CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab Sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d832b0577a90e247128d1/eks-walkot-padang-aturan-siswi-berjilbab-sudah-15-tahun-kok-baru-ribut

Eks Walkot Padang: Aturan Siswi Berjilbab Sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?



Eks Wali Kota (Walkot) Padang Fauzi Bahar mengatakan aturan yang mewajibkan siswi di sekolah negeri berpakaian muslimah bukan hal baru. Fauzi, yang menjabat wali kota dua periode, mengatakan aturan itu dibuat justru untuk melindungi kaum perempuan.

"Itu sudah lama sekali, kok baru sekarang diributkan? Kebijakan 15 tahun yang lalu itu," kata Fauzi Bahar kepada detikcom, Sabtu (23/1/2021).

Aturan mengenai siswi wajib memakai kerudung ini mencuat setelah video orang tua murid SMK Negeri 2 Padang viral di media sosial (medsos). Fauzi mengatakan aturan itu dibuatnya saat dia menjabat Walkot Padang.

Menurut Fauzi, aturan itu semula hanya berupa imbauan. Namun kemudian berubah menjadi instruksi Wali Kota Padang. Saat itu SMA/sederajat merupakan bagian dari perangkat daerah pemerintah kota/kabupaten.

Aturan berbusana ini diatur dalam Instruksi Walikota Padang No 451.442/BINSOS-iii/2005. Instruksi itu dikeluarkan pada 2005.

Artinya, aturan ini sudah diterapkan selama 15 tahun di sekolah-sekolah negeri di Padang. Salah satu poin instruksi itu adalah mewajibkan jilbab bagi siswi yang menempuh pendidikan di sekolah negeri di Padang. Kendati nomenklaturnya ditujukan kepada siswi muslim saja, namun di lapangan, siswi nonmuslim juga mengenakan jilbab ini.

"Aturan itu saya yang buat. Sudah ada sejak zaman saya jadi wali kota, bukan sekarang saja," katanya.

Fauzi mengatakan, selain menjaga kaum perempuan, kebijakan itu dimaksudkan mengembalikan budaya Minang.

"Jauh sebelum republik ini ada, gadis Minang dulunya sudah berbaju kurung. Kita mengembalikan adat Minang berbaju kurung. Pasangan baju kurung adalah selendang. Agar tak diterbangkan angin, ada kain yang dililitkan ke leher, itulah yang namanya jilbab," katanya.

"Apa yang kita lakukan dulu dapat respons yang luar biasa. Buktinya, ini bukan hanya di Kota Padang saja, tapi juga menjalar ke seluruh Sumatera Barat, Sumatera, dan Indonesia. Kalau ada yang protes satu atau 10 orang, kan hal biasa. Tujuan utama kita adalah melindungi perempuan, terutama kaum minoritas di tempat mayoritas," katanya lagi.

Ia menekankan peraturan di sekolah itu sudah sangat bagus dan tak perlu dicabut.

"Itu sudah kebijakan dan aturan sekolah. Kalau tidak suka dengan aturan sekolah, ya, tinggal cari sekolah lain saja. Dulu saya juga diteriaki mendukung dan melakukan kristenisasi. Mana yang dulu protes-protes itu, ke mana orang-orang itu sekarang," kata Fauzi.

"Toh itu semangatnya bukan paksaan buat nonmuslim. Kita melindungi generasi kita sendiri," katanya.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-5345...kok-baru-ribut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ijobanter dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
"Itu sudah kebijakan dan aturan sekolah. Kalau tidak suka dengan aturan sekolah, ya, TINGGAL CARI SEKOLAH LAIN SAJA. Dulu saya juga diteriaki mendukung dan melakukan kristenisasi. Mana yang dulu protes-protes itu, ke mana orang-orang itu sekarang," kata Fauzi.

ini orang bego brasa pintar....
Yang anda kelola itu Sekolah Negri Republik Indonesia di Padang bloggg!!! Bukan Sekolah Padang di Republik Indonesia.
Lu maksain kuasa dan otoritas lo ga pada ranahnya...
masa, milik Negara lo paksain jd ikut aturan lo...mentang2 diwilayah lo gitu...
Kalo lo mo begitu..lo buat sekolah lo sendiri ..jangan nebeng pake milik umum punya negara.
Lo pikir ranah padang lo lebih tinggi dr ranah negara?
Makanya negara kudu nurut mau lo
Skalian aja PNS padang pakein baju adat ga usah pake seragam nasional.

