya memberi reputasi
profile picture
keenan09
kaskus addict
rata² sumatra kek begitu gan, selain sumatra utara & rata² indonesia emang begitu sesuai daerahnya & mayoritas apa didaerah tersebut..
profile picture
edv039
aktivis kaskus
@keenan09 eeee jng seenakxa sumatra utara tdk bgto ya..
profile picture
keenan09
kaskus addict
@edv039 kan sudah ane jelasin juga disitu gan selain sumatra utara, yaelah emoticon-Ngakak
profile picture
edv039
aktivis kaskus
@keenan09 oh ya maaf2 gan gk fokus krn lg dongkol sm peraturan it.. Hehehee😁🙏
profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
Setidaknya, komunisme tidak bawa2 agama dan berlindung didalamnya
profile picture
SaltShop
kaskus holic
@th3d4rk karena agama itu mutlak, kalau disuruh ikut gak mau maka dia bakalan di azab, kalau bertanya bisa dibilang kafir, istilahnya dead end lah mau ga mau harus setuju,.klo gak ya tau lah resikonya
profile picture
keenan09
kaskus addict
@SaltShop @th3d4rk jd tuhan lebih seperti diktator digambarkannya ya gan..
profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
Bukan tuhannya sih, tp orang yg ngakunya mewakili tuhan dan bertindak atas nama tuhan, lebih kejam dari orang yg tuhannya berbeda atau konsep ketuhanannya tidak sama

@SaltShop @keenan09
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 8 dari 8 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di