CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bandingkan Orang Jawa dan Sunda Ketika Bekerja, Pemuda Ini Panen Kecaman
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d6de0365c4f605f24853a/bandingkan-orang-jawa-dan-sunda-ketika-bekerja-pemuda-ini-panen-kecaman

Bandingkan Orang Jawa dan Sunda Ketika Bekerja, Pemuda Ini Panen Kecaman



Ia dituding menghina orang Sunda saat membandingkannya dengan orang Jawa.
SuaraJabar.id - Seorang pemuda pengguna TikTok menuai sorotan keras dari warganet usai unggahannya dinilai menghina suku tertentu.


Pengguna TikTok @cahba***** ini mengunggah sebuah konten video dengan membandingkan tenaga kerja dari Jawa dan Sunda.

Lewat videonya, ia menyebutkan poin-poin perusahaan yang dinilai lebih mengandalkan orang Jawa.

"Kenapa perusahaan mengandalkan tenaga orang Jawa dibanding Sunda," tulis pemudia itu dalam video TikTok yang diunggah ulang oleh akun Instagram @manaberita.


Ia lantas menuliskan bahwa orang Jawa lebih menunjukkan skill ketimbang gaji.

"Jawa gaji no dua yang penting kita nunjukin skill kita dulu, gaji mah nyesuaiin," tulisnya.

Ia juga menyebut bahwa orang Jawa pekerja keras, tekun, dan ulet.

Tapi yang membuat kegeraman warganet adalah ketika pemuda tersebut membawa-bawa orang Sunda untuk dibandingkan.

"Orang Jawa no carmuk [cari muka-red] walupun ada, enggak kaya Sunda," imbuhnya.

Kontan, unggahan itu menuai perdebatan dan reaksi keras dari warganet. Tak sedikit yang menilai bahwa unggahan itu berbau SARA dan menghina suku tertentu.

Ia dituding menghina orang Sunda saat membandingkannya dengan orang Jawa.
"Ini yang merusak dan membuat Indonesia tak bisa bersatu lagi," tulis @richa*****.

"Hayo komennya jangan rasis ya teman-teman. Jangan kepancing," pesan @widyy***.

https://jabar.suara.com/read/2021/01...=terpopuler_10

Dalam bekerja jangan pedulikan kata orang fokus pada diri sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zexalbeast dan 47 lainnya memberi reputasi
Die belom ketemu orang aceh berarti..
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bikepacker dan 12 lainnya memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
boyzok
kaskus geek
Penuh orangny sama g wkkk masih meding jatim y kl gt, warung kopi juga lumyaan tp y tau waktu juga
profile picture
ninipara
kaskus addict
@suede. wkwk iya gan padahal bukan prov penghasil kopi.. mreka import dri sumatra.. ponti kota sejuta warkop, manusia paling santai yg gw temuin ya pemuda/i pontianak
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
@ogeng98 orang aceh.

"Selamat pagi bapak ibu, sebelum presentasi kita mulai, saya ingin menyampaikan...

NGOPEEE DULUUU"
profile picture
aguspaet
kaskus holic
@azn1234 @dispenserr @ogeng98 ngopi 3ribu nongkrongnya 5jam. Rugi bandar
profile picture
ogeng98
kaskus maniac
@anti.liberal emoticon-Ngakak bukan gan, aseli sumatera, dulu sih masih makan orang, sekarang dah gak lagi emoticon-Ngakak
profile picture
@ninipara @suede.
Hooh pas g plg kampung g kaget napa byk warkop ehh driver ojolnya blg org ponti mah santai makanya kerjaannya cuma ngopi santai di warkop. Dl sblm g tinggalin tuh kampung gk segini amat.skrg dalam sedekade lebih lgsg berubah drastis
profile picture
Bener sih, emang rata2 gitu anak mudanya,
Kalo musim bola apalagi, mahasiswa banyak nongkrong wifian dari jam 8 malam sampe shubuh, padahal cuma pesan segelas sanger 7 rebuan. Hahah
Memuat data ...
Menampilkan 21 - 27 dari 27 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di