Gmana orang kayak gini bisa mimpin sekolah....mikir aja tebalik balik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Acilamalaboy dan 43 lainnya memberi reputasi
profile picture
Koe tau perda?
profile picture
thepacemaker
kaskus addict
Wkwkwkwk, kagak om.
Gue cmn bacod doang kok, maap" ya om.


Permisi om, numpang lewat ya......
profile picture
@pitihdenbung lu tau itu sekolah negeri negara republik indonesia gk? gk bs lu asal bikin aturan tanpa ada persetujuan dari kemendikbud..
profile picture
@pitihdenbung dan lu tahu kebebasan umat beragama di Indo kan udah ada, buat apa lu paksain aturan berbusana dlm agama islam ke umat agama lain? islamisasi secara gk lgsg dong?! dan lu tahu gk klo sumbar bukan spt provinsi NAD yg bs diterapkan aturan spt itu, apalagi di ranah pendidikan?
profile picture
banned.maniak
kaskus addict
@pitihdenbung heh goblok, terus non muslim musti di paksa gitu, jelas 2 melanggar ham,kadrun logic makin hari makin goblok, sekolah negeri ya ikutan aturan negara lah
profile picture
converti
kaskus maniac
@pitihdenbung

Trus peraturan pusat posisinya dibawah perda gitu?
Asli ngakak gw
emoticon-Ngakak
profile picture
th3d4rk
kaskus maniac
Kowe ngomong sama siapa?

@pitihdenbung
profile picture
Otak songok pada kepanasan emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
Marah gitu?... emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka seneng gua liat kalian pada kepanasan bocah wkwkwkw...
Gimana hidup koe nak? Pernah rasain bahagia gak? emoticon-Wakaka
profile picture
@th3d4rk sama loo sma siapa lagi panas kah ? emoticon-Wakaka
profile picture
@banned.maniak kau vaca kagak beritanya ? Yg terjadi satu sekolaah bukan sekampung loe goblok emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile picture
@hpholic newbie ngapain? Sok keras kau cah.emoticon-Cool
profile picture
@converti sejak kapan perda gk sejalan sama pusat? emoticon-Cool
profile picture
banned.maniak
kaskus addict
@pitihdenbung lu yg goblok ga baca berita, kadrun emang otak nya sagede biji pler, bukan sekampung lagi blog, biangnya ya mantan walkot nya kan udh 15 tahun ngadain aturan ini

Noh minum obat dulu drun biar kagak goblok otak lu
profile picture
@banned.maniak otak cerdas sok bahasa sopan yg nantang di media online kemana aja loe selama 15 tahun? Nganggur?
profile picture
banned.maniak
kaskus addict
@pitihdenbung Daripada jadi kadrun yg hina dina, mendingan jadi PENGANGGURAN, Alhamdullilah pengganguran ini udh punya usaha sendiri dan gaji orang ga seperti kadrun yg ngarepin nasbung, end of counter, ga guna debat sama reptil
profile picture
@banned.maniak ente jawab pertanyaan ngejebak? Nampak goblok ke kadrunnan loe original... Ngeclaim sesuatu objek atau reward dari suatu objek mendorong diri pribadi/memuji dirisendiri dipastikan bertolak belakang dg kenyataan... Dasar otak dangkal. Nampak pengangguran kau nak..
profile picture
converti
kaskus maniac
@pitihdenbung

Sejak kapan pusat mewajibkan siswi pakai jilbab?
emoticon-Cool
profile picture
@converti sejak kapan sumbar kepanasan?
profile picture
Tuh mantan Walkot otaknya sudah dibikin gulai...Jadi harap maklum
profile picture
converti
kaskus maniac
@pitihdenbung

Sejak kapan jilbab itu wajib di Permendikbud?
emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 26 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di